twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 09 November 2021

Mahasiswa Pastry Art Class Akpar Majapahit Sukseskan Gelaran Baking Demo with Chef

Dari Kitchen Graha Tristar, Chef Yuni Kustianingsih Tampilkan Hurricane Roll Cake dan Bakpao Character nan Cantik

 

UNTUK kali kesekian, Kampus Akpar Majapahit (member of Tristar Group) menghadirkan seorang dosen tamu (Guest Lecturer). Kali ini giliran dosen tamu dari CV Sinar Agung Sidoarjo (produsen Tepung Premiks Serbaguna Putri Cinta), Chef Yuni Kustianingsih. Chef Yuni dihadirkan kali pertama pada gelaran bertajuk Baking Demo with Chef yang dihelat di Laboratorium Praktik Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Senin (08/11/2021) pagi.

 

Gelaran acara baking demo itu sendiri dibagi dua sesi. Sesi pagi, pukul 09.00-12.00, diikuti 25-an mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit (dua Kelas Pagi). Sedangkan Sesi Siang pukul 13.00-16.00, juga dihadiri 25-an mahasiswa Kelas Pastry Art Akpar Majapahit (dua Kelas Siang).

 

Oleh Chef Yuni, mahasiswa yang hadir pada Sesi Pagi diajarkan membuat dua kreasi produk pastry kekinian, yakni Hurricane Roll Cake dan Bakpao Character nan cantik, menarik dan enak rasanya. Dua kreasi produk pastry tersebut merupakan persembahan dari produsen Tepung Premiks Serbaguna Putri Cinta.

 

”Teknik membuat dua kreasi produk pastry itu yang sekarang kami share kepada mahasiswa. Kami juga mengajarkan bagaimana membuat produk pastry yang layak jual dan meraup untung sekalipun Anda baru merintis usaha skala rumahan atau home industry,” kata Chef Yuni di dampingi Chef Renny Savitri M.Par, Chef Sari Palupi M.MPar dan Chef Lusiana.

 

Sebanyak 25-an mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit yang hadir pada Sesi Pagi berasal dari Kelas Pagi (Kelas A-1 dan A-2). Mahasiswa Pastry Art Class itu sehari-hari diasuh oleh Chef Lusiana dan Chef Renny Savitri M.Par.

 

Selama baking demo tersebut, mahasiswa Pastry Art Class diajarkan sekaligus praktik langsung bagaimana teknik membuat dua kreasi produk pastry yang tampilannya cantik, menarik dan enak tentunya.

 

Untuk memudahkan dan mempercepat pekerjaan di kitchen, Chef Yuni, sapaan akrab Dosen Tamu dari CV Sinar Agung Sidoarjo itu membagikan panduan singkat tentang cara membuat dua resep produk pastry kepada mahasiswa. Chef Yuni bersama timnya dan 25-an mahasiswa Pastry Art Kelas Pagi, sudah prepare di Laboratorium Praktik Patisserie 1 Lantai 2 Graha Tristar sejak pukul 09.00 WIB.


Ketika demo membuat dua kreasi produk pastry itu, Chef Yuni menerangkan apa saja bahan dan peralatan yang dibutuhan, tahapan pekerjaan dan memprosesnya hingga dua kreasi produk pastry tersebut siap untuk di-garnish dan disajikan di atas meja uji.

 

Pekerjaan tahap pertama menyiapkan bahan untuk membuat Hurricane Roll Cake. Bahan A (untuk membuat cake) terdiri dari telur, garam, Tepung Premiks Serbaguna Putri Cinta, susu bubuk, baking powder, SP, pasta coklat dan mentega asin. Sedangkan Bahan B untuk filling-nya meliputi krim kental dan dark cooking chocolate.

 

Cara membuat Hurricane Roll Cake adalah sebagai berikut: (1). Untuk membuat filling-nya, panaskan krim kental. Tambahkan potongan dark cooking chocolate. Aduk sampai coklat larut. Dinginkan. Kocok sampai lembut. Sisihkan..

 

Selanjutnya (2). Untuk membuat cake-nya sendiri, kocok semua bahan kecuali mentega dan coklat pasta, sampai mengembang. (3). Masukkan mentega asin sambil diaduk perlahan. (4). Bagi dua bagian, beri salah satu dengan pasta coklat, aduk sampai rata.

 

Pekerjaan berikutnya, (5). Tuang adonan putih di loyang ukuran 30x25x3 cm yang telah diolesi margarin dan di atas kertas roti. Tuang adonan coklat di atas adonan putih. Bentuk motif ala batik.


(6). Oven dengan api bawah suhu 190*C selama 20 menitan hingga matang. (7). Oles cake itu dengan bahan isi. Gulung dan padatkan. Pekerjaan terakhir, (8). Topping. Panaskan krim kental. Tambahkan potongan dark cooking chocolate. Aduk sampai coklat itu larut.


Resep produk pastry yang kedua, mahasiswa diajarkan membuat Bakpao Character. Bahan untuk membuat Bakpao Character ini meliputi Tepung Premiks Serbaguna Putri Cinta, ragi instan, bread improver, susu bubuk, gula, telur, susu UHT, air dingin, margarin putih dan garam.


Cara membuatnya: (1). Kulit, campur rata Tepung Pemiks Serbaguna Putri CInta, ragi instan, bread improver, susu bubuk, gula dsn telur. Masukkan susu UHT dan air es. Uleni sampai rata.


Langkah selanjutnya (2). Tambahkan mentega putih dan garam. Uleni sampai adonan elastis (kalis). Diamkan selama 30 menitan. (3). Timbang adonan masing-masing 50 gram. Bulatkan (atau bisa juga dibentuk satwa seperti kura-kura, karakter bunga, mawar). Letakkan di atas kertas Bakpao. Diamkan sekitar 30 menitan hingga mengembang.

 

Pekerjaan terakhir, (3). Kukus di atas api sedang selama 10 menitan hingga matang. Dua produk tersebut lalu di-plating dan di-garnish sedemikian rupa agar tampilannya tampak cantik, menarik dan berkelas.saat disajikan di atas meja display produk. Good jobs Chef! Congratulations

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga.  (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar