twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 15 Januari 2024

Aksi Mahasiswa Praktik Food Technology Bersama Chef Rachma di Cold Kitchen Graha Tristar


Wow! Gurihnya Steam Chicken Nugget ala Home Industrial yang Dibuat Mahasiswa Pastry Art Class Akpar Majapahit 


SEBANYAK 15-an mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas B-1 Pagi, tampil penuh semangat saat belajar membuat Steam Chicken Nugget yang gurih bersama Dosen Pengajar Food Technology Applications Tristar Group Rachma Nur Devianti STP., M.MPar. Praktik membuat Steam Chicken Nugget merupakan materi kedua, setelah sebelumnya mahasiswa juga diajarkan teknik membuat Red Guava Juice, dalam skala home industrial.

 

Steam Chicken Nugget merupakan salah satu olahan makanan yang masuk kategori frozen food. Teknik membuat Steam Chicken Nugget ala home industrial ini merupakan materi praktik Food Technology pekan kedua (terakhir) bersama Chef Rachma. Sepekan sebelumnya mahasiswa Pastry Art Class juga diajarkan cara membuat Red Guava Juice.

 

Praktik membuat Steam Chicken Nugget ini tetap menitikberatkan pada pendekatan industri skala rumahan (home industrial), sekalipun praktiknya sendiri dilakukan di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Kamis (11/01/2024) pagi, mengingat resepnya sendiri sudah mengacu pada kebutuhan industri skala rumahan.

 

Menurut Chef Rachma, produk Chicken Nugget yang ada di pasaran saat ini, membidik segmen pasar yang beragam mulai kelas bawah hingga menengah atas. Tidak salah jika produk olahan itu pun kualitasnya juga beragam dari yang yang kelas ekonomis hingga premium.

 

Mengonsumsi Chicken Nugget juga dianjurkan karena kandungan gizinya cukup lengkap. Berdasarkan fakta nutrisinya seperti dikutip dari United State Department of Agricultural (USDA), setiap 100 gram Chicken Nugget mengandung 295 Kalori (kcal), jumlah Lemak 20 gram (lemak jenuh 4,0 gram, lemak tak jenuh ganda 4,4 gram dan lemak tak jenuh tunggal 5,0 gram), 43 mg Kolesterol, 557 mg Natrium dan 265 mg Kalium.

 

Sedangkan jumlah Karbohidrat 14 gram (dengan kadar serat pangan 2,1 gram dan gula 0), 15 gram Protein, 31 mg Kalsium, 1,2 mg Zat Besi, 11 IU vitamin D, 0,2 mg vitamin B6, 0,1 ug vitamin B12 dan 26 mg Magnesium.

 

Manfaat mengonsumsi Chicken Nugget bagi kesehatan antara lain menambah massa otot, menjaga keseimbangan kolesterol tubuh, meningkatkan nafsu makan, mencegah anemia karena mengandung zat besi, baik untuk pertumbuhan anak dan meningkatkan sistem imun tubuh Anda.

 

Tak salah jika eksistensi Chicken Nugget pun tetap bertahan hingga saat ini karena memang disuka konsumen. Chicken Nugget yang masuk kategori frozen food itu selain disuka ibu-ibu (muda) karena kepraktisannya alias tidak bikin ribet saat dimasak untuk menu sarapan pagi (breakfast), juga menjadi ladang bisnis baru bagi pedagang makanan kelilingan.

 

Pasalnya, mereka pun bisa menjajakan gorengan Chicken Nugget dan bersaing ketat dengan Sausage, Corndog, Tahu Bakso, Cireng, Siomay dan Penthol. Aneka produk olahan makanan kekinian tersebut disuka anak-anak millennial.

 

Demi membuat Steam Chicken Nugget yang gurih, maka bahan yang wajib disiapkan adalah chicken fillet, ice cubes, tapioca, milk powder, garlic powder, white egg, salt, sugar dan pepper powder. Semua bahan tersebut di-blend lebih dulu sebelum di-steam selama 15-20 menitan.

 

Selain itu mahasiswa juga diminta untuk menyiapkan soft flour (predust flour), batter mix flour dan bread crumb mix agar Steam Chicken Nugget itu nanti kalau digoreng hasilnya menjadi lebih crispy.

 

Hasil penggorengan Steam Chicken Nugget lebih dulu diletakkan di atas loyang persegi yang sudah dilapisi kertas merang. Tujuannya untuk mengurangi kandungan minyak seusai proses penggorengan.

 

Jika orientasi membuat produk olahan makanan ini untuk industri rumahan, maka Steam Chicken Nugget dalam kondisi setengah matang lalu dikemas dalam vacuum plastic dan disimpan dalam freezer agar tahan sampai sebulan bahkan lebih.

 

”Harga yang pantas  untuk setiap kemasan Steam Chicken Nugget isi enam biji @ 13 gram ini dibandrol sekitar Rp 10 ribuan,” kata Chef Rachma Nur Devianti kepada www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, pekan lalu. Good jobs! Chef. Amazing banget

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar