twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 07 November 2021

Dari Final Exam Hari Keempat di Laboratorium Praktik Culinary Graha Tristar Surabaya

Tim 1 Tampilkan Satu Set Menu Western Food untuk Jamuan Makan Siang ala Prasmanan dan Tim 2 Persembahkan Tiga Menu Masakan Khas Bali

 

PADA gelaran final exam hari keempat, Sabtu (09/10/2021) pagi, giliran enam mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas B-2 Pagi --terbagi dalam dua tim-- yang dibimbing Chef Lusiana, mempersembahkan dua kreasi masakan khas Bali (Indonesian Food) dan satu set menu Western Food (Continental Cuisines) yang lezat untuk Lunch Buffet. Kreasi masakan mahasiswa itu diapresiasi tim juri.

 

Tim 1 yang terdiri dari tiga personel, yakni Dhinar Ramadhaniar Pramestyaningrum, Rahardian Pambudi dan Tommy Juanda, harus berjibaku di Kichen Modern Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, demi menampilkan satu set menu Western Food (Continental Cuisines) untuk acara jamuan makan siang ala prasmanan (Lunch Buffet).

 

Satu set menu tersebut terdiri dari Meditteranean Salad (Appetizer), Ultimate Cream of Tomato Soup (Soup), Pan Fry Salmon with Sesame Spinach (Main Course) dan American Meat Ball (Dessert) yang tasty dan deliciously.

 

Selama bekerja di kitchen, Han Han, sapaan akrab Rahadian Pambadi berbagi tugas dengan rekannya dari Tim 1. ”Saya dan Dhinar kebagian jobs membuat Appetizer, Soup dan Main Course, sedangkan Tommy yang masak American Meat Ball  untuk Dessert-nya,” kata Han-Han, di sela-sela penjurian.

 

Ia bersama anggota Tim 1 kompak masak satu set menu Western Food (Continental Cuisines) setelah berkonsultasi dengan Chef Lusiana, Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Group, sepekan sebelum hari H pelaksanaan final exam.

 

Selama ujian praktik masak satu set menu untuk jamuan makan siang ala prasmanan tersebut, pihaknya harus bekerja ekstra mengingat durasi masaknya dibatasi tidak lebih dari 120 menit atau sekitar dua jam saja.

 

”Makanya manajemen waktu sangat krusial bagi kami saat berjibaku di kitchen sejak prepare bahan, proses memasak hingga mem-plating dan menyajikannya di meja display produk,” tandas Han-Han kepada kru www.sekolahmasak.info.

 

Sementara itu Tim 2 yang beranggotakan tiga mahasiswa Culinary Art Class, yakni Patricia Chandra, Nicholas Pascal Mailenzun dan Laurensia Lidwina Loekito, juga tampil all out di Kitchen Culinary 2 Lantai 3 Graha Tristar Surabaya demi mempersembahkan masakan khas Bali, yang terdiri dari Sate Lilit, Ayam Betutu dan Urap Kacang Panjang lengkap dengan Sambal Matah-nya

 

Selama proses penjurian, satu set menu Western Food untuk jamuan makan siang ala prasmanan (Lunch Buffet) yang ditampilkan tiga mahasiswa anggota Tim 1 dan masakan khas Bali persembahan dari Tim 2, langsung diapresiasi oleh tim juri yang terdiri dari Chef Ernawati, Chef Endang Sri Rahajoe dan Chef Dwi Mei Rertnowati.

 

Setidaknya ada tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan. Hasil kreasi masakan mahasiswa Culinary Art Class itu selain dikritisi juga diapresiasi tim juri, baik dari aspek penampilan, tekstur maupun cita rasanya.

 

”Kreativitas saat menyajikan hasil masakan di meja penjurian layak diapresiasi karena kreasi masakan itu sesuai dengan standar hotel berbintang. Secara overall saya cukup puas dengan keberanian anak-anak menampilkan kreasi terbaiknya di hadapan juri,” terang Chef Lusiana, di ruang kerjanya. Amazing! Good jobs Bro & Sis

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar