twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Sabtu, 30 Oktober 2021

Dari Final Exam Hari Kedua di Laboratorium Praktik Culinary Graha Tristar Surabaya

Demi Sukseskan Jamuan Lunch Buffet, Mahasiswa Culinary Art Class Hias Meja Makan untuk Satu Set Menu Chinese Food dengan Nuansa Merah Menyala 


PADA final exam hari kedua, Rabu (06/10/2021) pagi, giliran tujuh mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi yang dibimbing Chef Nadya Ratri Aryani mempersembahkan satu set menu Chinese Food yang superlezat. Satu set menu tersebut demi menyukseskan acara jamuan makan siang ala prasmanan (Lunch Buffet).

 

Tujuh mahasiswa Culinary Art Class yang tampil kali kedua pada final exam hari Rabu (06/10/2021) pagi adalah Ignatius Krisna Saputra Wibisono, Nathan Widjaja Kusuma, Gaby Valentina, Leni Meliana Diska, Kamajaya Adiwida Patriot, Rulita Misbah Utoyibah dan Grace Nuela Angger Naftali. Sebagai leader-nya diserahkan kepada Ignatius Krisna.

 

Mengingat menu yang disajikan sebanyak delapan item makanan, maka dalam final exam itu durasi waktunya dipatok sekitar 2,5 jam (150 menitan) itu. Mereka pun harus prepare di Laboratorium Praktik Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, sejak pukul 08.30-10.00 WIB.

 

Sebagai leader, maka Krisna pun membagi tugas kepada seluruh kru, sejak prepare bahan masakan, proses memasaknya sendiri hingga mem-plating hasil kreasi masakan tersebut untuk di-set up di atas meja display agar tampil menarik, elegan dan berkelas ala restoran terkemuka di Surabaya.

 

Ignatius Krisna bersama enam personel lainnya sepakat untuk tampil all out demi menyiapkan satu set menu masakan Chinese Food andalannya, yang terdiri dari Salad (Appetizer), Soup, Main Course dan Dessert.

 

Untuk tema Salad (Appetizer)-nya adalah Chinese Chicken Salad di-handle Gaby Valentina, sedangkan yang bertugas membuat Chicken Corn Soup (Soup)-nya dipercayakan kepada Leni Meliana.

 

Selanjutnya untuk masak Main Course-nya sendiri yang terdiri dari lima menu yakni Hongkong Fried Chicken, Tofu Bok Choy, Taiwanese Crispy Chicken, Kweetiauw dan Garlic Lollipop with BBQ Honey Sauce. Untuk masak Main Course dikerjakan empat orang yakni Krisna, Nathan, Rulita dan Kamajaya yang akrab disapa Raja. Sementara itu untuk menu penutup (Dessert)-nya, Fruit Soup, di-handle langsung oleh Grace.

 

Delapan menu masakan Chinese Food (Oriental Cuisines) yang dihidangkan untuk Lunch Buffet itu selain dikritisi, juga diapresiasi oleh tim juri yang terdiri dari Chef Nadya Ratri Aryani, Demi Mariyanah M.Par dan Hardhita Kusdharyanto M.Par.

 

Penilaian tim juri selain menyoroti aspek tampilan & kreativitas, juga dari aspek tekstur dan cita rasanya. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan. Tim juri pun terkesan banget dengan tampilan dan kreativitas mahasiswa saat menyajikan makanan di meja display.

 

Set up makanan yang ditampilkan di meja uji benar-benar menggoda tim juri, karena nuansa orientalisnya begitu kuat dengan pernak pernik dan hiasan lampion yang didominasi oleh warna merah. Selain itu di area meja display produk juga dipasang lampu flip flop, vas bunga, nama-nama menu dan nama personel mahasiswa yang dibingkai cantik dalam sebuah pigura.

 

”Untuk memberikan kesan mendalam bagi tamu-tamu VIP yang menghadiri jamuan makan siang ala buffet, kami juga memperdengarkan musik instrumentalia khas Mandarin yang merdu dan syahdu. Musim lembut itu cocok banget buat menemani acara makan siang tersebut,” kata Ignatius Krisna kepada kru www.sekolahmasak.info, di sela-sela kegiatan penjurian.

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar