twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 22 Oktober 2021

Aksi Seru Praktik Masak Aneka Menu Catering Bersama Chef Ari Purwantoro

Berjibaku di Kitchen Demi Masak Ayam Goreng Lengkuas, Ikan Bakar Dabu-Dabu dan Tami Capcay yang Tasty

 

PERTEMUAN terakhir jelang pelaksanaan final exam, sebanyak 10-an mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas B-1 Pagi, masih harus berjibaku di kitchen demi masak tiga menu ala Catering, yakni Ayam Goreng Lengkuas, Ikan Bakar Dabu-Dabu dan Tami Capcay yang tasty. Praktik hari kesembilan itu dihelat di Laboratorium Praktik Culinary 1, Lantai 3, Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Sabtu (02/10/2021).

 

Mahasiswa Culinary Art Class yang hadir pagi itu dibagi dalam tiga tim. Tim 1 kebagian tugas dari Chef Ari Purwantoro, Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit, masak Ayam Goreng Lengkuas, sedangkan Tim 2 dipercaya membuat Ikan Bakar Dabu-Dabu dan Tim 3 pun tampil all out demi mempersembahkan Tami Capcay.

 

Demi masak Ayam Goreng Lengkuas yang lezat, tiga mahasiswa anggota Tim 1 yang dimotori Dhiya T. Fasha harus berjibaku di kitchen guna menyiapkan sejumlah bahan masakan, yang meliputi chicken pejantan, coco water, vetsin, salt, candlenut, garlic, coriander, palm sugar, salam leaf, dan lemon grass.

 

Sementara itu untuk membuat salsa-nya sendiri, bahan masakan yang dibutuhkan adalah shallot, tomato, palm sugar, red chili, hot chili, shrimp cake, tamarind, salt dan sugar sebagai seasoning-nya.

 

Sedangkan tiga mahasiswa anggota Tim 2 yang dipimpin Dicky Tanujaya, juga tampil penuh percaya diri demi masak Ikan Bakar Dabu-Dabu yang deliciously. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat menu istimewa ini adalah ikan gurami (yang sudah diambil isi perutnya dan dibersihkan sisiknya), lalu dikasih lime dan salt, sebelum ikan itu dibakar di atas mesin panggangan.

 

Selain itu bumbu basting untuk meng-grill ikan gurami adalah margarine dan sweet soy sauce. Teknik meng-grilled agar kulit ikan gurami itu tidak lengket di mesin panggangan, maka permukaan ikan diolesi bumbu basting hingga merata, lalu ikannya dibolak-balik agar matangnya merata dan bumbunya meresap ke dalam.

 

Selanjutnya untuk membuat Sambal Dabu-Dabu-nya sendiri, maka bahan-bahannya di-slice dan di-dice lebih dulu. Bahan yang dimaksud adalah red chili (diiris ala brunoa), hot chili, shallot, salt, limau, ginger (di-chop lalu di-grated), tomato fruit dan basil leaf.

 

Untuk membuatnya, red chili, hot chili dan shallot di-saute lebih dulu. Kemudian ditambahkan lagi bahan lain seperti salt, limau, ginger, tomato fruit dan basif leaf lalu di-saute lagi dengan minyak panas sebentar hingga keluar aromanya yang harum.

 

Sementara itu, empat personel Tim 3 yang dipelopori Bagus Ahmad Raihan juga tampil percaya diri saat diberi tantangan masak Tami Capcay. Bahan untuk masak menu masakan yang satu ini adalah egg noddles (di-blanch sampai matang), shrimp (sudah dibersihkan kulitnya), squid (dipotong model ring), carrot (di-slice), cauliflower, (diiris ala small floret lalu di-blanch juga).


Selain itu tambahkan juga bahan yang lain seperti green chinese cabbage, crab meat (di-blanch), soy sauce, mushroom soy, chinese wine, oyster sauce, chicken stock, garlic (di-chop) dan di-saute bersama shrimp, squid dan bahan-bahan lainnya sampai keluar aromanya yang harum.


 

Selama praktik masak tersebut, Chef Ari, sapaan karibnya, memberikan batasan waktu bekerja di kitchen masing-masing tim hanya 60 menit, ketiga menu itu sudah tersaji cantik di meja uji untuk dinilai dan dievaluasi oleh Dosen Pengajar.

 

”Praktik masak menu ala Catering itu sendiri dimulai pada pukul 09.30 hingga 10.30 WIB. Durasi masak tersebut tidak lebih dari 60 menit. Tiga masakan itu sudah tersaji dengan tampilan cantik, menarik dan berkelas di meja display,” kata Chef Ari kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, baru-baru ini. Good jobs Bro & Sis! Congratulation bossque 


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar