twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 27 Juni 2022

Aksi Ciamik Mahasiswa Masak Satu Set Menu di Kitchen Plaza Segi Delapan Surabaya Barat


Mahasiswa Tristar Cruise Tampilkan Makanan Khas dari Jepang, Korea dan Thailand yang Tasty pada Gelaran Fine Dining Bertajuk Taste of Asia 

 

GILIRAN mahasiswa Tristar Cruise A Class yang berkampus di Kampus D Plaza Segi Delapan Sukomanunggal, Surabaya Barat, menggelar acara Fine Dining kali ketiga bertajuk Taste of Asia yang dikemas layaknya jamuan makan resmi di hotel berbintang atau kapal pesiar mewah, Selasa (07/06/2022) malam. Mahasiswa Cruise A Class tersebut sehari-hari diasuh Chef Lusiana dan Chef Suhendra Hardja, Dosen Pengajar Tristar Cruise International Training Centre (member of Tristar Group).


Gelaran Fine Dining di Asian Cuisines International Restaurant tersebut, di-set up sedemikian rupa sehingga penataannya terkesan elegan dan berkelas, dengan berhias pernak pernik khas restoran yang menyajikan satu set menu lengkap masakan Asian Cuisines dengan tampilan mewah dan superlezat rasanya.


Penataan meja yang terkesan mewah untuk acara fine dining itu wajib hukumnya karena disesuaikan dengan kehadiran 12-15 orang tamu (undangan) berstatus Very Important Person (VIP) yang menuntut pelayanan spesial dan memuaskan tentunya.


Penataan meja makan untuk perhelatan fine dining itu pun dipercayakan kepada Ahmad Hidayat sebagai General Manager (GM) dan didukung lima personel waiters/waitress dari Department Food & Beverage Service (FBS), Mereka mengenakan busana khas ala Asian Cuisines International Restaurant. Sedangkan kru kitchen-nya sendiri sebanyak tujuh orang, yang dimotori langsung oleh Head Chef, Patricia.


Patricia, sapaan akrab mahasiswa Tristar Cruise A Class bersama lima anggota timnya harus berjibaku di hot kitchen Asian Cuisines International Restaurant demi membuat Honey Lime (Welcome Drink), Yakitori (Live Cooking), Soba Salad (Appetizer), Kimchi Jjigae (Soup), Deconstructed Bibimbap (Main Course) dan Deconstructed Khanom Bueang (Dessert).


Menurut Patricia, Honey Lime untuk Welcome Drink ini memanfaatkan telasih, perasan jeruk nipis dengan madu sebagai pengganti simple syrup Cita rasa minuman yang freshty itu terasa banget apalagi jika ditambahkan dengan ice cube + di-garnish agar tampilannya semakin keren.


Sedangkan untuk Welcome Snack-nya sendiri, tim kitchen mempersembahkan Yakitori yang gurih rasanya lewat aksi live cooking yang atraktif di hadapan tamu. Yakitori sendiri adalah sate ayam ala Jepang yang dibumbui dengan saus Yakitori yang gurih atau dibumbui garam Kushiyaki berpadu dengan baik bersama bubuk cabe Shicimi.


Soba Salad adalah salah satu menu masakan populer dari Negeri Matahari Terbit (Jepang) yang biasa disajikan sebagai menu pembuka (Appetizer). Orang mengenal Soba Salad dengan sebutan Japanese Soba Salad.


Langkah pertama adalah membuat Ponzu Dressing. Bahannya meliputi kecap asin, air jeruk nipis, cuka beras, air, gula, minyak wijen, jahe, bawang putih di-blend hingga tercampur merata. Pindahkan ke dalam mangkuk, lalu tambahkan kaldu jamur dan taburi biji wijen secukupnya dan aduk rata.


Sedangkan untuk isiannya sendiri terdiri dari timun Kyuri (timun khas Jepang), soba buckwheat, wakame dan wortel. Didihkan air, masak soba hingga matang. Bilas dengan air dingin. Rendam wakame dengan air matang dan tiriskan lalu potong. Siapkan sayuran, potong sesuai selera. ”Cara penyajiannya agar tampak keren,  susun isian salad ke dalam mangkuk, lalu tuang ponzu dressing. Japanese Soba Salad pun siap dihidangkan kepada tamu,” ujarnya.


Sedangkan untuk sajian soup-nya sendiri menampilkan Kimchi Jjigae (Soup). Sup khas dari Negeri Ginseng (Korea) itu dipilih sebagai salah satu menu untuk hidangan Fine Dining bertajuk Taste of Asia. Sup Kimchi yang sehat ini dipilih karena banyak memanfaatkan sayuran seperti daun bawang, bawang Bombay, wortel, jamur, telur, keju, dangnyeon, ramyeon dan kaldu daging sapi. Kimchi sendiri merupakan fermentasi sawi putih atau sayuran apapun. Kimchi punya rasa asam, manis serta pedas yang khas.


Sementara itu menu Main Course-nya adalah Deconstructed Bibimbap. Salah satu menu utama andalan Asian Cuisines International Restaurant ini berupa sajian nasi putih yang diberi topping sayuran dan potongan Beef, lalu diberi saus gochujang dan telur ceplok (telur dadar) dan ditaburi biji wijen yang sudah disangrai. Masakan populer dari Korea ini cocok banget jika ditampilkan sebagai hidangan istimewa dalam jamuan makan malam.


Sedangkan menu penutupnya sendiri adalah Crepes ala Thailand, yakni Deconstructed Khanom Bueang. Crepes (seperti Kue Leker di Indonesia) kekinian yang krispi banget  karena Crepes ini tidak menggunakan tepung biasa melainkan memanfaatkan tepung yang terbuat dari kulit telur yang dihancurkan, tepung hunkwee dan tepung beras. Deconstructed Khanom Bueang ini pas banget jika disajikan hangat dan tentunya demi menyempurnakan suasana fine dining. Good jobs! Bro & Sis. Congratulations


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Tristar Cruise International Training Centre (member of Tristar Group) di Gedung Graha Tristar, silakan menghubungi Tim Marketing di Front Office (FO) Tristar Group, Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar