twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 13 Februari 2024

Asyiknya Praktik Masak Indonesian Cuisines Bersama Chef Nadya di Hot Kitchen Graha Tristar


Lezatnya Ayam Betutu & Ayam Taliwang with Pelecing Kangkung dan Nasi Daun Jeruk, Empat Kreasi Masakan Khas Bali dan Lombok Persembahan Istimewa Mahasiswa Culinary Art Class

 


 

MAHASISWA Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi giliran ditantang untuk masak aneka kreasi menu makanan Indonesian Cuisines yang lezat bersama Chef Nadya Ratri Aryani, Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit, di Kitchen Modern 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (06/02/2024), pekan lalu.

 

Sesuai panduan praktik masak di Buku Ajar (Silabus), maka pada tatap muka hari kelima, Chef Nadya, sapaan akrabnya, mengajak 15 mahasiswa Culinary Art Class –terbagi dalam enam tim yakni Tim A, B, C, D, E dan F—masak empat menu masakan khas Bali dan Lombok, yakni Ayam Betutu, Ayam Taliwang, Pelecing Kangkung dan Nasi Daun Jeruk yang tasty & deliciously.

 

Sebagai salah satu warisan budaya kuliner Nusantara yang cukup melegenda, sudah selayaknya jika empat menu masakan tradisional tersebut juga diapresiasi oleh mahasiswa Culinary Art Class untuk mempraktikkannya sendiri di Hot Kitchen Graha Tristar Surabaya.

 

Di mata mahasiswa Culinary Art, empat menu makanan khas Indonesia itu sudah akrab di lidah mereka terutama para penyuka masakan tradisional asli Nusantara. Tak salah jika di hotel-hotel berbintang pun, keotentikan aneka menu masakan Indonesian Cuisines kini pamornya juga naik daun dan tidak kalah dengan kelezatan menu-menu masakan Western Food berkat kekuatan aroma bumbu rempahnya.

 

Sesuai arahan dari Chef Nadya, tiga tim pertama, Tim A, B dan C diminta fokus untuk masak Ayam Betutu with Pelecing Kangkung & Nasi Daun Jeruk. Sedangkan tiga tim berikutnya, yakni Tim D, E dan F ditantang masak Ayam Taliwang with Pelecing Kangkung & Nasi Daun Jeruk yang lezat dan mem-plating-nya agar tampilannya semakin keren dan berkelas ala sajian makanan di hotel-hotel berbintang.

 

Sementara itu, Tim A, B dan C ditugasi masak Ayam Betutu. Bahan yang dibutuhkan adalah whole chicken (ayam pejantan yang sudah diambil jeroan dan dibersihkan bulunya), salam leaf, kaffir leaf, dan lemongrass di-pounded dan banana leaf.

 

Untuk bumbunya sendiri meliputi oil, lemongrass (diambil bagian young part), shallot, garlic, ginger, turmeric, belacan (shrimp cake), red chili, hot chili dan aromatic ginger di-chop lebih dulu (chop spices). Selanjutnya fine blend bahan pendukungnya yang terdiri dari blackpepper, coriander, nutmeg, clove, palm sugar dan tambahkan salt secukupnya.

 

Selanjutnya Tim D, E dan F yang diminta untuk masak Ayam Taliwang. Bahan yang diperlukan adalah whole chicken (ayam pejantan) dipotong big part, lalu tambahkan water, oil dan lime juice. Untuk membuat paste-nya, bahan yang disiapkan meliputi curly red chili, hot chili, garlic, shallot, tomato, aromatic ginger (kencur), palm sugar dan shrimp cake (terasi) dan salt secukupnya.

 

Sementara itu semua tim juga diminta untuk membuat Pelecing Kangkung berikut sambalnya dan Nasi Daun Jeruk. Demi masak Pelecing Kangkung yang lezat, maka bahan yang dibutuhkan terdiri atas kangkung (di-blanch), peanut (di-fry lebih dulu), beansprout (juga di-blanch) dan kaffir lime (jeruk limau dipotong separo).



Untuk membuat sambalnya sendiri, maka hahan yang dibutuhkan meliputi cury red chili, hot chili, tomato, shallot, shrimp cake (terasi), sugar dan salt secukupnya. Dan tahapan pekerjaan terakhir adalah membuat Nasi Daun Jeruk.

 

Setelah semua tahapan pekerjaan rampung, giliran masing-masing tim diminta mem-plating-nya agar tampilan masakan tersebut semakin keren, layaknya menu makanan yang biasa dihidangkan di hotel-hotel berbintang di Surabaya. Hasil kreasi masakan enam tim mahasiswa tersebut, lalu dikritisi dan dievaluasi oleh Chef Nadya dari aspek tampilan dan kreativitas, tekstur serta cita rasanya, sesuai standar industri perhotelan. Good jobs! Bro & Sis. The most incredible



 

Anda tertarik dengan kegiatan mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit (member of Tristar Group) dan ingin bergabung menjadi mahasiswa Akpar Majapahit, silakan merapat ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar