twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 21 November 2021

Keseruan Aksi Cooking Battle di OOB Kitchen Maxone Hotels Surabaya Tidar

Lezatnya Spaghetti ala Sorsogon with Siomay Ayam Jamur dan Cantiknya tampilan Chicken Teriyaki Persembahan mahasiswa Tristar Group


UNTUK kali kesekian, OOB Kitchen Maxone Hotels Surabaya Tidar kembali menggelar Cooking Battle yang diikuti 20-an orang dari gabungan mahasiswa Culinary Art Tristar Samator dan mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar (member of Tristar Group). Kegiatan itu sendiri merupakan agenda utama dari kegiatan visit hotel mahasiswa Tristar Group ke Maxone Hotels Surabaya Tidar, Jumat  (12/11/2021) pagi.


Oleh Head Chef Maxone Hotels Surabaya Tidar, Eko Suryanto, 20 mahasiswa yang hadir pagi itu selanjutnya dibagi menjadi dua tim, masing-masing beranggotakan 10 orang. Setiap tim bebas menentukan menu apa yang dimasak demi suksesnya acara Cooking Battle tersebut.


Sedangkan bahan masakan berikut bumbunya dari A sampai Z sudah disiapkan pihak hotel di OOB Kitchen Lantai 2 Maxone Hotels Surabaya Tidar. Setelah masing-masing tim menentukan temanya, maka mereka baru prepare bahan masakan sesuai kebutuhan tim.


Tim 1 yang diketuai Christin Elvira, misalnya, sepakat untuk mengangkat menu Western Food yang dipadupadankan dengan masakan Asian Cuisines, maka terciptalah menu bertajuk Spaghetti ala Sorsogon with Siomay Ayam Jamur yang tasty.


Sedangkan Tim 2 yang dimotori Rizky Ramadhani, memilih untuk mengangkat tema masakan unggulannya yang diberi titel Chicken Teriyaki, salah satu menu masakan khas dari Negeri Sakura (Jepang), yang cukup populer di lidah orang Surabaya.


Kedatangan rombongan mahasiswa ke hotel bintang tiga di bawah manajemen Milestone Pacific Hotel Group itu, di dampingi Kaprodi D3 Perhotelan Tristar Group R. Paulus W. Soetrisno M.Par dan Dosen Pengajar Hygiene & Sanitation, K3 dan Stewarding Hardhita Kusdharyanto M.Par.


Sebelum berjibaku di kitchen, Chef Eko Suryanto memberi arahan singkat dengan menekankan teknik masak baik Western Food (Continental Cuisines) maupun Asian Cuisines yang sudah dipelajari di kitchen kampus, memilih dan memilah bahan masakan


Selain itu yang tidak kalah pentingnya bagaimana masing-masing tim menerapkan manajemen waktu dengan sebaik-baiknya. ”Pasalnya, dalam perhelatan kali ini kami hanya memberi batasan waktu 60 menit, sejak prepare bahan, proses memasaknya hingga mem-plating dan menyajikan hasil masakan itu di hadapan tim juri,” ujar Head Chef Maxone Hotels Tidar tersebut.


Tepat pukul 11.00 WIB, kedua tim sudah prepare di kitchen, demi masak Spaghetti ala Sorsogon with Siomay Ayam Jamur dan Chicken Teriyaki yang tasty dan deliciously. Selama berjibaku di kitchen, aksi seru mahasiswa itu tetap disupervisi oleh Chef Eko.


Kaprodi D3 Perhotelan Tristar Group R. Paulus W. Soetrisno dan Dosen Pengajar Hygiene & Sanitation, K2 dan Stewarding Hardhita Kusdharyanto juga memotivasi anak didiknya dari masing-masing tim untuk fokus tetap bekerja di kitchen sesuai job desk-nya masing-masing, demi membuat masakan yang terbaik sebelum dinilai tim juri.


Dalam hal ini, jiwa leadership masing-masing ketua tim juga diuji saat gelaran Cooking Battle di hotel berbintang tersebut. Bagaimana cara dia memimpin dan mengorganisasi anak buahnya agar proses memasak di kitchen tepat waktu, taste-nya masuk, teksturnya pun pas (tidak overcook atau undercook) dan tampilannya ciamik usai hasil masakan tersebut di-plating.


Setelah satu jam berjibaku di kitchen hotel, giliran tim juri yang terdiri dari Hotel Manager Maxone Hotels Surabaya Tidar Budi Setiono dan Chef Eko Suryanto yang menilai kreasi masakan yang ditampilkan Tim 1 dan Tim 2.


Spaghetti ala Sorsogon yang dipersembahkan Tim 1 mendapat pujian dari tim juri karena sudah layak untuk disajikan di hotel berbintang, sedangkan Siomay Ayam Jamur-nya yang digoreng dengan api sedang isi dalamnya masih sedikit kurang masak.


Sementara itu Chicken Teriyaki persembahan dari Tim 2 dinilai sudah mewakili untuk dihidangkan sebagai menu alternatif bagi pelanggan OOB Kitchen Maxone Hotels Surabaya Tidar. Cantiknya tampilan Chicken Teriyaki yang ditaburi biji wijen dan di-garnish dengan rajangan halus sayuran segar, menambahkan selera makan. Hmmm… sedapnya!


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di jaringan kampus Tristar Group dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar