twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 08 Januari 2024

Memotret Aksi Seru Gelaran Cooking Demo & Duplication di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya


Mahasiswa Culinary Art Class Sukses Duplikasi Masakan Samgyetang, Menu Olahan Ayam Khas dari Negeri Ginseng Korea yang Masisseoyo Rasanya


COOKING Demo & Duplication with Chef Yanuar Kadaryanto, Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit (member of Tristar Group) bertajuk Samgyetang digelar di hadapan mahasiswa Culinary Art Class. Demo masak tersebut dilaksanakan di Kitchen Modern 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, jelang liburan Natal dan Tahun Baru 2024, tepatnya pada Selasa (19/12/2023) lalu.

 

Dalam demo masak kali ini mengangkat konsep Korean Modern Style dengan menu masakan khas dari Negeri Ginseng yang cukup populer di kalangan millennial Surabaya. Demo masak tersebut dihadiri sekitar 15-an mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi.

 

Konsep Korean Modern Style yang keren tersebut diangkat Chef Yanuar, karena terinspirasi kisah sukses menu masakan utama (main course) dari Negeri Ginseng (Korea) yang cukup populer di kalangan pecinta kuliner di kawasan Asia termasuk di Indonesia sendiri.

 

Samgyetang merupakan salah satu masakan khas Korea yang kelezatannya tak perlu diragukan lagi. Pokoknya masisseoyo! (enak banget) cita rasanya karena tekstur daging ayamnya yang lembut. Kelezatannya semakin terasa jika dikombinasi dengan kuah kental dan dua saus andalannya, yakni sesame dipping sauce dan sweet sour soy sauce.

 

Sajian menu Samgyetang ala restoran Korea betul-betul mengundang selera makan Anda. Menu ini sendiri sebetulnya bisa Anda buat di rumah mengingat bahan utama maupun bumbu dan rempahnya juga mudah didapatkan di supermarket langganan.

 

Menariknya, menu masakan Samgyetang yang diusung dalam gelaran cooking demo kali ini juga sudah tersedia di dalam Buku Ajar (Silabus), sehingga usai gelaran Cooking Demo with Chef, mahasiswa bisa langsung menduplikasikannya di hadapan dosen pembimbing.

 

Dengan mengusung konsep Korean Modern Style, maka penyajian menu masakan Samgyetang tersebut di-plating dan di-garnish sekeren mungkin dan elegan layaknya penyajian menu-menu Korea di restoran terkenal di Surabaya dan sekitarnya seperti Café Jalan Korea, Seoul City, Ahjumma Kitchen, Ojju Restaurant, Gojumong Restaurant, Magal Korean BBQ, Tteobokki Queen, Samwon House, Chung Gi Wa dan Kimci Go.

 

Dengan konsep yang superkeren tersebut maka cara penyajian Samgyetang pun dikemas seelegan mungkin menyesuaikan diri dengan segmen pasar menengah atas yang dibidik oleh restoran tersebut.

 

Demi mempercepat pekerjaan selama di hot kitchen, Chef Yanuar pun melibatkan lima tim mahasiswa Culinary Art Kelas A-1 Pagi (masing-masing beranggotakan tiga orang), untuk menduplikasikan menu masakan tersebut seperti yang dicontohkannya saat demo masak di hadapan 15-an mahasiswa yang hadir pagi itu.

 

Untuk masak Samgyetang yang berasa masisseoyo ini, masing-masing tim, yakni Tim A, B, C, D, dan E, harus berjibaku selama 90 menitan di hot kitchen Graha Tristar Surabaya. Aksi seru masing-masing tim saat berjibaku di hot kitchen pun dilakoni, saat menyiapkan bahan-bahan masakan khas Korea seperti whole chicken (ayam utuh), rice, ginseng, kurma cina dan onion.

 

Setiap tim juga diminta membuat sesame dipping sauce, seperti yang dicontohkan Chef Yanuar saat demo masak sebelumnya. Bahan untuk membuat saus tersebut adalah salt, sesame oil, blackpepper dan sesame seed.

 

Selain itu, masing-masing tim pun ditugasi menyiapkan sweet sour soy sauce. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat saus yang satu ini meliputi soy sauce, vinegar, honey, onion dan green chilli.

 

Selama gelaran cooking demo, Chef Yanuar mem-plating sendiri Samgyetang yang lezat itu di atas mangkok, layaknya penyajian makanan khas Korea di restoran terkenal sebuah hotel berbintang. Giliran selanjutnya lima tim mahasiswa Culinary Art Class tersebut yang diminta menduplikasikannya seperti yang diajarkan. Good jobs! Bro & Sis. The most incredible …

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit di Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar