twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 20 Februari 2024

Serunya Gelaran Cooking Demo with Chef Fridolin di Hot Kitchen Tristar Samator Surabaya


Pesona Kelezatan Fish en Papillote with Lemon Sauce, Menu Continental Cuisines dari Prancis yang Melegenda

 


UNTUK meningkatkan ketrampilan mahasiswa dalam membuat aneka menu Continental Cuisines yang tasty & deliciously, Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Group Chef Fridolin menghelat Cooking Demo & Duplicate demi membuat kreasi masakan legendaris dari Prancis bertajuk Fish en Papillote with Lemon Sauce yang lezat dengan tampilan mewah dan elegan.

 

Demo masak tersebut dilaksanakan di Kitchen Modern Sky Suites SOHO-The Samator Jl. Raya Kedungbaruk No. 26-28 Surabaya, Kamis (15/02/2024) pagi, pekan lalu. Tampak sembilan orang mahasiswa Culinary Art Tristar Samator B Class yang menghadiri demo masak tersebut sekaligus menyaksikan langsung aksi ciamik Chef Fridolin saat masak Fish En Papillote with Lemon Sauce.

 

Menurut Chef Frido, sapaan akrabnya, untuk masak Fish en Papillote with Lemon Sauce, ada beberapa tahapan pekerjaan yang wajib dilakoni. Tahap pertama adalah menyiapkan bahan masakan seperti fish fillet (Kakap Merah atau Red Snapper), sedangkan lemon, rosemary, thyme, butter, mustard, garlic, salt & pepper sebagai fish seasoning-nya.

 

En Papillote adalah metode memasak dari Prancis yang menggunakan uap untuk memasak ayam, sayuran dan ikan dengan lembut. En Papillote, dalam Bahasa Prancis artinya untuk “di atas kertas.” Ini mengacu pada teknik masak yang menggunakan uap yang terkumpul dalam selembar kertas roti (atau aluminium foil) yang dilipat sedemikian rupa agar tidak sampai bocor bumbunya ketika proses mengukusnya.

 

Saat memasak fillet ikan secara En Papillote, maka bumbu masakannya semakin meresap dan aromanya juga semakin menggoda selera. Selain itu tesktur daging ikannya pun semakin lembut. Hasil masakan dengan teknik tersebut maka cita rasanya bertambah lezat dan juga menyehatkan.

 

Pekerjaan selanjutnya adalah menyiapkan condiment-nya berupa lemon sabayon yang dipadupadankan dengan bahan lain seperti cherry tomatoes, olive oil, (dried) oregano, thyme dan cayenne. Penambahan condiment berupa lemon sauce tersebut membuat Fish En Papillote citarasanya semakin lezat dan tampilannya pun makin mewah dan berkelas.

 

Bahan utama masak Fish En Papillote with Lemon Sauce saat ini cukup mudah ditemukan di swalayan maupun minimarket, mulai fish fillet, lemon, rosemary, mustard, cherry tomatoes, olive oil, oregano hingga cayene.

 

”Tak salah jika masakan khas Prancis ini selain mudah dibuatnya, juga masuk kategori healthy food sehingga menyehatkan badan bagi siapapun yang mengonsumsinya,” kata Chef Frido di hadapan anak didiknya, di sela-sela gelaran cooking demo membuat Fish En Papillote with Lemon Sauce, di Hot Kitchen Tristar Samator Surabaya.

 

Durasi masak Fish En Papillote with Lemon Sauce tidak lebih dari 1,5 jam, sejak prepare bahan, proses memasak hingga mem-plating-nya dalam satu tampilan, sebelum salah satu masakan khas dari Prancis tersebut disajikan di atas meja display produk untuk didokumentasikan oleh Tim Multimedia Tristar Group. Selama gelaran cooking demo tersebut, Chef Fridolin juga melibatkan sejumlah mahasiswa. Good jobs! Chef. Congratulations

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Samator (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Head Office Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar