twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 26 Oktober 2021

Dari Final Exam Hari Pertama di Laboratorium Praktik Patisserie Graha Tristar

Kerennya Kue Tradisional dan Cakes Kekinian Kreasi Mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi

 

PADA final exam hari pertama, Selasa (05/10/2021) pagi, enam mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi yang dibimbing Chef Dwi Mei Retnowati, mengikuti ujian praktik secara individual yang mengangkat tema Kue Tradisional dan Cakes kekinian. Final exam tersebut dihelat di Laboratorium Praktik Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Pada final exam hari pertama pagi itu enam mahasiswa yakni Kresna Satria Wiguna, M. Bilal Nugrha, Wahyu Dewi Setyowati, Agung Aditya Pratama, Chelsea Cellia Yudhiestira dan Fatikhah Nur Ramadhani, sudah prepare di kitchen sejak pukul 09.00 WIB.

 

Ujian praktik mahasiswa Pastry Art Class itu berdurasi tiga jam, sejak prepare bahan kue, memprosesnya di kitchen hingga menampilkan hasil kreasinya di meja display yang sudah disiapkan mahasiswa bersama Chef Mei.


Dalam final exam tersebut, Kresna tampil antusias demi menyiapkan kreasi kue tradisionalnya yang diberi nama Pisang Rai, Bilal harus berjibaku demi membuat kreasi kue tradisional andalannya, Talam Ubi Ungu with Puree Pumpkin dan Dewi berkonsentrasi penuh ketika menyiapkan bahan-bahan untuk membuat kreasi kue tradisional yang bertema Tutti Frutti Klepon.

 

Sementara itu tiga mahasiswa lainnya mendapat tantangan membuat kreasi cakes kekinian dalam final exam kali ini. Agung, misalnya, fokus membuat kreasi cake yang diberi titel Puff & Carrot Cake.

 

Sedangkan Chelsea dan Fatikhah, tampil penuh percaya diri demi mempersembahkan dua kreasi cakes kekinian yang berkelas, yakni Puff & Blueberry Cream dan Chocolate Almond in a Shortcut Pastry.

 

Saat enam produk pastry hasil kreasi mahasiswa itu di-display di meja uji, tiga orang juri yang terdiri dari Dewi Mariyanah, Chef Ernawati dan Chef Lusiana, tertarik dengan kreasi Bilal Nugraha, yakni Talam Ubi Ungu with Puree Pumkin, yang tampilannya cantik, menarik dan keren tentunya.

 

Kombinasi warna ungu dari pengolahan Ubi Ungu (Sweet Potato) dengan warna kuning dari hasil olahan Pumpkin, menghasilkan kreasi kue tradisional kekinian yang berkelas dengan garnish-nya sendiri memanfaatkan keeksotikan bunga telang (kelompok tanaman dari suku polong-polongan dengan nama ilmiahnya Clitoria Ternatea L.)

 

Durasi ujian praktik secara individual di Kitchen Patisserie 1 Lantai 2 Graha Tristar Surabaya itu dipatok sekitar tiga jam (mulai pukul 09.00-12.00 WIB), sejak persiapan bahan, memproses hingga mem-plating dan meng-garnish aneka kreasi Kue Tradisional dan Cakes dengan tampilan kekinian tersebut.

 

“Hasil kreasi enam mahasiswa Pastry Art Kelas A-1 Pagi itu dikritisi dan dinilai oleh tim juri. Kriteria penilaiannya sendiri meliputi tiga aspek, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan,” kata Chef Mei, sapaan akrabnya kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya.

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar