twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 18 Februari 2024

Memotret Kehebohan Gelaran Cooking Demo for Entrepreneur with Chef Nadya Ratri Aryani


Kelezatan Menu Masakan Lontong Cap Go Meh, Disulap Jadi Food Hampers nan Cantik dan Penuh Pesona di Malam Perayaan Tahun Baru Imlek

 

DOSEN Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit (member of Tristar Group) Chef Nadya Ratri Aryani antusias menggelar Cooking Demo for Entrepreneur demi masak Lontong (Ketupat) Cap Go Meh yang lezat, di Kitchen Modern 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (07/02/2024) lalu.

 

Acara Cooking Demo for Entrepreneur tersebut yang dihadiri 15-an mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi. Sejumlah mahasiswa tampil penuh semangat saat dilibatkan langsung oleh Chef Nadya demi membuat Lontong (Ketupat) Cap Go Meh, yang cocok banget jika disajikan pada malam perayaan Tahun Baru Imlek 2575, Sabtu (10/02/2024).

 

Menu Lontong (Ketupat) Cap Go Meh tersebut, selain di-plating di atas piring ala sajian menu di hotel berbintang, juga dikemas cantik dalam wadah besek (terbuat dari anyaman bambu berukuran 30x30 cm2) sebagai makanan hantaran (food hampers) yang bisa dikonsumsi untuk 4-5 orang. Paket food hampers tersebut dibandrol Rp 200.000-an.

 

Menurut Chef Nadya, cooking demo yang dihelat tersebut untuk mendukung program Entrepreneur Hampers demi menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan 1445 H dan Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada 10-11 April 2024 mendatang.

 

Dengan menggelar Cooking Demo for Entrepreneur bersama Chef Nadya, maka masing-masing tim pun bisa memperoleh gambaran riil bagaimana mereka nanti membuat food hampers yang layak jual, tampilan kemasannya mempesona dan produk masakannya juga bisa diterima pasar.

 

Sebagai langkah awal, Chef Nadya pun melibatkan dua tim mahasiswa Culinary Art Class. Masing-masing tim beranggotakan 7-8 orang berbagi tugas dan berjibaku di hot kitchen, demi menyukseskan gelaran Cooking Demo for Entrepreneur tersebut.

 

Tim A antusias masak Lontong Cap Go Meh, sedangkan Tim B diminta membuat Ketupat Cap Go Meh. Ketika bekerja di hot kitchen, kedua tim itu disupervisi langsung oleh Chef Nadya agar hasil kreasi masakan mereka sesuai ekspektasi.

 

Menu Lontong Cap Go Meh yang dikemas dalam paket hantaran (food hampers) terdiri dari yag telah dihias cantik, berisi lontong, sambal goreng ati kentang, sayur rebung, opor ayam, telur bumbu petis, bubuk kedelai, sambal bajak dan kerupuk udang,

 

Sedangkan paket hantaran berupa menu Ketupat Cap Go Meh, isinya relatif sama dengan menu Lontong Cap Go Meh, yang membedakan hanyalah lontongnya diganti dengan ketupat dan tanpa telur bumbu petis. Kemasan untuk wadahnya pun sama karena terbuat dari ayaman bambu (besek) berukuran 30x30 cm2.

 

Setelah berjibaku di hot kitchen selama 1,5-2 jam, Chef Nadya Ratri Aryani lalu mem-plating masakan tersebut di atas piring agar tampilannya sekeren menu-menu masakan yang biasa dihidangkan di restoran dan hotel-hotel berbintang.

 

Selain itu Chef Nadya bersama perwakilan dari Tim A dan Tim B, menata Lontong (Ketupat) Cap Go Meh secantik dan semenarik mungkin dalam wadah besek, kemudian menghiasnya agar tampilannya semakin keren dan berkelas layaknya makanan hantaran (food hampers) nan mewah, elegan dan berkelas. Good jobs! Bro & Sis. So cool …

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit di Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar