twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 28 Januari 2024

Dari Final Exam Hari Pertama Mahasiswa Pastry Art di Cold Kitchen Graha Tristar Surabaya


Tiga Kreasi Bread dan Tiga Kreasi Cakes Kekinian nan Elegan dan Berkelas Tampilannya Diapreasikan Tim Juri

 

GELARAN final exam mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit (member of Tristar Group) kembali bergulir pada pertengahan Januari 2024. Pada final exam hari pertama, Kamis (18/01/2024) lalu, enam mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi yang tergabung dalam tiga tim yakni Tim A, B dan C, menampilkan enam  kreasi terbaiknya berupa tiga kreasi bread dan tiga kreasi cakes kekinian nan elegan dan berkelas.

 

Ujian praktik yang mengangkat tema The Modern Bread & Cakes Creation 2024 itu, masing-masing tim ditantang membuat satu kreasi bread dan satu kreasi cake masa kini yang tampilannya mewah, teksturnya lembut dan tentunya dengan citarasa yang superenak.

 

Menurut Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Group, Chef Dwi Mei Retnowati, gelaran final exam kali ini terdiri dari dua tahapan. Ujian sesi pertama, mahasiswa Pastry Art Class mengikuti ujian tulis untuk memecahkan 6-7 soal essay di ruang kelas. Durasi ujian tulis tersebut sekitar 60 menitan.

 

Selanjutnya pada sesi kedua, mahasiswa wajib berjibaku di cold kitchen demi membuat aneka kreasi bread dan cakes sesuai rencana dan passion mereka. Durasi ujian praktiknya sendiri sekitar tiga jam, sejak prepare bahan, memproses hingga menampilkan produk pastry andalannya itu di hadapan tim juri.

 

Muhammad Hakim dan Arifa Nirwana Putri dari Tim A, misalnya, berjibaku di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, demi membuat dua kreasi produk pastry kebanggaannya, yakni Cheese Egg Puff dan Fruit Jelly Roll Cake yang keren. Kedua produk pastry tersebut berasa manis (sweet taste).

 

Sedangkan Tim B yang beranggotakan Rany Mega Putri dan Syifa Shafira tampil all out di Cold Kitchen Graha Tristar Surabaya untuk membuat Donut Danish Cheese Blueberry (sweet taste) dan Chiffon Roll Cake Ayam Suwir yang berasa gurih/asin (savoury taste).

 

Sementara itu Syabila Gidiazwa Permata Ayu dan Hans Yudha S dari Tim C, tampil percaya diri di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya demi menampilkan dua kreasi unggulannya, yakni Pizza Calzone (savoury taste) dan Raisin Chocolate Butter (sweet taste) nan elegan tampilannya.

 

”Kalau melihat dari tampilannya yang keren, enam kreasi produk pastry itu yakni Cheese Egg Puff, Fruit Jelly Roll Cake, Donut Danish Cheese Blueberry, Chiffon Roll Cake Ayam Suwir, Pizza Calzone dan Raisin Chocolate Butter, layak banget jika dihidangkan di restoran terkemuka maupun hotel-hetel berbintang,” kata Chef Haris Suseno, salah satu dari tiga juri yang dihadirkan untuk menilai dan mengkritisi karya mahasiswa Pastry Art Class Akpar Majapahit, Kamis (18/01/2024) siang.

 

Tidak hanya Chef Haris, dua orang juri lainnya, yakni Chef Nadya Ratri Aryani dan Chef Sari Palupi, juga kompak mengapresiasi hasil kreasi mahasiswa Pastry Art Class yang ditampilkan di atas meja display produk pastry yang telah dihias cantik dan menarik.



Chef Dwi Mei Retnowati yang akrab disapa Chef Mei menambahkan, hasil kreasi produk pastry mahasiswa Pastry Art Class tersebut dinilai berdasarkan tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.  

 

Setiap tim menampilkan kreasi bread dan cakes terbaiknya, baik yang bercitasa manis (sweet taste) maupun gurih/asin (savoury taste). Selama ujian praktik pastry hari pertama, dirinya mengapresiasi kerja keras anak didiknya yang tampil all out demi menampilkan enam kreasi produk pastry yang keren. Good Jobs! Bro & Sis. Amazing banget

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar