twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 23 November 2021

Aksi Heboh Gelaran Cooking Demo with Chef Ari Purwantoro di Graha Tristar Surabaya

Asyik! Dendeng Saus Padang with Tumis Pare Dihidangkan ala Makan Keroyokan di Warung Lesehan

 

SEBANYAK 14 mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas B-1 Pagi, antusias menghadiri Cooking Demo with Chef Ari Purwantoro bertema Dendeng Saus Padang with Tumis Pare yang lezat, di Laboratorium Praktik Culinary 1 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244, Kamis (18/11/2021) pagi. Demo masak yang diajarkan kepada mahasiswa ini materinya masih terkait dengan teknik pengolahan aneka kreasi masakan khas Indonesia.

 

”Dipilihnya menu masakan dari Sumatra Barat dalam gelaran cooking demo kali ini karena menu spesial tersebut tidak tersaji dalam Buku Ajar (Silabus) yang sudah dibagikan kepada mahasiswa. Harapan kami, mahasiswa Culinary Art Class tertarik mengikuti gelaran demo masak tersebut,” kata Chef Ari, sapaan akrab Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit, kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, pekan lalu.

 

Istimewanya lagi menu masakan ini juga biasa disajikan di restoran-restoran atau rumah makan Padang, yang tersebar hampir semua kota besar di Indonesia. Dendeng Saus Padang with Tumis Pare ini melengkapi menu di restoran Padang yang biasanya menyediakan Rendang Daging Sapi, Gulai Ikan, Kikil Sapi, Ayam Goreng Kremes, Opor Ayam.

 

Selain itu juga tersedia Ayam Bumbu Balado, Rempeyek Udang, Paru Goreng, Perkedel Kentang, Telur Dadar, Terong Balado, Cumi Bumbu Kare, Sambal Goreng Kentang Pete, Sambal Goreng Ampela Ati, Sambal Ijo Teri, Sayur Nangka Muda, Daun Singkong Rebus dan sebagainya.



 

Namun dalam penyajiannya kali ini, Chef Ari menghidangkan Dendeng Saus Padang with Tumis Pare itu ala makan keroyokan di sebuah warung lesehan. Tentu saja gaya penyajian seperti itu direspons mahasiswa yang hadir pagi itu dengan antusias. “Hmmm… seru bangetlah makan masakan Padang ini ala makan keroyokan di kitchen bersama teman-teman sekelas,” ujar Cynthia dan diamini mahasiswa yang lain.

 

Demi masak Dendeng Saus Padang with Tumis Pare (Indonesian Traditional Food) yang lezat ini, maka ada beberapa tahapan pekerjaan yang harus disiapkan. Tahapan pekerjaannya sendiri dimulai dengan membersihkan beef tenderloin lalu di-slice agar tipis dan di-simmer bersama salam leaf, garlic, ginger, whitepepper, coriander dan marinate.

 

”Beef tenderloin yang sudah selesai di-simmer dan dibumbui kemudian dipukul-pukul permukaannya sebentar baru digoreng di atas minyak panas (deep fry),” kata Chef Ari di hadapan anak didiknya yang meramaikan gelaran demo masak oleh master chef-nya langsung.

 

Setelah membuat Dendeng dari beef tenderloin, maka pekerjaan selanjutnya adalah membuat Saus Padang. Bahan untuk membuat saus yang satu ini terdiri dari red chili, garlic, shallot dan tomato lalu direbus dihaluskan menjadi bentuk paste kemudian di-sautee ditambahkan irisan buah petai, air dan dikasih seasoning secukupnya sampai sausnya mengental maka jadilah Saus Padang yang pedas-pedas enak.


Pekerjaan tahapan terakhir adalah membuat Tumis Pare. Sayur pare yang sudah dicuci dan dibersihkan dipotong memanjang untuk menghilangkan bijinya. Lalu di-slice ukuran 2-3 cm dimasukkan bowl dan dikasih air sedikit dan garam untuk menghilangkan getah (rasa pahitnya) dan diamkan beberapa lama sebelum dibilas dengan air sampai bersih.

 

Sebelum pare itu di-sautee, disiapkan bumbu pendukungnya lebih dulu seperti shallot, garlic, hot chili dan salty soya (semuanya sudah di-slice) kemudian ditumis sampai keluar aroma harus baru pare-nya dimasukkan bersama air dan seasoning tanpa ditambahkan gula.

 

Dalam cooking demo kali ini, Chef Ari Purwantoro sengaja tidak mem-plating masakan itu di atas piring layaknya penyajian makanan di hotel berbintang, melainkan dihidangkan langsung ala makan keroyokan di warung lesehan. Sensational! Amazing banget Bro & Sis …

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit di Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar