twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 16 November 2021

Memotret Keseruan Praktik Food Technology Applications Bersama Chef Ernawati

Mahasiswa Culinary Art Kelas B-1 Pagi Diajarkan Buat Jamur Crispy dan Economic Meat Ball yang Gurih

 

MAHASISWA Culinary Art Akpar Majapahit Kelas B-1 Pagi giliran diajarkan membuat Jamur Crispy dan Economic Meat Ball di Laboratorium Praktik Culinary 1, Lantai 3 Lantai Graha Tristar Surabaya, Kamis (11/11/2021) pagi. Selama praktik Food Technology itu mahasiswa disupervisi oleh Dosen Pengajar Food Technology Applications Tristar Group, Chef Ernawati M.MPar.

 

Sebanyak 13 mahasiswa Culinary Art Class yang hadir pada pertemuan pekan ketiga pagi itu dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan gender. Kelompok 1 (enam orang mahasiswa) praktik membuat Jamur Crispy (dengan tiga varian rasa, yakni Original, Balado dan BBQ), sedangkan Kelompok 2 (tujuh orang mahasiswi) diminta membuat Economic Meat Ball.

 

Sebelumnya Chef Ernawati sudah membekali anak didiknya seputar teknik membuat Sambal Kemasan (tatap muka pekan pertama) dan Kekian (pertemuan pekan kedua). Sementara itu pada tatap muka pekan terakhir, Kamis (18/11/2021), mahasiswa akan diajarkan cara membuat Chicken Nugget untuk industrial.

 

Resep untuk membuat dua olahan tersebut, menurut Chef Erna, sapaan akrabnya, menggunakan pendekatan skala home industry (industri skala rumahan). Dengan demikian, jika ada mahasiswa yang ingin membuka usaha sendiri di rumah, maka Anda dipersilakan untuk mengadopsi resep tersebut.

 

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kreasi Jamur Crispy (dengan tiga varian rasa, yakni Original, Balado dan BBQ) antara lain jamur tiram (dicuci sampai bersih lalu disuwir sesuai kebutuhan), terigu, maizena, icing sugar, perenyah makanan, baking soda, garlic powder, MSG, salt, water, oil (minyak goreng), kertas merang dan bumbu tabur aneka rasa (Balado dan BBQ).

 

Setelah jamur tiram dibumbui kemudian digoreng sampai matang yang ditandai dengan warna cerah kecoklatan. Untuk pengemasannya sendiri cukup ditaruh pada wadah dari plastik transparan berukuran @ 100 gram. Jamur Crispy rasa Original langsung dimasukkan wadah plastik transparan dengan ditambahkan satu sachet Chili Sauce dan satu sachet Mayonnaise.

 

Begitu juga dengan Jamur Crispy rasa Balado maupun Jamur Crispy rasa BBQ juga dikemas dalam wadah plastik transparan. Setiap kemasan @ 100 gram masing-masing ditambahkan satu sachet Chili Sauce dan satu sachet Mayonnaise.

 

”Jika ingin berkreasi lebih lanjut, silakan membuat kreasi Jamur Crispy rasa Balado di-mixed dengan bumbu tabur rasa BBQ. Campuran dua varian rasa dalam satu kemasan tentu menghasilkan sensasi rasa yang berbeda pula,” tandas Chef Ernawati kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, pekan lalu.

 

Tak mau kalah serunya dengan Kelompok 1, maka lima mahasiswa anggota Kelompok 2 juga harus berjibaku membuat Econimic Meat Ball. Praktik Food Technology Applications ini juga menitikberatkan pada pendekatan usaha skala rumahan (home industry), sekalipun praktiknya sendiri dilakukan di Laboratorium Praktik Graha Tristar. Sehingga, mahasiswa punya gambaran riil jika nantinya mereka ingin buka usaha sendiri di rumah.

 

Selain itu, Chef Erna juga menerangkan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik dasar membuat Econimic Meat Ball. Produk olahan dari daging sapi, fat non solid dan daging ayam yang di-mixed untuk dihaluskan bersama sejumlah bahan pendukung yang lainnya.

 

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Economic Meat Ball adalah chicken fillet fresh, fat non solid, beef kisi, phosmix, salt, ice cube, tapioca, sugar, pepper, MSG dan garlic powder. Semua bahan itu diolah dalam mesin food processor sampai halus, kemudian dipindahkan ke bowl, baru dibentuk bulat seukuran bola pingpong dengan cara manual pakai telapak tangan.

 

Bakso dengan Mie Kuah yang lezat. Pasalnya, selama praktik membuat Economic Meat Ball, anggota Kelompok 2 yang lain juga diminta memasak mie, membuat kuah bakso, bawang goreng, rajangan daun bawang dan sambal.

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar