twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 27 Februari 2024

Asyiknya Praktik Masak Indonesian Cuisines Bersama Chef Nadya di Hot Kitchen Graha Tristar


Mahasiswa Culinary Art Sajikan Pepes Pindang Mangga Muda, Pesmol Gurame with Sayur Asem Jakarta & Nasi Wangi, Empat Kreasi Masakan Khas Nusantara yang Penuh Cita Rasa

 


MAHASISWA Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi kembali mendapat tantangan dari Chef Nadya Ratri Aryani untuk menyajikan empat kreasi masakan khas Nusantara, yakni Pepes Pindang Mangga Muda, Pesmol Gurame with Sayur Asem Jakarta & Nasi Wangi yang penuh cita rasa, di Kitchen Modern 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa (27/02/2024) pagi.

 

Praktik masak menu Indonesian Cuisines yang lezat itu merupakan materi praktik hari ke-10 yang dilakoni mahasiswa Culinary Art Class. Dengan demikian selama 10 kali pertemuan berjibaku di hot kitchen bersama Chef Nadya, mahasiswa sudah diajarkan membuat sekitar 30-an menu masakan khas Nusantara nan mempesona.

 

Sesuai panduan praktik masak di Buku Ajar (Silabus), maka pada tatap muka hari ke-10, Chef Nadya, sapaan akrabnya, mengajak 16 mahasiswa Culinary Art Class –terbagi dalam enam tim yakni Tim A, B, C, D, E dan F— berjibaku di hot kitchen demi membuat Bali dan Lombok, yakni Pepes Pindang Mangga Muda, Pesmol Gurame with Sayur Asem Jakarta & Nasi Wangi yang lezat menggoda selera.

 

Empat menu masakan tradisional tersebut mendapat apresiasi dari segenap mahasiswa Culinary Art Class yang hadir pagi itu untuk mempraktikkannya di Hot Kitchen Graha Tristar Surabaya sesuai arahan dan pembagian tugas yang diberikan dosen pembimbing.

 

Sebetulnya empat menu makanan khas Indonesia itu sudah akrab di lidah mahasiswa Culinary Art Class apalagi di lidah para penyuka masakan tradisional asli Nusantara. Makanya, tidak ada salahnya jika di hotel-hotel berbintang pun saat ini berlomba untuk menampilkan keotentikan aneka menu masakan Indonesian Cuisines yang pamornya semakin berkibar berkat keunikan tampilan dan kekuatan aroma bumbu rempahnya.

 

Sesuai dengan arahan Chef Nadya, maka tiga tim pertama, Tim A, B dan C diminta fokus untuk masak Pepes Pindang Mangga Muda with Sayur Asem Jakarta & Nasi Wangi.

 

Sedangkan tiga tim selanjutnya, yakni Tim D, E dan F ditantang masak Pesmol Gurame with Sayur Asem Jakarta & Nasi Wangi yang lezat dan mem-plating-nya agar tampilannya semakin keren dan berkelas ala sajian makanan di restoran dan hotel-hotel berbintang.

 

Sementara itu Tim A, B dan C ditugasi masak Pepes Pindang Mangga Muda. Bahan yang dibutuhkan adalah pindang (di-clean lebih dulu), green mango (dipotong juliennce/grated) dan banana leaf. Sedangkan untuk membuat bumbu paste-nya bahannya meliputi shallot, garlic, hot chili, red chili, turmeric, candlenut, tomato, salt, pepper dan sugar dihaluskan.

 

Selanjutnya Tim D, E dan F yang diminta untuk masak Pesmol Gurame. Bahan yang diperlukan adalah gurami (di-clean lebih dulu) baru dimarinasi dengan salt dan lime selama 20 menitan, sebelum di-fry. Untuk membuat sauce-nya maka bahan yang disiapkan meliputi leek (small cut), tomato (di-dice) dan peanut.

 

Sedangkan shallot, garlic, candlenut dan tamarind water dihaluskan dulu (hingga jadi seperti paste) serta hot chili utuh lalu dimasak jadi satu berfsama leek, tomato dan peanut. Juga tambahkan salt, pepper dan palm sugar secukupnya masak sampai matang bersama gurami goreng dan tunggu beberapa saat sampai bumbunya mengental.

 

Sementara itu semua tim juga diminta masak Sayur Asem Jakarta dan Nasi Wangi. Untuk membuat Sayur Asem Jakarta, maka bahan yang dibutuhkan adalah water (di-boiling dulu), tamarind paste, salam leaf, snake beans, peanut, labu siam (di-dice), melinjo leaf (di-clean dulu), corn fresh (di-small cut), salt, pepper dan sugar. Dan tahapan pekerjaan terakhir adalah masak Nasi Wangi.

 

Giliran selanjutnya masing-masing tim diminta untuk mem-plating-nya agar tampilan masakan tersebut semakin keren, layaknya menu makanan yang biasa disajikan di hotel-hotel berbintang di Surabaya dan sekitarnya.

 

Hasil kreasi masakan enam tim mahasiswa tersebut, lalu dikritisi dan dievaluasi oleh Chef Nadya dari aspek tampilan dan kreativitas, tekstur serta cita rasanya, sesuai standar industri perhotelan. Amazing banget. Good jobs! Bro & Sis

 

Anda tertarik dengan kegiatan mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit (member of Tristar Group) dan ingin bergabung menjadi mahasiswa Akpar Majapahit, silakan merapat ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar