twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 07 November 2021

Dari Final Exam Hari Keempat di Laboratorium Praktik Culinary Graha Tristar Surabaya

Tim Juri Terkesan dengan Segarnya Sayur Bening Daun Kelor Dipadupadan dengan Nasi Putih dan Tenggiri Bumbu Merah Kreasi Nazhifah Fairuz Syawal

 

 

GELARAN final exam dipungkasi pada pertemuan hari keempat, Sabtu (09/10/2021) pagi. Kali ini giliran lima mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas B-1 Pagi yang menampilkan masak enam kreasi masakan ala Catering (Indonesian Traditional Food), atau menu fusion yang merupakan hasil perpaduan antara masakan khas Indonesia dengan Chinese Food (Oriental Cuisines) yang tasty dan deliciously. Ujian praktik masak itu sendiri dihelat di Kitchen Modern 1, Lantai 3 Graha Tristar, Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Enam mahasiswa yang maju ujian praktik masakan hari terakhir itu merupakan bagian dari 12 mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas B-1 Pagi yang sehari-hari diasuh oleh Dosen Pengajar Culinary Art Chef Ari Purwantoro.

 

Pagi itu mereka tampil all out di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya, demi mempersembahkan kreasi masakan terbaiknya di hadapan tim juri. Mereka prepare di kitchen mulai pukul 08.30 hingga 10.00 WIB atau durasi ujian praktik masak itu dipatok tidak lebih dari 90 menitan.

 

Bagus Ahmad Raihan, misalnya, berjibaku di kitchen demi masak menu ala Catering yakni Nasi Putih, Udang Tepung Saus Tiram dan Tumis Brokoli, sedangkan Sergei Nathanael Wo’en prepare di kitchen demi masak Nasi Putih, Udang Bakar Jimbaran dan Tumis Buncis Tahu yang deliciously.

 

Selanjutnya Kevin Ongky Wijaya juga sudah stand by di kitchen sejak pukul 08.30 WIB demi masak Nasi Putih Krengsengan Ayam dan Tumis Sawi, Wortel Saus Tiram. Disusul Moh. Hafids Sunni yang tampil percaya diri masak Nasi Putih, Gulai Ikan dan Cah Kangkung.

 

Nazhifah Fairuz Syawal tampil penuh semangat demi membuat menu masakan khas Indonesia yang menjadi favoritnya, yakni Nasi Putih, Tenggiri Bumbu Merah dan Sayur Bening Daun Kelor yang tasty.

 

Sementara itu Cristyan Marvel M., harus berjibaku selama bekerja keras di kitchen demi mempersembahkan masakan andalannya yakni Nasi Putih, Chicken Honey Garlic dan Cah Sawi Daging.


Kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, Chef Ari Purwantoro mengatakan, durasi ujian praktik masak di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya dibatasi waktunya tidak lebih dari 90 menit, sejak prepare bahan masakan, proses memasak hingga mem-plating dan menyajikannya di meja display produk untuk dinilai tim juri.

 

Selain mengkritisi hasil kreasi masakan mahasiswa selain tim juri yang terdiri dari Chef Renny Savitri, Chef Ari Purwantoro dan Heidy W. Saleh SH, MBA, MSi.Par., juga memuji semangat mahasiswa berjibaku di kitchen saat final exam demi menampilkan kreasi masakan terbaiknya.

 

Penilaian tim juri tidak hanya fokus pada aspek tampilan dan kreativitas, melainkan juga dari aspek tekstur dan cita rasanya. Pasalnya, kreasi masakan yang ditampilkan itu paling tidak setara dengan tampilan makanan ala hotel berbintang atau restoran terkemuka, yang harus memenuhi Standard Operation Procedure (SOP) di industri perhotelan.

 

Di sela-sela penilaian oleh tim juri, Nazhifah Fairuz Syawal mengungkapkan, pada ujian praktik masak kali ini dirinya tertarik untuk mengangkat masakan tradisional khas Indonesia yang mengedepankan kearifan lokal saat masak Nasi Putih, Tenggiri Bumbu Merah yang tasty dan segarnya Sayur Bening Daun Kelor.


Mengonsumsi daun kelor yang dijuluki superfood itu khasiatnya luar biasa bagi kesehatan, Di antaranya untuk melawan radikal bebas, menurunkan kadar gula darah, mengurangi peradangan, menurunkan kadar kolesterol dan melindungi dari keracunan arsenik. Congratulations Bro & Sis! Amazing ….

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar