twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 04 November 2021

Dari Final Exam Hari Ketiga di Laboratorium Praktik Culinary Graha Tristar Surabaya

Kerennya Moqueca de Camaroes, Masakan Tradisional nan Eksotik dari Negeri Samba Diapresiasi Tim Juri

 

PADA final exam hari ketiga, Jumat (08/10/2021) pagi, enam mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas B-2 Pagi --terbagi dalam dua kelompok-- yang diasuh Chef Lusiana, menampillkan dua kreasi masakan Indonesian Traditional Food dan American Cuisines yang tasty dan deliciously. Ujian praktik masak tersebut dihelat di Laboratorium Praktik Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Kelompok 1 yang beranggotakan tiga mahasiswa Culinary Art Class, yakni Ibu Rozak Maulana, Stefani Rambu Wahi dan Bella Salwa Putri. Kelompok 1 mempersembahkan Moqueca de Camaroes (Brazilian Shrimp Stew). Udang yang diolah dengan santan kelapa nan eksotik terinspirasi dari masakan tradisional khas Brasil berupa ikan laut yang di-stew dan biasa disebut Moqueca.


Citarasa gurih dan sedap dari masakan tradisional ini berasal dari coconut milk, coriander, tomatoes, onion dan garlic. “Brazilian Moqueca biasanya menggunakan aneka jenis ikan, tetapi dalam ujian praktik masak kali ini, kami memanfaatkan shrimp biar tampilannya cerah sempurna dan kandungan proteinnya sendiri dinilai mencukupi untuk hidangan musim panas,” terang Bella Salwa Putri, yang dipercaya sebagai juru bicara Kelompok 1.

 

Melengkapi sajian Moqueca Camaroes (Brazilian Shrimp Stew), pihaknya juga menampilkan racikan minuman khas dari Negeri Samba tersebut, yakni Caipirinha, yang bahannya adalah coconut water dan bahan lain yang menyegarkan.

 

Sedangkan Kelompok 2 yang juga terdiri dari tiga personel, yakni Martinus Rigel Financio, Karimah Nabhan dan Zakky Astian Setya, harus berjibaku di Kitchen Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar Surabaya, demi mempersembahkan Nasi Daun Jeruk, Dory Sambal Dabu-Danu dan Cah Kangkung with Ikan Teri yang tasty.

 

Sajian menu masakan ala catering ini ditampilkan Kelompok 2 pada final exam hari ketiga, Jumat (08/10/2021) lalu, karena mereka ingin mengangkat kearifan lokal berupa menu masakan tradisional khas Indonesia, yang tidak kalah eksotiknya dibandingkan sajian kuliner dari mancanegara.

 

Kreasi masakan mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas B-2 Pagi yakni Moqueca Camaroes (Brazilian Shrimp Stew), langsung diapresiasi oleh tim juri yang terdiri dari Chef Ernawati, Chef Sari Palupi dan Chef Dwi Mei Rertnowati.

 

Setidaknya ada tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan. Hasil kreasi masakan mahasiswa Culinary Art Class itu selain dikritisi juga diapresiasi tim juri, baik dari aspek penampilan, tekstur maupun cita rasanya.


”Kreativitas saat menyajikan hasil masakan di meja uji masih bisa ditingkatkan lagi untuk bekal magang kerja di industri perhotelan. Secara overall saya senang anak-anak berani menampilkan kreasi mereka sendiri di hadapan juri,” kata Chef Lusiana, seusai penjurian di Laboratorium Praktik Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar Surabaya, Jumat (08.10.2021) siang. Congratulations! Good jobs Bro & Sis

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar