twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 09 November 2021

Aksi Seru Praktik Masak Indonesian Cuisines Bersama Chef Lusiana di Kitchen Graha Tristar

Lezatnya Malbi Palembang, Nasi Minyak Palembang dan Sambal Nanas, Hidangan Kuliner Khas Sumatra Selatan

 

HIDANGAN kuliner khas Palembang, Sumatra Selatan yang tasty, yakni Malbi Palembang, Nasi Minyak Palembang dan Sambal Nanas, diajarkan oleh Chef Lusiana, Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Group, kepada 12-an mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas B-2 Pagi, Sabtu (06/11/2021) pagi.

 

Praktik masak tiga menu Indonesian Cuisines pada pertemuan hari keenam itu dihelat di Laboratorium Praktik Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. Mahasiswa Culinary Art Class yang hadir pagi itu antusias meramaikan gelaran praktik masak tersebut.

 

”Tiga menu masakan tradisional khas Sumatra Selatan yakni Malbi Palembang, Nasi Minyak Palembang dan Sambal Nanas, juga diajarkan kepada mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit. Bahkan resepnya pun dimasukkan dalam Buku Ajar (Silabus) Culinary Art yang sudah dibagikan kepada mahasiswa,” terang Chef Lusiana kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, akhir pekan lalu.

 

Sebagai salah satu warisan budaya kuliner Nusantara yang legendaris, tiga menu masakan tradisional khas Palembang tersebut juga diapresiasi oleh mahasiswa Culinary Art Class untuk mempraktikkannya sendiri di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya.

 

Di mata mahasiswa, Malbi Palembang itu kalau Anda berwisata kuliner di Surabaya tampilannya sekilas mirip dengan Krengsengan Daging Sapi. Untuk masak Malbi Palembang yang lezat, maka bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah beef (setelah dibersihkan lalu diiris bentuk persegi), shallot, garlic, nutmeg, cumin, salam leaf, cinnamon bark, clove, sweet soy, tamarind water, ginger dan light cocomilk.


Sedangkan menu kedua, Nasi Minyak Palembang, tampilannya juga tidak beda jauh dengan Nasi Kebuli yang banyak dijual di Kawasan Masjid Ampel Surabaya, dengan cita rasa bumbu rempahnya yang begitu dominan (strong taste).


Demi masak Nasi Minyak Palembang yang gurih, bahan masakan yang dibutuhkan meliputi rice, onion, shallot, garlic, samin oil (melted seperti mentega), clove, cinnamon bark, cardamon, raisin, cumin powder dan curry powder.


”Saat menanak Nasi Minyak Palembang, bisa juga Anda tambahkan dengan kismis, produk awetan dari buah anggur, seperti pada praktik masak yang dihelat di kitchen Graha Tristar, akhir pekan lalu,” ujar Chef Lusi, sapaan akrabnya.

 

Pekerjaan terakhir adalah membuat Sambal Nanas. Bahan yang diperlukan untuk buat Sambal Nanas terdiri dari shallot, garlic, pineapple, hot chili, red chili dan lime juice. Semua bahan tersebut di-mixed jadi satu di dalam bowl.

 

Untuk mempercepat pekerjaan di kitchen, 12 mahasiswa itu dibagi tiga tim, masing-masing tim kebagian membuat satu resep menu. Jika semua pekerjaan rampung, maka tiga menu masakan khas Palembang tersebut, di-plating dalam satu tampilan yang cantik, menarik dan berkelas ala sajian hotel berbintang.

 

Seluruh proses masak, sejak prepare bahan masakan, memasak di kitchen hingga mem-plating dan menyajikannya di meja display produk mengacu pada standar industri perhotelan (hospitality), dengan mengedepankan sedikitnya tiga aspek, yakni tampilan dan kreativitas, tekstur serta cita rasanya. Good jobs Bro & Sis …!

 

Anda tertarik dengan kegiatan mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit terakreditasi A. dan ingin bergabung menjadi mahasiswa Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar