twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 17 Juni 2022

Aksi Ciamik Mahasiswa Praktik Entrepreneur di Kitchen Modern Food University Surabaya


Mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar A Class Antusias Buat Takoyaki Mentai yang Gurih Bersama Chef Vivi

 

CAMILAN khas dari Negeri Sakura (Jepang), Takoyaki with Mentai Sauce (Takoyaki Mentai) yang kini populer di Indonesia, menjadi pilihan Chef Vivi Liong, Dosen Pengajar Pastry Art Class Tristar Manyar (member of Tristar Group), dalam gelaran praktik masak di Kitchen Modern 1, Lantai 1 Food University Indonesia Jl. Raya Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya, Kamis (09/06/2022) pagi.


Sedikitnya delapan dari 10 mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Kelas A hadir untuk meramaikan perhelatan tersebut. Sebelum bekerja di kitchen, mahasiswa Pastry Art Class Tristar Manyar dibekali pengetahuan singkat tentang Takoyaki yang legendaris itu oleh Chef Vivi, sapaan karibnya.


Takoyaki adalah makanan ringan khas Jepang yang berbentuk bulat dengan isian daging gurita. Terbuat dari adonan tepung terigu yang dimasak dengan alat pemanggang khusus, Kemudian disajikan dengan sauce, mayonnaise dan topping-nya berupa katsuobushi atau serutan daging ikan kayu.


Menurut fakta sejarahnya, jajanan khas dari Jepang ini kali pertama dibuat oleh Tomekichi Endo pada tahun 1935-an di Osaka. Karena itu, Takoyaki dikenal sebagai ikon kota Osaka. Sejak pertama kali dibuat hingga saat ini, camilan berasa gurih (savoury taste) yang satu ini tetap populer. Bahkan gerai Takoyaki selalu ada di setiap festival di Jepang.


Itulah sebabnya Takoyaki mendapat julukan Festival Food. Kepopuleran Takoyaki tidak hanya di Negeri Matahari Terbit, melainkan juga telah merambah hingga ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia.


Nama Takoyaki sendiri juga diambil dari dua kata dalam Bahasa Jepang, Tako yang merujuk pada gurita dan yaki yang berarti dipanggang atau digoreng. Biasanya Takoyaki disajikan dengan sauce, mayonnaise dan tambahan lain seperti nori, katsuobushi dan daun bawang untuk topping-nya.


Berangkat dari realitas tersebut, maka mahasiswa Pastry Art Class Tristar Manyar pun diberi kesempatan untuk membuatnya di Kitchen Modern Food University Indonesia sebagai materi praktik hang on, dengan disupervisi langsung oleh Chef Vivi.


Kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, Chef Vivi mengatakan, dalam praktik kali ini pihaknya mengangkat materi praktik Takoyaki Mentai. Camilan tradisional khas Jepang yang belakangan populer di Indonesia, khususnya Surabaya ini karena disuka banget oleh komunitas muda generasi millennial.


Untuk membuat Takoyaki Metai yang gurih, tahapan pekerjaan pertama adalah membuat skin-nya yang bahannya meliputi dashi (chicken stock), egg, sugar, baking powder, totole, soy sauce, pepper, segitiga flour, instant seasoning flour, corn starch dan milk powder. Sementara itu untuk membuat dashi-nya sendiri dengan memanfaat katsuobushi yang di-boil dalam 1,6 liter water.


Sedangkan pekerjaan tahap berikutnya adalah membuat filling-nya. Bahannya terdiri dari baby octopus (di-boil lebih dulu dan diiris cube), crab stick, (diiris cube), smoked beef (di-slice bentuk cube), carrot (di-boil lalu diiris small cube), green onion (di-chop lebih dulu) dan mozzarella cheese (diiris bentuk cube).


Tahapan pekerjaan terakhir adalah menyiapkan Mentai Sauce. Untuk membuat saus istimewa ini bahan-bahannya terdiri atas mayonnaise, chili sauce, tomato sauce, condensed milk, totole, sesame oil dan tobiko yang di-mix bareng semuanya. Untuk bahan taburan sebagai topping-nya, Anda siapkan juga katsuobushi atau bonito flakes.


”Sekarang giliran untuk mem-plating lalu meng-garnish-nya agar tampilan Takoyaki Mentai betul-betul keren saat disajikan di meja display produk,” tandas Chef Vivi Liong seraya memberikan sentuhan akhir pada tampilan Takoyaki itu dengan menggunakan smoked gun, di hadapan anak didiknya. Good jobs! Chef. The most incredible ....


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar