twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 31 Oktober 2021

Dari Final Exam Hari Kedua di Laboratorium Praktik Patisserie Graha Tristar

Kue Ipau Khas Banjarmasin dan Through the Volcano Kreasi Ciamik Mahasiswa Pastry Art Class yang Menarik Perhatian Tim Juri

 

ANTUSIASME yang luar biasa ditunjukkan enam mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi demi menampilkan lima kreasi Kue Tradisional dan satu kreasi Cake kekinian, selama ujian praktik secara individual pada hari kedua, Rabu (06/10/2021) pagi. Final exam itu sendiri dihelat di Laboratorium Praktik Patisserie 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Tim juri itu beranggotakan tiga orang yakni Chef Dwi Mei Retnowati (Dosen Pengajar Pastry Art), Chef Ari Purwantoro (Dosen Pengajar Culinary Art) dan Imania Ayu Wulandari M.MPar (Kaprodi F&B Product Akpar Majapahit), tertarik dengan Kue Ipau, kue tradisional khas Banjarmasin yang dipersembahkan Rafi A. Noval dan Through the Volcano yang ditampilkan Muhammad Ilham Syahputra.

 

Kue Ipau merupakan kue khas keturunan warga Arab yang tinggal di Banjarmasin. Kue ini merupakan hasil perpaduan antara budaya kuliner warga Arab (Timur Tengah) dengan budaya lokal Banjarmasin, sehingga terciptalah Kue Ipau. Kue ini merupakan kue terfavorit untuk berbuka puasa di Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan.

 

Secara kasat mata, tampilan dari Kue Ipau (kulit Ipau dan filling-nya berupa sayuran dan irisan telur) ini mirip dengan Kekab Turki ala Baba Rafli, namun yang membedakan dengan Kue Ipau, saat disajikan kue khas Banjarmasin ini diguyur dengan larutan santan kelapa yang telah dimasak bersama bahan lain seperti tepung maizena gula dan garam secukupnya hingga larutan mengental.

 

”Penyajian Kue Ipau semakin sempurna jika ditaburi irisan daun seledri dan bawang goreng,” ujar Rafi, di sela-sela acara penjurian di Kitchen Patisserie 2, Lantai 2 Graha Tristar Surabaya, Rabu (06/10/2021) siang.

 

Sedangkan Through the Volcano, merupakan salah satu kreasi cake kekinian yang dipersembahkan Muhammad Ilham Syahputra. Gagasan membuat kreasi cake ini terinspirasi dari fenomena alam berupa lelehan lava pijar yang keluar akibat erupsi gunung berapi.

 

”Pada final exam hari kedua ini, saya pun mencoba untuk menuangkan ide tersebut dalam bentuk karya nyata dan cake kekinian itu saya kasih judul Through the Volcano,” kata Ilham kepada kru www.sekolahmasak.info di Kitchen Patisserie 2 Lantai 2 Graha Tristar Surabaya.

 

Sementara itu empat kreasi Kue Tradisional dengan tampilan kekinian juga tidak kalah menariknya dan sangat layak jika diapresiasi juga oleh tim juri. Dina Tharissa P., misalnya, tampil all out di kitchen demi mempersembahkan Arem-Arem Ayam Kemangi Pedas.

 

Sedangkan Syahrul K., fokus membuat Wingko Babat, Mellisa Sandra Alliani prepare di kitchen sejak pukul 08.00 demi menampilkan kreasi Kue Tradisional terbaiknya, yakni Lemper Goreng Ayam Pedas dan Mayleni Ayu C., tampil percaya diri demi membuat kreasi andalannya yang bertajuk Talam Daging Teriyaki.

 

”Hasil kreasi mahasiswa Pastry Art Class itu dinilai berdasarkan tiga aspek, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan,” terang Imania Ayu Wulandari, Kaprodi F&B Product Akpar Majapahit.

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar