twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Sabtu, 27 November 2021

Asyiknya Praktik Food Technology Applications Bersama Chef Endang dan Chef Rachma

Mahasiswa Diajarkan Teknik Buat Industrial Chicken Nugget yang Tasty di Kitchen Culinary Graha Tristar

 

 

PADA tatap muka pekan kelima, mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi dan Kelas A-1 Siang, diajarkan teknik membuat Industrial Chicken Nugget yanggtasty, di Laboratorium Praktik Culinary Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Senin (22/11/2021). Sedangkan pada pertemuan sebelumnya, mahasiswa Culinary Art Class sudah dibekali cara membuat Economic Meat Ball, Jamur Crispy, Kekian dan Sambal Kemasan.

 

Selama praktik tersebut, mahasiswa Culinary Art Class disupervisi langsung oleh Dosen Pengajar Food Technology Applications Tristar Group, Chef Rachma Nur Devianti STP., M.MPar (Kelas A-2 Pagi) dan Chef Endang Sri Rahajoe M.MPar (Kelas A-1 Siang).

 

Selama pertemuan pekan terakhir itu, Chef Rachma mendampingi anak didiknya praktik membuat Chicken Nugget untuk industrial. Diharapkan dari pembelajaran menumbuhkan minat mahasiswa untuk menjadi calon foodpreneur sekalipun masih dalam skala usaha rumahan (home industry).

 

”Materi praktik membuat Chicken Nugget ini merupakan produk olahan yang masuk dalam kelompok frozen food. Produk olahan cocok banget jika disimpan dalam lemari es selama jangka waktu tertentu. Chicken Nugget, Economic Meat Ball dan Kekian sejauh ini telah merebut hati ibu-ibu muda yang ingin kepraktisan saat menyiapkan sarapan pagi untuk keluarga,” kata Chef Rachma di hadapan mahasiswa Culinary Art Kelas A-2 Pagi.

 

Chicken Nugget merupakan salah satu pangan hasil pengolahan daging ayam yang memiliki cita rasa tertentu, biasanya berwarna kuning keemasan. Saat ini Chicken Nugget menjadi salah satu produk olahan daging ayam yang berkembang pesat, Bahan baku nugget adalah potongan daging ayam, tepung-tepungan dan bumbu-bumbuan,

 

”Di pasaran produk olahan dari daging ayam ini tersedia dalam berbagai merek dan harga sesuai dengan kualitasnya. Chicken Nugget mudah dijumpai di swalayan terkenal di pusat kota hingga pelosok kampung dan perumahan di daerah pinggiran Surabaya dan sekitar,” ujar Chef Rachma.

 

Chef Endang Sri Rahajoe menambahkan, produk olahan setengah jadi ini bisa diaplikasikan dengan lebih dulu menggorengnya hingga matang, Kemudian Chicken Nugget tersebut disajikan di atas piring dengan ditambahkan mayonnaise, tomato sauce dan chili sauce.

 

Penyajian yang lebih sederhana dan ekonomis, pedagang makanan kaki lima (PKL) di mall cukup menggoreng Chicken Nugget hingga matang, lalu menaruhnya di dalam plastic box atau kotak kemasan dari kertas ukuran ekonomis, Untuk topping-nya sendiri menggunakan mayonnaise, tomato sauce dan chili sauce. Bisa juga tanpa topping, tetapi penjual biasanya menyediakan tomato sauce dan chili sauce dalam bentuk sachetan.

 

”Untuk membuat Chicken Nugget skala indiustrial, bahan yang dibutuhkan meliputi chicken fillet, chicken skin, ice cubes, tapioca, Isolated Soy Protein (ISP), STPP, garlic powder, MSG, salt, sugar, pepper, predust flour (perpaduan antara soft flour dan corn starch), batter mix flour dan bread crumb mix,” terang Chef Endang kepada mahasiswa Culinary Art Kelas A-1 Siang.

 

Demi tampilan terbaik, baik Chef Rachma maupun Chef Endang meminta anak didiknya masing-masing untuk mem-plating Chicken Nugget yang sudah digoreng tersebut agar tampilannya semakin cantik, menarik dan berkelas. Good jobs Bro & Sis. Amazing! banget …

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar