twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 10 Januari 2024

Melihat Kehebohan Mahasiswa Praktik Masak Japanese Food di Hot Kitchen Graha Tristar


Lezatnya Chicken Teriyaki dan Beef Yakiniku, Dua Kreasi Masakan Japanese Food ala Hachi Hachi Bistro Persembahan Mahasiswa Culinary Art Class

 

MASIH terkait dengan materi praktik masak Japanese Food, Chef Nadya Ratri Aryani S.Pd., M.Kes., Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit (member of Tristar Group), kembali berbagi ilmu cara membuat dua kreasi masakan khas Negeri Sakura (Jepang), yakni Chicken Teriyaki dan Beef Yakiniku ala Hachi Hachi Bistro Surabaya.

 

Praktik masak dua menu masakan Japanese Food yang cukup populer di Indonesia tersebut dihelar di Kitchen Modern 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (20/12/2023) lalu. Praktik masak dua menu Japanese Food bersama Chef Nadya pada hari kedua itu dihadiri sembilan mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi.



Mahasiswa yang hadir pagi itu dibagi menjadi dua tim (Tim A dan Tim B). Masing-masing tim beranggotakan 4-5 mahasiswa. Empat personel Tim A yang dimotori Gilbert langsung tancap gas demi masak Chicken Teriyaki dan Beef Yakiniku, setelah sebelumya diterangkan secara singkat cara masak dua menu masakan tersebut sesuai dengan panduan Buku Ajar (Silabus).


Tak mau kalah dengan koleganya dari Tim A, maka lima mahasiswa anggota Tim B yang diketuai Maria pun langsung berjibaku di hot kitchen Graha Tristar Surabaya, demi mempersembahkan Chicken Teriyaki dan Beef Yakiniku yang lezat (oishii) ala Hachi Hachi Bisstro.


Untuk masak Chicken Teriyaki yang lezat (oishii), maka bahan masakan yang dibutuhkan meliputi chicken breast, potato starch, sake (sejenis anggur khas Jepang), mirin, chopped ginger (lalu di-grated), Kikkoman soy sauce, caster sugar, leek, sesame seed (sprinkle on the top) dan onion (yang sudah di-slice).


Sementara itu bahan masakan yang diperlukan untuk membuat Beef Yakiniku adalah sirloin (thinny slice), sake, mirin, caster sugar, rice vinegar, soy sauce, miso paste, bonito flakes, apple juice, sesame seed, onion (di-slice) dan paprika (juga di-slice lebih dulu).  


Selama berjibaku di Hot Kitchen Graha Tristar Surabaya, baik Tim A maupun Tim B tampil all out demi mempersembahkan Chicken Teriyaki dan Beef Yakiniku dengan tampilan kekinian yang banyak disuka kebanyakan generasi millennial.


Setelah bekerja selama 90 menitan, baik Tim A maupun Tim B diminta untuk mem-plating dua kreasi masakan khas Negeri Matahari Terbit sesuai passion-nya masing-masing. Untuk standar garnish menu masakan Japanese Food, Anda bisa memanfaatkan tomato cherry, parsley leaf, cilantro leaf, spring onion, tuilles dan red chilli.


Hasl plating-an Chicken Teriyaki dan Beef Yakiniku yang ditampilkan Tim A (Gilbert dkk.) maupun Tim B (Maria cs.), selanjutnya dievaluasi dan dikritisi oleh Chef Nadya Ratri Aryani dari aspek tampilan dan kreativitas, tekstur dan cita rasanya. Amazing banget. Good jobs! Bro & Sis …


 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar