twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 25 Januari 2024

Asyiknya Memotret Final Exam Hari Pertama Mahasiswa Culinary Art di Hot Kitchen Graha Tristar


Som Tham Khai Khem, Kaeng Phet dan Thai Tea, Tiga Kreasi Menu Masakan Khas Thailand Persembahan Hayyu Azizah Sukses Raih Nilai Tertinggi 81,71


TIGA kreasi menu masakan khas Negeri Gajah Putih (Thailand), Som Tham Khai Khem, Kaeng Phet dan Thai Tea yang dipersembahkan Hayyu Azizah, mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi, sukses meraih nilai tertinggi, 81,71 pada final exam individual hari pertama, Kamis (18/01/2024) pagi, di Kitchen Modern 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. Tiga kreasi masakan itu bisa terdiri dari Appetizer (Salad), SoupMain Course dan Dessert.

 

Capaian Hayyu Azizah itu setelah tiga personel tim juri yang terdiri dari Chef Renny Savitri, Chef Nadya Ratri Aryani dan Chef Haris Suseno memberikan penilaian dari aspek tampilan dan kreativitas, tesktur dan citarasanya atas aneka kreasi masakan yang ditampilkan enam orang mahasiswa Culinary Art Class yang mengikuti ujian praktik masak hari pertama.

 

Selanjutnya yang meraih ranking kedua dengan nilai 81,58 adalah Fransisca Nathalia. Sisca, sapaan akrabnya, dalam final exam itu menampilkan tiga kreasi masakan khas Indonesia, yakni Chicken Dumpling Kuah Seblak, Opor Ayam dan Es Kopyor

 

Sedangkan Talitha Carissa Benita membuntuti di posisi ketiga dengan nilai 81,37. Selama gelaran final exam di Hot Kitchen Graha Tristar Surabaya, Talitha tampil percaya diri demi mempersembahkan tiga kreasi menu masakan Western Food, yakni French Style Steak with Classic Mushroom Sauce & Mix Salad, Smoked Salmon Costini dan Blue Lychee Squash yang lezat.

 

Sementara itu Gilbert Justyn Yang tampil all out pada final exam tersebut, demi membuat tiga kreasi menu masakan Western Food bertajuk Salmon with Soup Potato, Shrimp Salsa in Shell dan Kiwi Apple Juice, di Kitchen Modern 2, Lantai 3 Graha Tristar Surabaya. Tim juri pun memberikan nilai 80,63 atas tiga kreasi masakannya tersebut dan menempatkannya pada posisi keempat.

 

Giliran Mario Joseph Veon Junior yang berjibaku di Hot Kitchen Graha Tristar demi mempersembahkan tiga menu masakan Japanese Food dengan tampilan keren dan berkelas, yakni Chicken Karage Salad, Beef Gyudon dan Mango Sunrise Bluebom. Tiga kreasi masakan yang ditamplkan Mario di meja display produk akhirnya menempati ranking lima, dengan nilai 80,37.

 

Terakhir Hizkia Dwi Firmansyah, mahasiswa Culinary Art Class yang maju pada final exam secara individual hari pertama, hanya berhasil membukukan nilai 80,02 atas tiga kreasi masakan fusion (memadu padankan masakan khas Indonesia dan Italia) yang menjadi andalannya, yakni Mie Celor Capelletti, Kerak Telor Smoke Duck dan Es Oyen.

 

Secara overall, tiga orang juri yang terdiri dari Chef Renny Savitri, Chef Nadya Ratri Aryani dan Chef Haris Suseno, kompak mengapresiasi sekaligus mengkritisi hasil kreasi masakan yang ditampilkan enam mahasiswa Culinary Art Class yang mengikuti gelaran final exam pada hari pertama. Setidaknya ada tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

 

Sementara itu Chef Nadya Ratri Aryani mengatakan, kreasi masakan yang ditampilkan enam orang anak didiknya itu mengangkat tema masakan Indonesian Authentic Food, Asian Cuisines atau Continental Cuisines (Western Food). Masing-masing peserta final exam bebas menampilkan kreasi masakannya sesuai passion-nya termasuk mereka yang ingin membuat kreasi masakan ala menu fusion yang tasty & deliciously.

 

Selama berjibaku di Hot Kitchen, setiap personel berupaya menuntaskan pekerjaannya tepat waktu, sejak prepare bahan, memproses masaknya hingga mem-plating masakan tersebut agar tampilannya semakin keren dan berkelas. ”Pasalnya, pada final exam kali ini durasi masaknya dibatasi tidak lebih dari 120 menit. Manajemen waktu tetap jadi atensi setiap peserta ujian,” kata Fransisca, kepada kru www.sekolahmasak.info, seusai acara penjurian. Good jobs! Bro & Sis. Congratulations …

    

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar