twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 31 Oktober 2021

Dari Final Exam Hari Kedua di Laboratorium Praktik Patisserie Graha Tristar

Tim Juri Atensi Chocolate Ball dan Mango Sticky Rice, Hasil Kreasi Andriy G. Bastianto dan Amanda C. Margaretha

 

PADA final exam hari kedua, Rabu (06/10/2021) pagi, giliran enam mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi yang diasuh Chef Dwi Mei Retnowati, mengikuti ujian praktik secara individual yang mengangkat tema Kue Tradisional dan Cakes kekinian. Final exam tersebut dihelat di Laboratorium Praktik Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 


Pada final exam hari kedua pagi itu enam mahasiswa yakni Amanda Caroline Margaretha, Ananda Fachrur Lintang Pratama, Charles Herianto, Nur Tias Pandan Arum, Michael Hadinata dan Andriy Gabrielo Bastianto, sudah prepare di kitchen sejak pukul 08.30 WIB.

 

Ujian praktik mahasiswa Pastry Art Class itu berdurasi tiga jam, sejak prepare bahan kue, memprosesnya di kitchen hingga menampilkan hasil kreasinya di meja display yang sudah disiapkan mahasiswa peserta ujian bersama Chef Mei.

 

Dalam final exam tersebut, Amanda tampil antusias demi menyiapkan kreasi kue tradisionalnya yang bertajuk Mango Sticky Rice, Ananda harus berjibaku demi membuat kreasi kue tradisional andalannya, Gethuk Cream Cheese, Tias antusias membuat Colorfull Wingko dan Charles berkonsentrasi penuh ketika menyiapkan bahan-bahan untuk membuat kreasi kue tradisional yang bertema Es Kopyor Jeruk Cafe.

 

Sementara itu dua mahasiswa lainnya ditantang membuat kreasi cakes kekinian dalam final exam hari kedua. Michael, misalnya, fokus membuat kreasi cake yang diberi nama Butter Cookies & Choux. ”Sedangkan Andriy, tampil penuh percaya diri demi mempersembahkan kreasi cakes kekinian yang keren dan berkelas, yakni Chocolate Ball,” kata Chef Mei kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya.

 

Durasi ujian praktik secara individual di Kitchen Patisserie 1 Lantai 2 Graha Tristar Surabaya itu dipatok sekitar tiga jam (mulai pukul 08.30-11.30 WIB), sejak persiapan bahan, memproses hingga mem-plating dan meng-garnish aneka kreasi Kue Tradisional dan Cakes dengan tampilan kekinian tersebut.

 

Hasil kreasi enam mahasiswa Pastry Art Kelas A-1 Pagi itu dikritisi dan dinilai oleh tim juri. Kriteria penilaiannya sendiri meliputi tiga aspek, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

 

Saat enam produk pastry hasil kreasi mahasiswa itu di-display di meja uji, tiga orang juri yang terdiri dari Dewi Mariyanah, Chef Ernawati dan Chef Renny Savitri, memberi atensi terhadap penampilan dari Chocolate Ball hasil kreasi Andriy Gabrielo Bastianto saat diguyur white chocolate compound dan Mango Sticky Rice, persembahan Amanda Caroline Margaretha, yang tampilannya cantik, menarik dan keren tentunya.

 


”Sementara itu empat hasil kreasi mahasiswa lainnya yang di-display di meja uji, selain dikritisi juga diapresiasi oleh tim juri. Empat kreasi mahasiswa itu adalah Es Kopyor Jeruk Café, Gethuk Cream Cheese, Colorfull Wingko dan Butter Cookies & Choux,” kata Chef Dwi Mei Retnowati, seusai penjurian di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Surabaya.

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar