twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 31 Oktober 2021

Melihat Keseruan Mahasiswa Cooking on the Spot with Chef Dita Aunurofi

Mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit Praktik Masak Satu Set Menu Tradisional Indonesia di G-Suites Hotel


SEBANYAK 22 mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi dan Kelas A-2 Siang memenuhi tantangan Chef Dita Aunurofi, masak satu set menu Indonesian Traditional Food, untuk jamuan makan siang prasmanan (buffet), di Kitchen G-Suites Hotel Surabaya Gubeng, Kamis (28/10/2021) pagi.


Kedatangan rombongan mahasiswa di hotel bintang tiga di bawah manajemen Amithya Hotels & Resorts pagi itu, di dampingi Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par dan Dosen Pengajar Accounting, Agus Sudarsono M.Par. Tiga orang kru Multimedia dari Tristar Group juga hadir untuk mendokumentasikan dan mempublikasikan acara Cooking on the Spot with Chef di G-Suites Hotels Surabaya Gubeng.

Rombongan mahasiswa Akpar Majapahit itu disambut langsung oleh General Manager (GM) G-Suites Hotels Hassanudin, Front Office Manager (FOB) Ely Sajidah, Food & Beverage Manager (FBM) Imanda Bagus dan Head Chef G-Suites Hotels Dita Aunurofi, di lobi hotel.

Untuk selanjutnya mahasiswa mengikuti pengarahan dari pihak hotel terkait pelaksanaan kegiatan Cooking on the Spot with Chef Dita di Café & Resto hotel tersebut. Oleh Chef Dita, 11 mahasiswa Culinary Art Kelas A-2 Pagi diminta tampil pada Sesi 1 mengikuti praktik masak di kitchen hotel tersebut.

Sedangkan 11 mahasiswa Culinary Art Kelas A-2 Siang yang baru tampil pada Sesu 2, mengikuti presentasi seputar Banquet Knowledge yang dipaparkan FBM Imanda Bagus di Café & Resto G-Suites Hotels Surabaya Gubeng.

Pada gelaran Cooking on the Spot with Chef Dita Sesi 1, 11 mahasiswa itu berbagi tugas di kitchen untuk masak Nasi Putih, Soto Ayam, Mie Goreng Jawa, Ayam Goreng Kriuk dan Tumis Sayuran. Duransi masak sendiri tidak lebih dari 60 menit.

Sedangkan pada Sesi 2, 11 mahasiswa Culinary Art Kelas A-2 Siang kebagian jobs dari Chef Dita untuk membuat Fruits Salad, Nasi Goreng Merah, Ikan Saus Mayo, Slice Fruits, Mendoan Tempe, Pisang Goreng Keju dan Sponge Cake.

Makanan yang sudah selesai di masak ditata di meja display Resto & Café G-Suites Hotels Surabaya Gubeng yang berada di area lobi hotel. Untuk Appetizer-nya adalah Fruit Salad, sedangkan Soup-nya sendiri berupa Soto Ayam.

Main Course-nya terdiri dari Nasi Putih, Nasi Goreng Merah, Mie Goreng Jawa, Ayam Goreng Kriuk, Tumis Sayuran dan Ikan Saus Mayo. Sementara itu Mendoan Tempe, Pisang Goreng Keju, Sponge Cake, Slice Fruits dan Es Kopyor sebagai menu penutup (Dessert)-nya.

Satu set menu Indonesian Traditional Food yang sudah tertata rapi itu selanjutnya bisa dinikmati mahasiswa untuk menu makan siang ala prasmanan (buffet). Masing-masing anggota tim yang bekerja di Sesi 1 maupun Sesi 2 boleh mengkritisi masakan rekannya apabila dirasa keasinan atau kurang asin, taste-nya masih kurang strong dan sebagainya.

Dalam kesempatan itu Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par mengatakan, maksud dan tujuan dari kunjungan industri mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit ini untuk meningkatkan passion mahasiswa yang kelak ingin menekuni Culinary Business (café & resto) atau berkarier di kitchen sebuah hotel berbintang atau restoran terkenal.

Mereka juga dihadapkan pada kondisi riil di lapangan bahwa sistem kerja di kitchen itu butuh kedisiplinan, effort kerja yang tinggi, kebersamaan sebagai sebuah teamwork dan bisa membagi waktu serta memahami aspek hygiene & sanitation karena yang dijual kepada tamu adalah makanan dan minuman.

Tak salah jika Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit itu mengajak anak didiknya untuk betul-betul memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. ”Selain untuk membiasakan praktik masak di kitchen kampus, saya juga ajak kalian praktik masak di kitchen restoran sebuah hotel berbintang. Pengalaman berbeda ini besar manfaatnya buat Anda setelah lulus kuliah nanti,” pungkasnya.


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar