twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 03 November 2021

Dari Final Exam Hari Ketiga di Laboratorium Praktik Culinary Graha Tristar Surabaya

Dhiya Fasha Tasfiyah dan Antonius Junior Tampilkan Satu Set Menu Oriental Cuisines yang Tasty untuk Sajian Lunch Buffet di Hadapan Tim Juri

 

GELARAN final exam pada hari ketiga, Jumat (08/10/2021) pagi, menampilkan satu set menu Chinese Food (Oriental Cuisines) yang dihidangkan ala prasmanan (buffet) oleh dua mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas B-1 Pagi, Dhiya Fasha Tasfiyah dan Antonius Junior. Ujian praktik masak hari ketiga itu dihelat di Laboratorium Praktik Culinary 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Dua mahasiswa ini berbagi tugas demi membuat Fruits Salad (Appetizer) dan Sweet Corn Soup (Soup). Sedangkan untuk menu Main Course-nya meliputi Nasi Putih, Yang Chow Fried Rice, Vegetables Stir Fry, Goong Sarong, Carfin Blackpepper Sauce dan Chicken Manchurian yang tasty. Sementara itu untuk hidangan Dessert-nya sendiri adalah Mango Milk.


Selain duet maut Dhiya dan Antonius, final exam hari ketiga pagi itu juga diikuti empat mahasiswa lainnya yang maju ujian praktik masak secara individual, yakni Candra Januar, Dicky Tanujaya, Jonathan Adam Williamson dan Nabila Husnul Khotimah. Durasi masak untuk peserta ujian praktik individual waktunya dibatasi 90 menit (sekitar 1,5 jam) saja. Mahasiswa tersebut sehari-hari dibimbing Chef Ari Purwantoro, Dosen Pengajar Culinary Art Class Akpar Majapahit.


Candra tampil all out di kitchen demi masak Ayam Lada Hitam with Tumis Brokoli & Mie Nyemek, Dicky harus berjibaku demi menampilkan kreasi masakannya yang bertajuk Gurame Sauce Szechuan with Chinese Chicken Salad & Rice. Demi hasil terbaik saat menampilkan kreasi masakannya, Dicky memanfaatkan dry ice agar tampak sensasi kabut indah yang muncul di pagi hari.

 

Selanjutnya Jonathan mempersembahkan hasil kreasi masakannya yang diberi tema Chicken Kungpoa with Cah Sawi & Rice dan Nabila sendiri mengangkat Nasi Punel. makanan khas dari Kota Bangil, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

 

Nasi Punel ini bertekstur lembut dan agak menggumpal. Umumnya makanan ini disajikan di atas piring yang beralaskan daun pisang. Di atas nasi itu ditambahkan dengan taburan serundeng, dilengkapi sate kerang, lentho (menjeng), tahu bumbu Bali, irisan daging dan kikil serta sebungkus kuah berisi parutan kelapan dengan santan dan diberi bumbu agak manis.

 

”Biasanya juga tersedia sayur rebung dan nangka muda. Lauk utamanya bisa pilih empal (daging sapi goreng), ayam goreng, telur dadar, paru dan dendeng, serta sambal ulek pedas yang dicampur dengan irisan kacang panjang,” terang Nabila, di sela-sela acara penilaian oleh tim juri.

 

Ujian praktik masak yang mengangkat tema masakan ala Catering (memadukan masakan khas dari Indonesia dengan Chinese Food) dan Asian Cuisines tersebut, untuk mengukur sejauh kemampuan mahasiswa bekerja di kitchen, setelah sebelumnya mereka diajarkan cara masak menu makanan ala Catering dan Asian Cuisines.

 

”Dengan dua pilihan tersebut, mahasiswa punya banyak pilihan untuk berkreasi dalam final exam tersebut. Saya mengapresiasi kerja keras mahasiswa yang mengkreasi aneka masakan itu sesuai passion mereka,” kata Chef Ari Purwantoro, kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya. Amazing! Good jobs Bro & Sis ….

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar