twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 17 November 2021

Melihat Kehebohan Mahasiswa Cooking on the Spot with Chef Ari Subekti Sesi-1

Gabungan Mahasiswa Culinary Art Tristar Samator dan Pastry Art Tristar Manyar Praktik Masak Tiga Menu Western Food di Zest Hotel Jemursari


GABUNGAN mahasiswa Culinary Art Tristar Samator dan mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar (member of Tristar Group) sebanyak 29 orang meramaikan gelaran Cooking on the Spot with Chef Ari Subekti, Head Chef Zest Hotel Surabaya Jemursari, selama dua hari, Kamis (11/11/2021) dan Jumat (12/11/2021) siang.


Selain praktik masak membuat tiga menu Western Food, yakni Mushroom Soup (Soup), Mix Vegetables Sautee dan Chicken le Cordon Bleu with Potato Wedges (Main Course) yang tasty di Kitchen Citrus Café Lantai 2 Zest Hotel, mahasiswa juga diajarkan teknik meracik dua resep minuman (Bartending) oleh Sofyan, Bartender dari Citrus Café.


Pada gelaran acara Cooking on the Spot with Chef Ari Subekti Sesi-1, Kamis (11/11/2021) siang, pesertanya 14 orang mahasiswa. Demi memudahkan pekerjaan di kitchen, Chef Ari membagi 14 mahasiswa yang hadir pada siang itu menjadi dua tim, masing-masing beranggotakan tujuh orang.


Tujuh orang mahasiswa dari Tim 1 memenuhi tantangan Chef Ari Subekti masak Mushroom Soup, Mix Vegetables Sautee dan Chicken le Cordon Bleu with Potato Wedges, untuk jamuan makan siang prasmanan (lunch buffet), di Kitchen Citrus Café Zest Hotel Jemursari. Durasi masak dua menu Western Food itu tidak lebih dari 60 menitan.


Selama berkerja di kitchen, Chef Ari bersama asistennya Chef Didit bahu-membahu mendampingi mahasiswa membuat Mushroom Soup, Mix Vegetables Sautee dan Chicken le Cordon Bleu with Potato Wedges, sejak prepare bahan masakan, proses memasaknya hingga menyiapkan masakan itu untuk jamuan makan siang yang ditata ala prasmanan (lunch buffet).


Selain itu, Chef Didit juga diberi kesempatan untuk mendemonstrasikan teknik masak Nasi Goreng Ambyar, salah satu menu unggulan Zest Hotel Jemursari yang banyak disuka oleh tamu hotel di bawah jaringan Swiss Belhotel International Hotels & Resorts tersebut.


Nasi Goreng Ambyar ini bercitarasa pedas, sehingga membuat ambyar siapa saja yang suka menikmati menu istimewa tersebut,” kata Sugiono Turwibowo, Head Manager Zest Hotel mendampingi Dosen Pengajar Leadership Tristar Group R. Paulus W. Soetrisno M.Par.


Tidak kalah hebohnya dengan Tim 1 yang berjibaku di kitchen, Tim 2 yang juga beranggotakan tujuh orang mahasiswa tampil penuh semangat bersama Sofyan, Bartender dari Citrus Café, demi membuat dua resep minuman non alkohol (mocktail), yakni Purple Mojito dan Jack Frost.


Sales Manager Zest Hotel Andy Setiawan pun ikut menyemangati beberapa mahasiswa, seperti Angelie Lavionda, Alfiah Nur Rofida, Alif Rysandy H.R. dan Rafeldo Dannojaya yang berani tampil percaya diri demi meracik minuman Purple Mojito dan Jack Frost.


Standar resep untuk meracik Purple Mojito sendiri adalah lychee syrup, ice cube yang sudah di-crash, grape syrup, lime, biji telasih, soda dan garnish-nya berupa irisan lime (jeruk nipis).


Sementara itu untuk meracik Jack Frost, bahannya meliputi lychee syrup, ice cube yang sudah dihancurkan, blue coracao, soda dengan topping-nya berupa ice cream, biji telasih dan irisan dadu buah strawberry yang berukuran kecil.


Giliran berikutnya Tim 2 yang harus berjibaku di kitchen bersama Chef Ari Subekti dan asistennya demi masak Mushroom Soup, Mix Vegetables Sautee dan Chicken le Cordon Bleu with Potato Wedges, sedangkan Tim 1 ganti diajarkan cara meracik dua resep minuman, Purple Mojito dan Jack Frost yang segar dan menyegarkan.


Dosen Pengajar Leadership Tristar Group R. Paulus W. Soetrisno M.Par mengatakan, maksud dan tujuan dari kunjungan industri mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit ini untuk meningkatkan passion mahasiswa yang kelak ingin menekuni Culinary Business (café & resto) atau berkarier di kitchen sebuah hotel berbintang atau restoran terkenal.


Mereka juga dihadapkan pada kondisi riil di lapangan bahwa sistem kerja di kitchen itu butuh kedisiplinan, effort kerja yang tinggi, kebersamaan sebagai sebuah teamwork dan bisa membagi waktu serta memahami aspek hygiene & sanitation karena yang dijual kepada tamu adalah makanan dan minuman.


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di jaringan kampus Tristar Group dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar