twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 01 Februari 2024

Hebohnya Aksi Mahasiswa Pastry Art pada Final Exam Hari Pertama di Cold Kitchen Graha Tristar


Tim Juri Apresiasi Empat Kreasi Bread dan Empat Kreasi Cakes Masa Kini Persembahan Mahasiswa Pastry Art

 

ANTUSIASME kembali ditunjukkan delapan mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi pada gelaran final exam hari pertama yang dilaksanakan di Kitchen Patisserie 2 Lantai 2, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Kamis (18/01/2024) lalu. Mereka terbagi dalam empat tim, yakni Tim A, B, C dan D, berjibaku di Cold Kitchen kampus demi mempersembahkan tempat kreasi bread dan empat kreasi cakes masa kini nan mewah dan elegan.

 

Dua personel Tim A, Alvin Setiawan dan Aurelia Nastiti kompak membuat Tuna Mozzarella Bun (Bread) dan Chocolate Fruit Pudding Cake kekinian yang menjadi andalannya pada final exam hari pertama tersebut. Untuk yang bread berasa gurih/asin (savoury taste), sedangkan cake-nya sendiri rasanya manis (sweet taste).

 

Selanjutnya Tim B yang beranggotakan Annisa Auliya Nuur Anam dan Bella Lorenza Avelina tampil all out di Cold Kitchen Graha Tristar Surabaya, demi membuat Smoke Beef Bread (savoury taste) dan Lemon Squize Roll Cake (sweet taste), dengan tampilan kekinian nan cantik dan berkelas.

 

Sementara itu Nicolaus Edzel Adikristianto dan Muhammad Akbar Harun Al-Rasyid dari Tim C, tampil antusias menampilkan dua kreasi unggulannya, yakni Vanilla Bun (Bread) dan Chocolate Cake. Kedua produk pastry tersebut berasa manis (sweet taste).

 

Tak mau kalah dengan aksi heboh koleganya dari Tim A, B dan C, maka Denita Natalia dan Denilson dari Tim D pun bekerja cerdas di Kitchen Patisserie Graha Tristar, demi mempersembahkan dua kreasi terbaiknya bertajuk Garlic Mozzarella Cheese Bread (savoury taste) dan Cookies & Cream Fudgy Brownies Cake (sweet taste) nan keren dan berkelas.

 

Masing-masing tim pun harus berjibaku di cold kitchen Graha Tristar Surabaya selama tiga jam (mulai pukul 09.00-12.00 WIB), demi mempersembahkan kreasi bread dan cake terbaiknya, Sebelum bekerja di Cold Kitchen, delapan mahasiswa Pastry Art Class itu juga mengikuti ujian tulis (teori) di ruang kuliah, selama 60 menitan (mulai pukul 08.00-09.00), untuk menjawab 6-7 soal essay.

 

Sementara itu tim juri yang terdiri dari Chef Haris Suseno, Chef Dwi Mei Retnowati dan Chef Sari Palupi, pun memberi atensi kepada semua produk pastry hasil kreasi delapan mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi, setelah mereka berjibaku selama tiga jam di Cold Kitchen, demi mempersembahkan empat kreasi Bread dan empat kreasi Cakes masa kini nan mewah dan elegan.

 

Hasil kreasi mahasiswa Pastry Art Class itu dinilai dan dikritisi oleh tim juri berdasarkan tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP), seperti yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

 

”Secara overall, tampilan empat kreasi bread dan empat kreasi cakes yang dibuat mahasiswa Pastry Art Class tampak keren banget, setelah masing-masing tim mem-plating serta meng-garnish-nya sebaik mungkin,” puji Chef Haris, salah satu juri.

 

Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi, Chef Renny Savitri mengatakan, final exam kali ini mengusung tema The Modern Bread & Cakes Creation 2024. Ujian praktik tersebut dihelat selama dua hari, Kamis (18/01/2024) dan Jumat (19/01/2024) di Kitchen Patisserie 2, Lantai 2 Graha Tristar Surabaya.

 

Dalam final exam tersebut, masing-masing tim mahasiswa Pastry Art Class ditantang membuat aneka kreasi Bread dan Cakes sesuai passion-nya masing-masing. ”Dari empat kreasi bread, hanya satu yang rasanya manis dan tiga sisanya berasa gurih/asin. Sedangkan empat kreasi cakes-nya sendiri semuanya berasa manis,” ujar Chef Renny kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya. Good jobs! Bro & Sis. Amazing banget

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar