twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 25 Oktober 2021

Dari Final Exam Hari Pertama di Laboratorium Praktik Culinary Graha Tristar Surabaya

Tujuh Mahasiswa Culinary Art Class Hidangkan Satu Set Menu Bertajuk Bali Paradise untuk Jamuan Lunch Buffet

 

PADA final exam hari pertama, Selasa (05/10/2021) pagi, tujuh mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi yang diasuh Chef Nadya Ratri Aryani menampillkan satu set menu khas dari Bali (Indonesian Traditional Food) bertajuk Bali Paradise untuk jamuan makan siang ala prasmanan (Lunch Buffet). Ujian praktik masak itu sendiri digelar di Laboratorium Praktik Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Tujuh mahasiswa Culinary Art Class yang tampil kali pertama pada final exam hari Selasa (05/10/2021) pagi itu adalah Shinta Nuriyah, Ange Lianawati, Michelle Angela, Yohana Rimba G., Adam Krisna, Claudia Nicole dan Siti Monalisa. Sebagai leader-nya dipercayakan kepada Yohana Rimba G.

 

Dalam final exam kali ini, Yohana dkk tampil all out demi menyiapkan satu set menu yang terdiri dari Salad (Appetizer), Main Course dan Dessert. Durasi masak tersebut dipatok sekitar dua jam (120 menitan), sejak prepare bahan masakan, proses memasaknya sendiri hingga mem-plating hasil kreasi masakan tersebut untuk di-set up di atas meja display agar tampil menarik, elegan dan berkelas ala restoran terkenal di Surabaya.

 

Untuk tema Salad (Appetizer)-nya adalah Pomelo Shrimps Salad with Sweet, Sour & Spice Sauce, sedangkan Main Course-nya sendiri terdiri dari lima menu yakni Nasi Putih, Udang Keju, Ayam Bumbu Rujak, Sate Lilit with Sambal Matah, Plecing Kangkung dan Rujak Buleleng. Sementara itu sajian Sosis Solo dan Mineral Water sebagai Dessert-nya

 

Demi memudahkan pekerjaan di kitchen, masing-masing personel mendapat tugas membuat satu menu. Yohana Rimba. misalnya, kebagian tugas membuatAappetizer yang diberi nama Pomelo Shrimps Salad with Sweet, Sour & Spice Sauce dan Siti Monalisa membuat Dessert-nya yakni Sosis Solo.

 


Sedangkan lima menu Main Course-nya di-handle lima mahasiswa. Shinta Nuriyah, misalnya fokus membuat Udang Keju dan Ange Lianawati prepare di kitchen untuk masak Plecing Kangkung yang tasty.


Sementara itu menu Ayam Bumbu Rujak dikerjakan Michelle Angela, Sate Lilit with Sambal Matah dimasak oleh Claudia Nicole dan Adam Krisna sendiri fokus membuat rujak buah khas Bali, yang diberi nama Rujak Buleleng.

 

Tujuh kreasi masakan khas Bali yang disajikan untuk Lunch Buffet itu langsung diapresiasi oleh tim juri yang terdiri dari Chef Endang Sri Rahajoe, Chef Ari Purwantoro dan Demi Mariyanah M.Par.

 

Sedikitnya ada tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

 

Hasil kreasi masakan mahasiswa Culinary Art Class, yang mengangkat masakan khas daerah Bali selain dikritisi juga diapresiasi tim juri, baik dari aspek penampilan, tekstur maupun cita rasanya.

 

”Kreativitas saat menyajikan hasil masakan di meja uji masih bisa ditingkatkan lagi untuk bekal magang kerja di industri perhotelan,” kata Chef Ari Purwantoro, seusai penjurian di Laboratorium Praktik Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar Surabaya, Selasa (05/10/2021).


 

Sementara itu, Chef Nadya Ratri Aryani kembali memberi pengarahan (briefing) kepada anak didiknya, usai penjurian, terutama teknik pengolahan masakan, Indonesian Traditional Food yang baru saja ditampilkan di meja uji.


 

”Mahasiswa diingatkan lagi bahwa tasting (icip-icip) saat masak hukumnya wajib agar masakan tersebut tidak sampai keasinan dan kalau masih kurang asin bisa ditambahkan sedikit garam. Namun secara overall apa yang telah Anda kerjakan selama di kitchen pagi itu, saya apresiasi,” puji Chef Nadya kepada anak didiknya.

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar