twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 15 Januari 2024

Memotret Aksi Ciamik Mahasiswa Praktik Skill Training with Chef di Cold Kitchen Graha Tristar


Setelah All Out Belajar Chocolate Modeling, Mahasiswa Pastry Art Class Ditantang Buat Kreasi Hidden Cup Cake in Chocolate Rose nan Mewah dan Elegan


SEKITAR 12-an mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi tampil all out demi membuat Hidden Cup Cake in Chocolate Rose nan mewah dan elegan dalam gelaran Skill Training with Chef Sari Palupi S.Pd., M.MPar dan asistennya, Chef Gabriel Nathania AMd.Par., S.TP., di Kitchen Patisserie 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Kamis (11/01/2024), pekan lalu.


Kreasi Hidden Cup Cake in Chocolate Rose merupakan salah satu kreasi cup cake dengan tampilan kekinian nan mewah dan elegan berkat sentuhan topping-nya yang keren banget dari hasil kreasi chocolate modeling.


Perhelatan skill training itu sendiri bertujuan untuk mempertajam pengetahuan mahasiswa Pastry Art Class tentang teknik menghias cup cake masa kini terutama yang belakangan lagi nge-trend. Pasalnya dengan hiasan topping dari kreasi chocolate modeling nan keren maka tampilan cup cake-nya pun kesannya menjadi tersamarkan.


Selama praktik membuat Hidden Cup Cake in Chocolate Rose, Chef Upi, sapaan karibnya, juga membagikan fotokopi resep pembuatan cup cake tersebut kepada anak didiknya masing-masing. Dengan panduan tersebut, maka setiap individu mahasiswa diharapkan bisa mempraktikannya sendiri di rumah.


Resep untuk membuat Hidden Cup Cake in Chocolate Rose melalui beberapa tahapan pekerjaan. Pekerjaan tahap pertama menyiapkan bahan untuk membuat Chocolate Modeling berbentuk bunga mawar yang sedang merekah (rose of blossom), terdiri dari dark chocolate yang sudah berupa BMS, corn syrup, hot water dan rose essence.


Dari Chocolate Modeling tersebut mahasiswa Pastry Art Class yang hadir pagi itu diajarkan Chef Upi dan asistennya bagaimana cara membuat tangkai bunga, daun, kelopak dan mahkota bunga mawar nan cantik. Untuk membuat satu set bunga mawar merekah butuh waktu sekitar 20-30 menitan. Namun jika Anda sudah piawai, maka waktunya tidak lebih dari 15 menitan.


Selanjutnya pekerjaan tahap kedua adalah membuat Brownies-nya. Bahannya sendiri meliputi dark chocolate, butter, vegetable oil (campuran tiga bahan ini menghasilkan olahan chocolate yang melted, egg dan icing sugar di-mixer sampai peal (menyatu), medium flour, cocoa powder, berikan salt secukupnya dan tambahkan juga beberapa tetes rhum paste.


Giliran tahapan pekerjaan berikutnya, menyiapkan bahan untuk membuat Filling-nya, yakni cream cheese (di-mixer sampai soft teksturnya), condensed milk, egg yolk dan tambahkan juga salt secukupnya.


Sementara itu untuk tahapan pekerjaan yang terakhir adalah membuat Topping-nya berupa Cream Ganache. Untuk bahannya sendiri meliputi dark chocolate dan fresh cream yang lebih dulu dimasukkan chiller, baru di-mixer sehingga berubah menjadi cream ganache.


Adonan Brownies Cup Cake yang sudah dimasukkan ke dalam tiga buah cupcase (laminasi), lalu di-bake pada suhu 170 *C selama 25-30 menitan. Cup Cake yang sudah matang diangkat untuk didinginkan selama beberapa saat, sebelum dihias dengan Chocolate Modeling yang sudah disiapkan sebelumnya.


Untuk sentuhan terakhir (finishing touch) agar tampilan Hidden Cup Cake in Chocolate Rose itu terkesan mewah, Chef Upi menyiapkan tiga varian warna luster dust yakni gold (emas), silver (perak) dan copper (tembaga) untuk dikuas halus di atas permukaan kelopak dan mahkota bunga mawar tersebut. Dan hasilnya: Wow! Amazing banget. Good jobs! Chef

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class Akpar Majapahit (member of Tristar Group) di Kitchen Patisserie Graha Tristar, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit di Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar