twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 25 Oktober 2021

Dari Final Exam Hari Pertama di Laboratorium Praktik Culinary Graha Tristar Surabaya

Keeksotikan Bunga Telang Jadi Primadona Mahasiswa Culinary Art Class saat Plating Menu Masakan ala Catering dan Asian Cuisines

 

KEINDAHAN bunga telang (dengan nama ilmiah Clitoria Ternatea L.), tanaman hias anggota suku polong-polongan yang tumbuh merambat di pekarangan rumah, menjadi primadona mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi saat gelaran final exam hari pertama di Kitchen Modern 1, Lantai 3 Graha Tristar Surabaya, Selasa (05/10/2021) pagi.

 

Pasalnya, sejumlah mahasiswa Culinary Art Class yang ujian praktik masak pagi itu memanfaatkan keeksotikan bunga telang (kombinansi warna ungu dan putih) yang masuk golongan edible flower, saat mem-plating hasil kreasi masakan mereka agar tampilannya tampak semakin cantik, menarik dan berkelas, sebelum dinilai tim juri yang terdiri dari Chef Nadya Ratri Aryani, Chef Sari Palupi dan Dewi Mariyanah M.Par.

 

Tujuh dari 12 mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi yang sehari-hari dibimbing Dosen Pengajar Culinary Art Chef Ari Purwantoro, tampil all out saat final exam hari pertama di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya.

 

Nabila Fitriya Ulfatuthoiroh, misalnya, berjibaku di kitchen demi masak Nasi Bunga Telang, Ayam Bakar Bumbu Rujak dan Tumis Kacang Panjang Kecambah Tomat. Sedangkan Widad Ardiyanti Hamida proaktif di kitchen demi masak Nasi Putih, Ayam Bakar Bumbu Merah dan Urap-Urap Kecipir yang lezat.

 

Selanjutnya Intan Winata sudah prepare di kitchen sejak pukul 08.30 WIB demi masak Nasi Putih, Ayam Cabe Ijo dan Tumis Wortel dengan Jagung Muda dan Broccoli. Disusul Iqbal Faturrohman yang tampil percaya diri masak Lemon Garlic Herb Chicken Grill, Sautee Vegetable & Sautee Baby Potato.

 

Sementara itu Donnasia Febrilian Sekar Alit tampil penuh semangat demi membuat menu masakan khas Bali yang menjadi kesukaannya, yakni Nasi Putih, Sate Lilit dan Lawar lengkap dengan Sambal Bali.


Antusiasme bekerja di kitchen juga ditunjukkan Adinda Rexzi D., saat ujian praktik masak demi mempersembahkan Nasi Daun Jeruk, Ayam Woku, Tumis Buncis dengan Baby Corn di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya.

 

Terakhir, Royyan Haqqi yang tampil all out demi membuat masakan Chinese Food (Asian Cuisines) andalannya, yakni Nasi Goreng XO, Ayam Cabai Garam dan Cah Broccoli Wortel, yang tasty & deliciously.

 

Ujian praktik masak yang mengangkat tema masakan ala Catering (memadukan masakan khas dari Indonesia dengan Chinese Food) dan Asian Cuisines tersebut, untuk mengukur sejauh kemampuan mahasiswa bekerja di kitchen, setelah sebelumnya mereka diajarkan cara masak menu makanan ala Catering dan Asian Cuisines.

 

”Dengan dua pilihan tersebut, mahasiswa punya banyak pilihan untuk berkreasi dalam final exam tersebut,” kata Chef Ari Purwantoro, Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit, kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, baru-baru ini.

 

Dari penilaian tiga orang juri tersebut, Nabila berhasil meraih point tertinggi yakni 82,60; disusul Donnasia 81,20; Widad 81,11; Adinda 80,77; Rayyan 78,70; Intan 78,55 dan point terendah dibukukan Iqbal 74,11. Good jobs Bro & Sis! Congratulations ….

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar