twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 25 November 2021

Aksi Seru Gelaran Cooking Demo with Chef Lusiana di Graha Tristar Surabaya

Usung Konsep Padang Style, Dendeng Saus Padang with Tumis Pare Disajikan ala Restoran di Hotel Berbintang

 

GELARAN Cooking Demo with Chef Lusiana, Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Group kali ini usung konsep Padang Style dengan menu masakan khas bertajuk Dendeng Saus Padang with Tumis Pare yang tasty & deliciously. Demo masak menu Indonesian Traditional Food yang dihadiri 13 mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas B-2 Pagi itu dihelat di Laboratorium Praktik Culinary 2 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244, Kamis (18/11/2021) pagi.

 

Konsep Padang Style yang keren tersebut diangkat Chef Lusiana karena terinspirasi kisah sukses menu Rendang Daging Sapi (masakan unggulan dari Padang, Sumatra Barat) yang disebut-sebut terlezat di dunia dan namanya sampai sekarang masih jadi buah bibir bagi para penyuka kuliner baik di Tanah Air maupun mancanegara.

 

”Diusungnya menu masakan Dendeng Saus Padang with Tumis Pare dalam gelaran cooking demo kali ini karena menu tersebut memang tidak tersedia di dalam Buku Ajar (Silabus) yang sudah dibagikan kepada mahasiswa,” kata Chef Lusi, sapaan akrab Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Group.

 

Dengan mengusung konsep Padang Style, lanjut Chef Lusi, maka penyajian menu masakan Dendeng Saus Padang with Tumis Pare itu di-plating semenarik mungkin dan berkelas layaknya makan di restoran terkenal sebuah hotel berbintang. Dendeng Saus Padang with Tumis Pare ini melengkapi menu di restoran Padang yang biasanya menyediakan Rendang Daging Sapi, Gulai Ikan, Kikil Sapi, Ayam Goreng Kremes, Opor Ayam.

 

Selain itu juga tersedia Ayam Bumbu Balado, Rempeyek Udang, Paru Goreng, Perkedel Kentang, Telur Dadar, Terong Balado, Cumi Bumbu Kare, Sambal Goreng Kentang Pete, Sambal Goreng Ampela Ati, Sambal Ijo Teri, Sayur Nangka Muda, Daun Singkong Rebus dan sebagainya.

 

Dengan konsep yang superkeren tersebut maka cara menghidangkan Dendeng Saus Padang with Tumis Pare itu bukan ala makan keroyokan di sebuah warung lesehan, melainkan dikemas seelegan mungkin menyesuaikan diri dengan segmen pasar menengah atas yang dibidik oleh restoran tersebut.

 

 

Untuk mempercepat pekerjaan selama di kitchen, Chef Lusiana melibatkan tiga tim mahasiswa Culinary Art Kelas B-2 Pagi, untuk membantu dirinya prepare membuat Dendeng (dipilih beef tenderloin), menyiapkan Saus Padang-nya dan tim terakhir masak Tumis Pare.

 

Demi masak Dendeng Saus Padang with Tumis Pare (Indonesian Traditional Food) yang tasty & deliciously ini, maka tim 1 diminta membersihkan beef tenderloin lalu di-slice agar tipis dan di-simmer bersama bumbunya seperti salam leaf, garlic, ginger, whitepepper, coriander dan marinate.

 

“Beef tenderloin yang sudah selesai di-simmer dan dibumbui tersebut kemudian dipukul-pukul permukaannya sebentar baru digoreng di atas minyak panas (deep fry),” kata Chef Lusiana, di hadapan anak didiknya, pekan lalu.

 

Selain membuat Dendeng dari beef tenderloin, giliran tim 2 yang bekerja membuat Saus Padang. Bahan untuk membuat saus yang satu ini terdiri dari red chili, garlic, shallot dan tomato lalu direbus dihaluskan menjadi bentuk paste kemudian di-sautee ditambahkan irisan buah petai, air dan dikasih seasoning secukupnya sampai sausnya mengental maka jadilah Saus Padang yang pedas-pedas enak.

 

”Selama membuat Saus Padang tersebut, mahasiswa tersebut saya supervisi langsung agar taste-nya tidak melenceng dari original recipe-nya. Karena itu saya pastikan bahwa rasa Saus Padang-nya sudah oke setelah diberi seasoning,” ujar Chef Lusi.

 

Giliran selanjutnya adalah tim 3 yang diberi tugas membuat Tumis Pare. Sayur pare yang sudah dicuci dan dibersihkan dipotong memanjang untuk menghilangkan bijinya. Lalu di-slice ukuran 2-3 cm dimasukkan bowl dan dikasih air sedikit dan garam untuk menghilangkan getah (rasa pahitnya) dan diamkan beberapa lama sebelum dibilas dengan air sampai bersih.

 

Sebelum pare itu di-sautee, disiapkan bumbu pendukungnya lebih dulu seperti shallot, garlic, hot chili dan salty soya (semuanya sudah di-slice) kemudian ditumis sampai keluar aroma harus baru pare-nya dimasukkan bersama air dan seasoning tanpa ditambahkan gula. Hanya saja saat men-sautee sayur pare tersebut, pihaknya minta tidak terlalu lama agar sayur parenya terasa agak kenyal karena tidak terlalu layu.

 

Dalam cooking demo kali ini, Chef Lusiana memungkasinya dengan mem-plating sendiri Rendang Saus padang with Tumis Pare yang lezat itu di atas piring, layaknya penyajian makanan di restoran terkenal sebuah hotel berbintang. Amazing banget Bossque. Good jobs! Chef

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit di Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar