twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 12 Januari 2024

Asyiknya Praktik Buat Kreasi Pie & Tartlet di Kitchen Graha Tristar Bersama Chef Dwi Mei Retnowati


Kerennya Tampilan Apple Pie, Mandarin Cream Tart dan Chocolate Cream Tart No Bake, Tiga Kreasi Pie & Tartlet Buah Karya Mahasiswa Pastry Art Class

 

GILIRAN Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Group, Chef Dwi Mei Retnowati mendapatkan porsi mengajar teknik membuat Pie & Tartlet standar industri perhotelan. Selama dua kali pertemuan berjibaku di Kitchen Patisserie 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl, Raya Jemursari No. 244 Surabaya, mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi diajarkan cara membuat enam kreasi Pie & Tartlet yang keren dan berkelas.


Pada tatap muka hari pertama, Selasa (09/01/2024) pagi, misalnya, Chef Dwi Mei Retnowati membekali anak didiknya teknik membuat tiga kreasi Pie & Tartlet, yakni Apple Pie, Mandarin Cream Tart dan Chocolete Cream Tart No Baka yang semuanya berasa manis (sweet taste).


Selanjutnya pada pertemuan hari kedua, Senin (15/01/2024), Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Group itu kembali berbagi ilmu dengan anak didiknya seputar cara membuat tiga kreasi Pie & Tartlet yang berbeda dari sebelumnya, yakni Strawberry Gallate, Smoke Beef Gallate dan Pineapple Gallate yang keren dan elegan.


Pie & tartlet yang saya ajarkan kepada mahasiswa Pastry Art Class ini selain berasa manis (sweet taste), juga ada yang rasanya asin/gurih (savoury taste). Resep enam kreasi pie & tartlet itu semuanya mengacu pada standar industri perhotelan,” kata Chef Mei, sapaan akrabnya, kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, kemarin.


Sementara itu untuk memudahkan pekerjaan di Cold Kitchen Graha Tristar Surabaya pada pertemuan hari pertama, maka Chef Mei pun membagi 11 mahasiswa Pastry Art Class yang hadir pagi itu menjadi lima tim (Tim A, B, C, D dan E). Masing-masing tim beranggotakan 2-3 orang mahasiswa.


Tim A dan B kebagian tugas membuat Apple Pie kekinian dengan tampilan berbeda, sedangkan Tim C dan D diminta membuat Mandarin Cream Tart. Sementara itu Tim E mengerjakan tugas dari Chef Mei demi membuat Chocolate Cream Tart No Bake yang cantik dan menarik tampilannya.


Selama berjibaku di Kitchen Patisserie Graha Tristar Surabaya, setiap tim diminta membuat kreasi Pie & Tartlet sesuai arahan dari Chef Mei. Namun saat mem-plating dan meng-garnish-nya, diserahkan kepada masing-masing tim.


Praktik membuat tiga kreasi Pie & Tartlet pada hari pertama pagi itu diapresiasi mahasiswa Pastry Art Class, yang langsung tampil antusias mengikuti proses pembuatannya sejak prepare bahan, proses membuat pie dough atau sugar dough, lalu menyiapkan filling-nya.


Saat membuat Apple Pie, misalnya, ada dua tahapan pekerjaan yang harus ditempuh. Pekerjaan pertama membuat Pie Dough (Sugar Dough). Bahannya terdiri dari allpurpose flour, almond powder, salt, cold butter, egg, icing sugar dan vanilla powder.


Adonan yang sudah kalis (setengah jadi) lalu dibentuk bulat sesuai bentuk cetakan pie (pie form atau tartlet form) dan kemudian di-bake (di-blind bake) pada suhu 160 *C selama 10 menit (diameter 5-7 cm) dan yang berukuran besar (diameternya sekitar 15 cm) di-bake pada suhu 160 *C selama 30-35 menitan.


Sedangkan pekerjaan kedua menyiapkan bahan untuk membuat filling-nya berupa apple (dipotong dice atau di-slice sesuai kebutuhan), sugar, honey, cinnamon powder, lemon juice. Untuk membuat filling-nya, semua bahan di-sautee dulu sampai keluar aroma harum lalu diangkat.


Selain praktik membuat Apple Pie, mahasiswa Pastry Art Class yang dibimbing Chef Dwi Mei Retnowati juga ditugasi membuat Mandarin Cream Tart dan Chocolate Cream Tart No Bake. Semua hasil kreasi mahasiswa Pastry Art Class itu di-garnish lebih dulu agar tampilannya semakin cantik dan menarik, sebelum dikritisi dan dievaluasi oleh dosen pembimbing. So cool! Good jobs Bro & Sis …


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar