twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 05 Juni 2022

Asyiknya Mahasiswa Praktik Entrepreneur di Kitchen Modern Food University Surabaya


Wow! Legitnya Tiga Kreasi Kue Mochi Kekinian Persembahan Mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar B Class



SEBANYAK 10-an mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar (Trestelle Accademia Pasticceria) Kelas B, antusias mengikuti praktik Entrepreneur demi membuat tiga kreasi kue Mochi kekinian yang cantik nan legit bersama Chef Vivi Liong. Praktik membuat kue tradisional dari Negeri Sakura (Jepang) itu dihelat di Kitchen Modern 1 Lantai 1 Food University Indonesia Jl. Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya, Kamis (02.06/2022) pagi.


Sebelum bekerja di kitchen, mahasiswa Pastry Art Class Tristar Manyar dibekali pengetahuan singkat dari sejarah kue Mochi yang legendaris itu oleh Chef Vivi Liong. Di Jepang, tempat asalnya kue Mochi, biasa disajikan untuk Perayaan Tahun Baru bagi para bangsawan Jepang selama perionde Heian, sekitar tahun 784-1185 silam.


Mochi sendiri berasal dari kata kerja motsu, artinya untuk menahan atau memiliki, yang menandakan bahwa Mochi adalah makanan yang diberikan oleh para dewa, dalam kepercayaan ajaran Shintoisme di Jepang.


Mochi adalah kue tradisional dari Jepang yang berbuat dari tepung beras ketan, ditumbuk sehingga lembut dan lengket, kemudian dibentuk menjadi bulat. DI negara asalnya, kue ini sering dibuat dan dimakan pada saat perayaan tradisional Mochitsuki atau Perayaan Tahun Baru Jepang.


Kue basah ini dijual dan dapat diperoleh dengan mudah toko-toko kue. Mochi memiliki rasa khas, yaitu lembut saat pertama kali dimakan dan lama kelamaan menjadi lengket. Belakangan, kudapan ini cukup populer di Indonesia. Bahkan kerap dijadikan oleh-oleh di beberapa kawasan seperti Semarang dan Sukabumi.


”Kue mochi sekarang mudah didapatkan di toko pusat oleh-oleh di Surabaya dan sekitarnya. Harganya pun cukup bervariasi antara Rp 25.000-Rp 40.000-an isi 6-10 per package,” kata Chef Vivi kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, akhir pekan lalu.


Selama praktik Entrepreneur di Kitchen Modern 1, Lantai 1 Food University Indonesia, Kamis (02/06/2022) pagi, mahasiswa Pastry Art Class Tristar Manyar diajarkan Chef Vivi cara membuat tiga kreasi Mochi kekinian nan cantik dan legit, yakni Peanut Mochi dan Ice Cream Mochi (keduanya dibuat dengan teknik Steam), sedangkan Chocolate Mochi dibuat tanpa menggunakan teknik pengukusan atau No Steam).


Setelah tiga kreasi Mochi itu jadi, masing-masing di-garnish sedemikian rupa agar tampilannya semakin cantik, menarik dan berkelas. ”Mengingat materi yang saya ajarkan ini terkait dengan praktik Entrepreneur, maka mahasiswa pun saya tugaskan untuk menyiapkan kemasan Mochi tersebut semenarik mungkin agar tambah keren tampilannya,” tandasnya. Good jobs! Chef. Very very impressive ....

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar