twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 12 Februari 2024

Memotret Keseruan Aksi Mahasiswa Belajar Teknik Pengolahan Sweet Bread Bersama Chef Mei


Mahasiswa Pastry Art Tampilkan Chocolate Almond Babka Bread, Mocha Bun Bread dan Viennoise Deux Colours, Tiga Kreasi Sweet Bread nan Penuh Pesona

 

MAHASISWA Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi (member of Tristar Group), tampil penuh percaya diri demi membuat Chocolate Almond Babka Bread, Mocha Bun Bread dan Viennoise Deux Colours, tiga kreasi Sweet Bread nan penuh pesona, di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa (06/02/2024), pekan lalu.

 

Praktik membuat tiga kreasi Sweet Bread tersebut merupakan tatap muka hari terakhir (keempat). Sedangkan pada pertemuan hari pertama, Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Group, Chef Dwi Mei Retnowati, menghelat Baking Demo membuat Mini Assorted Bread di hadapan 15 mahasiswa Pastry Art Class.


Sementara itu pada tatap muka hari kedua, Selasa (30/01/2024), giliran mahasiswa Pastry Art Class itu diajarkan cara membuat tiga kreasi Sweet Bread masa kini, yakni Hard Rolls, Italian Bread dan Cheese French Bread.


Selanjutnya pada pertemuan hari ketiga, Rabu (31/01/2024), Chef Mei kembali berbagi ilmu dengan anak didiknya demi membuat Sausage Mushroom Bun, Potato Bread dan Banana Bread, tiga kreasi Sweet Bread yang berbeda dari materi praktik sebelumnya.


”Dengan demikian selama empat kali tatap muka, mahasiswa Pastry Art Class itu kami bekali cara membuat 10 resep Sweet Bread kekinian nan mempesona dan berkelas tampilannya,” kata Chef Mei, sapaan akrabnya kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, Selasa (06.02/2024), pekan lalu.


Pada pertemuan hari terakhir, Chef Mei bersama asistennya, Chef Gabriel Nathania AMd.Par., S.TP., bahu membahu bersama 15 mahasiswa Pastry Art --terbagi dalam enam tim-- yang hadir pagi itu untuk membuat tiga kreasi Sweet Bread yang cantik,  menarik dan keren tampilannya.


Tim A dan B, misalnya mendapat tantangan membuat Chocolate Almond Babka Bread, sedangkan Tim C dan D diberi tugas membuat Mocha Bun BreadGiliran Tim E dan F tampil all out saat membuat Viennoise Deux Colours di Cold Kitchen Graha Tristar.


Menurut Chef Mei, Mocha Bun Bread yang dibuat Tim C dan D masuk dalam kelompok Sweet Bread Hybrid. Untuk membuat Mocha Bun Bread, adonan yang dibuat mahasiswa memadupadankan adonan bread dengan adonan cookies,” terang Chef Mei, sapaan akrabnya. Saat asyik membimbing praktik Sweet BreadChef Mei kedatangan rombongan mahasiswa Tristar Institute Bogor (member of Tristar Group) yang berkunjung ke Head Office.


Demi membuat Mocha Bun Bread sesuai standar industri, maka bahan yang dibutuhkan untuk membuat dough-nya adalah komachi flour, bread improver, yeast, sugar, milk powder, salt, egg yolk, cold water, fresh milk dan salted butter.


Sementara itu demi membuat filling-nya, maka bahan yang disiapkan hanya butter frozen. Sedangkan untuk menyiapkan topping-nya sendiri bahan yang dibutuhkan terdiri dari salted butter, icing sugar dan salt (di-mix lebih dulu), laliu tambahkan egg, medium flour, mocha pasta, coffee instant dan hot water.


Adonan Mocha Bun Bread yang sudah siap lalu dimasukkan loyang persegi panjang (masing-masing ukurannya @ 40 gram). Sebelum di-bake selama 10-12 menitan pada suhu 180*C, maka Mocha Bun Bread tersebut di-proofer (mesin pengembang roti) lebih dulu sekitar 60 menitan.


Selain mendampingi mahasiswa yang kebagian tugas membuat Mocha Bun Bread, Chef Mei bersama asistennya dengan telaten juga mengawal mahasiswa lain yang bertugas membuat Chocolate Almond Babka Bread dan Viennoise Deux Colours.


”Setelah semuanya matang, maka tiga kreasi Sweet Bread itu kemudian di-plating dan di-garnish sesuai kreativitas masing-masing tim. Hasil kerja setiap tim lalu di-display di meja uji untuk kita evaluasi bersama,” jelas Chef Dwi Mei Retnowati. Good jobs! Bro & Sis. Amazing banget


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class di Kampus Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar