twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 31 Oktober 2021

Memotret Kehebohan Mahasiswa Cooking on the Spot with Chef Suro Hartoyo

Demi Masak Satu Set Menu di Kitchen Best Western Papilio Hotel, Empat Mahasiswa Culinary Art Ditunjuk Jadi Team Leader


UNTUK menyukseskan gelaran Cooking on the Spot with Chef Suro Hartoyo, 26 mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi dan Kelas A-2 Siang ditantang masak satu set menu Western Food, untuk jamuan makan siang ala Fine Dining, di Kitchen Mariposa Restaurant Lantai 7, Best Western Papilio Hotel Surabaya, Jumat (29/10/2021) pagi.

Kedatangan rombongan mahasiswa di hotel bintang empat di bawah manajemen Wijaya Karya Realty pagi itu, di dampingi Dosen Pengajar Hygiene & Sanitation, K3 dan Stewarding Akpar Majapahit Hardhita Kusdharyanto M.Par. Dua orang kru Multimedia dari Tristar Group juga hadir untuk mendokumentasikan dan mempublikasikan kegiatan visit hotel tersebut.

Rombongan mahasiswa Akpar Majapahit itu disambut langsung oleh Director of Food & Beverage (F&B) Best Western Papilio Hotel Rudy Hartono dan Executive Chef Suro Hartoyo, di Meeting Room Lantai 7, Best Western Papilio Hotel Surabaya.


Untuk selanjutnya mahasiswa mengikuti pengarahan dari pihak hotel terkait pelaksanaan kegiatan Cooking on the Spot with Chef Suro Hartoyo. Oleh Chef Suro sendiri, 26 mahasiswa Culinary Art Class itu dibagi dalam empat kelompok kerja, demi masak satu set menu Western Food, untuk jamuan makan siang ala Fine Dining.

Selanjutnya Chef Suro pun menunjuk empat orang team leader untuk masing-masing kelompok kerja. Tim 1 (enam personel) yang diketuai Sergei Nathanael W., misalnya, mendapat tugas membuat Asian Vegetables Salad with Mango Salsa (Appetizer).

Sedangkan Tim 2 (tujuh personel) dimotori oleh Rafael, kebagian tugas untuk masak Traditional Creamy Potato Soup (Soup) dan Tim 3 (tujuh personel) yang dipimpin Andriy G. Bastianto diminta Chef Suro masak Chicken & Fish (Dori) with Red Spicy Flavour & Potato Ring Vegetable Gardiniere (Main Course).

Sedangkan menu penutup (Dessert)-nya sendiri yakni  Creamy Milk Combination with Shredded Coconut Serve with Graham Cracker & Fruit Segment di-handle oleh Tim 4 (enam personel) yang dipimpin Nicolaus Caesario.

”Masing-masing team leader punya otoritas penuh untuk mengatur ritme kerja di kitchen, turun langsung dan memberikan arahan kepada anggotanya agar hasil kreasi masakannya nanti penampilan plating-nya betul-betul elegan, berkelas dan tentunya enak juga cita rasanya,” terang Chef Suro Hatoyo di dampingi Hardhita Kusdharyanto M.Par.

Dengan job desk seperti itu, maka setiap individu mahasiswa dihadapkan pada kondisi riil di lapangan bahwa sistem kerja di kitchen itu butuh kedisiplinan, effort kerja yang tinggi, kebersamaan sebagai sebuah teamwork dan bisa membagi waktu serta memahami aspek hygiene & sanitation karena yang dijual kepada tamu adalah makanan dan minuman.

Manajemen waktu memegang peranan penting saat kalian bekerja di kitchen hotel berbintang. ”Seperti yang saat ini Anda lakoni, kami hanya memberi batasan durasi masak mulai pukul 10.45 hingga 13.00, seluruh makanan mulai Appetizer, Soup, Main Course hingga Dessert-nya, sudah harus selesai di-plating dan siap dihidangkan kepada tamu,” cetus Chef Suro Hartoyo.

Dosen Pengajar Hygiene & Sanitation, K3 dan Stewarding Akpar Majapahit, Hardhita Kusdharyanto M.Par mengatakan, maksud dan tujuan dari kunjungan industri mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit di hotel berbintang ini untuk meningkatkan passion mahasiswa yang kelak ingin menekuni Culinary Business (café & resto) atau berkarier di kitchen sebuah hotel berbintang atau restoran ternama.

Oleh karena itu, Hardhita mengajak anak didiknya untuk betul-betul memanfaatkan kesempatan emas ini dengan sebaik-baiknya. ”Selain untuk membiasakan praktik masak di kitchen kampus, saya juga ajak kalian praktik masak di kitchen restoran sebuah hotel berbintang. Pengalaman berbeda ini besar manfaatnya buat kalian pasca lulus kuliah nanti,” tandas Didiet, sapaan akrab Dosen Pengajar Hygiene & Sanitation, K3 dan Stewarding ini kepada kru www.sekolahmasak.info.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar