twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 27 Oktober 2021

Dari Final Exam Hari Kedua di Laboratorium Praktik Culinary Graha Tristar Surabaya

Kelezatan Menu Masakan ala Catering dan Asian Cuisines Mahasiswa Culinary Art Kelas A-1 Pagi Dipuji Tim Juri

 

GELARAN final exam masih berlanjut pada hari kedua, Rabu (06/10/2021) pagi. Kali ini giliran lima mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi yang memenuhi tantangan untuk masak empat menu makanan ala Catering (Indonesian Traditional Food) dan satu menu Asian Cuisines. Ujian praktik masak itu sendiri dihelat di Kitchen Modern 1, Lantai 3 Graha Tristar Surabaya, Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (06/10/2021) pagi.

 

Lima dari 12 mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi yang sehari-hari dibimbing Dosen Pengajar Culinary Art Chef Ari Purwantoro, tampil all out saat final exam hari kedua di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya.

 

Haryo Pramudyo, misalnya, berjibaku di kitchen demi masak menu ala Catering yakni Nasi Putih, Ayam Kacang Mete dan Cah Buncis. Sedangkan Fitri Wijayanti proaktif di kitchen demi masak Nasi Putih, Ayam Saos Madu dan Cah Brokoli yang lezat.

 

Selanjutnya Ahmad Hidayat juga sudah prepare di kitchen sejak pukul 08.30 WIB demi masak Nasi Uduk, Ayam Lodho dan Urap-Urap. Disusul Steven Jakin yang tampil percaya diri masak Nasi Kuning, Nila Mercon dan Sayur Begana.

 

Sementara itu Cynthia Florencya Irena tampil penuh semangat demi membuat menu masakan Oriental Food (Asian Cuisines) yang menjadi favoritnya, yakni Nasi Hainan, Chicken Kungpao dan Angshio Tofu yang tasty & deliciously.


Durasi ujian praktik masak di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya dibatasi waktunya tidak lebih dari 90 menit, sejak prepare bahan masakan, proses memasak hingga mem-plating dan menyajikannya di meja uji.

 

 

Hasil kreasi masakan mahasiswa selain dikritisi juga diapresiasi oleh tiga orang juri yang terdiri dari Chef Nadya Ratry Aryani, Chef Renny Savitri dan Kaprodi F&B Product Akpar Majapahit, Imania Ayu Wulandari M.MPar.

 

Penilaian tim juri tidak hanya fokus pada aspek tampilan dan kreativitas, melainkan juga dari aspek tekstur dan cita rasanya. Pasalnya, kreasi masakan yang ditampilkan anak didik Chef Ari Purwantoro itu paling tidak setara dengan tampilan makanan ala hotel berbintang atau restoran terkenal, yang memang harus memenuhi Standard Operation Procedure (SOP) di industri perhotelan.

 

Ujian praktik masak yang mengangkat tema Masakan ala Catering (memadukan masakan khas dari Indonesia dengan Chinese Food) dan Asian Cuisines tersebut, menurut Chef Ari Purwantoro, untuk mengukur sejauh kemampuan mahasiswa bekerja di kitchen, setelah sebelumnya mereka diajarkan cara masak menu makanan ala Catering dan Asian Cuisines.

 

”Dengan dua pilihan tersebut, mahasiswa punya banyak pilihan untuk berkreasi dalam final exam tersebut. Dari final exam ini, silakan kalian meng-explore seluruh kemampuan Anda sampai batas maksimal,” kata Chef Ari, sapaan akrab Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit, kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, belum lama ini. Congratulations Bro & Sis! Amazing ….

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar