twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Sabtu, 23 Oktober 2021

Aksi Heboh Mahasiswa Praktik Masak Aneka Menu Catering Bersama Chef Thomas

Mahasiswa Culinary Art Class Berbagi Tugas di Kitchen Demi Persembahkan Nasi Tumpeng Spesial yang Keren


SEBANYAK 12 mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas B-2 Pagi kembali praktik masak menu ala Catering bersama Chef Thomas Denny. Tatap muka hari kedelapan yang jatuh pada Sabtu (02/10/2021) pagi itu, mereka praktik masak membuat Nasi Tumpeng Spesial dengan tampilan keren. Praktik masak itu sendiri dihelat di Laboratorium Praktik Culinary 2, Lantai 3, Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Demi memudahkan pekerjaan di kitchen, Chef Thomas membagi tugas 12 orang anak didiknya dalam lima tim, untuk masak Nasi Kuning, Sambal Goreng Kacang Teri, Perkedel Kentang, Ayam Goreng Lengkuas dan Chicken Roll Egg.

 

Tim 1 (Rahadian Pambudi Azwar dan Dhinas Ramadhani P) kebagian tugas masak Nasi Kuning. Bahan yang diperlukan untuk membuat Nasi Kuning yang cantik dan berasa gurih adalah rice, turmeric, lime, coconut, salt & pepper.

 

Sedangkan tiga mahasiswa anggota Tim 2 (Bella Salwa, Ibnu Rozak Maulana dan M. Pascal), tampil penuh percaya diri saat membuat Sambal Goreng Kacang Teri, sesuai job desk dari Chef Thomas.


Bahan untuk membuat Sambal Goreng Kacang Teri terdiri dari soybean curd, peanut, teri, shallot, garlic, red chili, galangal, salam leaf, lemon grass, tamarind, palm sugar, shrimp cake dan salt secukupnya.

 

Giliran selanjutnya Nicholas, Zakky A.S. Putra dan Martinus Rigel Financio dari Tim 3, tampil all out demi masak Perkedel Kentang. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Perdekel Kentang adalah potato (direbus lebih dulu lalu dihaluskan), ground beef, eggs, shallot, salt, pepper dan nutmeg. Setelah dibentuk bulat pipih dan dilumuri telur yang sudah dikocok rata, lalu digoreng hingga matang.

 

Sementara itu Tim 4 yang anggotanya terdiri dari Karimah Nabhan dan Patricia Chandra harus berjibaku di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya, demi masak Ayam Goreng Lengkuas yang tasty dan deliciously.

 

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Ayam Goreng Lengkuas meliputi ayam pejantan, lemon grass, salam leaf, kaffir leaf, galangal, red chili, garlic, shallot, candlenut, kandis (gelugur), turmeric, coriander, ginger dan salt.

 

Menu kelima (terakhir) yang dibuat dua mahasiswa (Stefani Rambu W.R. dan Laurensia L. Soekito) anggota Tim 5 adalah Chicken Roll Egg. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Chicken Roll Egg adalah chick breast fillet (di-seasoning lebih dulu dan ditambahkan dijon mustard), eggs, onion, button mushroom, demiglaze, dijon mustard, cream, parsley, salt & pepper dan demiglace powder.

 

Selama praktik masak membuat Nasi Tumpeng Spesial tersebut, Chef Thomas memberikan batasan waktu bekerja di kitchen maksimum 120 menit, lima menu itu sudah dihias dalam satu paket berupa Nasi Tumpeng Spesial yang keren.

 

Tampilan Nasi Tumpeng Spesial kali ini berbeda dari biasanya atau istilah kerennya out of the box. Pasalnya, tampilan Nasi Tumpeng Spesial ini memanfaatkan Cobek Batu berukuran besar (diameter 50 cm) sebagai pengganti wadah berupa loyang bulat yang terbuat dari anyaman bambu (tampah, Bahasa Jawa, Red.).

 

Demi mempercantik tampilan saat lima menu ala Catering itu dihidangkan dalam satu tampilan Nasi Tumpeng Spesial, maka Chef Thomas Denny pun memberikan beberapa finishing touch saat mem-plating hasil kreasi masakan mahasiswa agar tampilan masakan tersebut semakin cantik, menarik dan berkelas. Congratulations Bro & Sis! Good jobs

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar