twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 21 Juni 2022

Melihat Kehebohan Mahasiswa Belajar Bartending di MaxOne Hotels Surabaya Tidar


Mahasiswa Culinary Art Tristar Samator Sukses Racik Melon Sparkling dan Black Sunkist di Loveshack Sky Bar


DUA orang mahasiswa Culinary Art Class Tristar Samator (member of Tristar Group), Jessica Novanti dan Alfia Nur Rofida, sukses meracik dua minuman nonalkoholik (mocktail), yakni Melon Sparkling dan Black Sunkist yang sehat dan menyegarkan, di Loveshack Sky Bar Lantai 7 MaxOne Hotels Surabaya Tidar, Kamis (09/06/2022) sore.


Aksi heboh dua mahasiswa itu saat mereka tampil meracik dua kreasi mocktail yang diapresiasi langsung oleh Kasiadik Food & Beverage Manager (FBM) MaxOne Hotels Surabaya Tidar dan Supervisor Loveshack Sky Bar, Nur Halim, saat mendampingi mahasiswa Tristar Samator praktik meracik minuman (Bartending) di Loveshack Sky Bar MaxOne Hotels Jl. Tidar No. 5 Surabaya.


Untuk meracik minuman Melon Sparkling, misalnya, Jessica Novanti menggunakan shacking method. Resep mocktail tersebut terdiri dari melon syrup, yakult, sprite (soda) dan ice cube. Sedangkan giliran saat meracik Black Sunkist, Alfia Nur Rofida memakai puring method. Untuk meracik minuman segar yang satu ini, resepnya meliputi espresso, sunkist syrup, simple syrup, soda dan ice cube.


Aksi dua mahasiswa Culinary Art Class Tristar Samator saat meracik dua minuman sore itu, disemangati oleh delapan orang rekannya yang juga tampak antusias mengikuti kunjungan industri demi belajar bartending di hotel berbintang. Rombongan mahasiswa Tristar Samator itu di dampingi Kaprodi D3 Perhotelan Tristar Group R. Paulus W. Soetrisno M.Par.


Selama tampil membuat dua resep mocktail tersebut di Loveshack Sky Bar MaxOne Hotels Surabaya Tidar, mahasiswa Culinary Art Class Tristar Samator tersebut urunan membeli bahan-bahan sendiri sesuai resep yang telah diajarkan oleh Dosen Pengajar Bartending Tristar Group secara online.


“Selain itu mereka juga diminta belajar menghitung beverage cost atas minuman yang dibuatnya itu. Berapa harga pokok produksi (HPP), selling price dan margin-nya. Normalnya margin tersebut berkisar antara 30-35 persen, Kalau margin-nya di atas 40 persen, saya kira terlalu tinggi,” terang Halim di hadapan mahasiswa Tristar Samator.


Nur Halim pun lalu mencontohkan saat dirinya demo meracik minuman Virgin Blood di hadapan mahasiswa Tristar Samator. Mocktail yang disuka kaum perempuan itu hanya dibandrol Rp 35.000++ atau tepatnya Rp 42.350. Untuk meracik Virgin Blood dengan metode mudler lalu di-shack tersebut, bahan yang dibutuhkan terdiri dari strawberry, crumberry juice, strawberry syrup dan ice cube.


Sebelum demo membuat Virgin Blood, Nur Halim berkesempatan mempresentasikan Beverage Basic Knowledge. Supervisor Loveshack Sky Bar MaxOne Hotels Surabaya Tidar itu menjelaskan sejarah bar, jenis bar, organisasi bar atau struktur organisasi bar, sejumlah peralatan di bar dan penggunaannya hingga cara meracik minuman sesuai standar industri perhotelan.


Ia juga me-refresh kembali ingatan mahasiswa tentang Beverage Basic Knowledge yang sudah diajarkan kepada mahasiswa di bangku kuliah, mulai Alcoholic Beverage, dan Non-Alcoholic Beverage.


Halim, sapaan akrab Nur Halim, juga menyinggung tentang cara pembuatan dan aneka jenis minuman beralkohol (Alcoholic Beverage) yang beredar di pasaran sampai saat ini, mulai Beer, Layer Beer, Stout, Pilsener, Wine, Aromatized Wine hingga macam-macam Spirit.


Masih menurut Halim, ada lima Basic Spirit yang hampir selalu tersedia di bar-bar termasuk di Loveshack Sky Bar MaxOne Hotels yakni Vodka, Rum, Triplesec, Tequila dan Gim. Pasalnya, Basic Spirit itu merupakan bahan utama bagi seorang Bartender ketika meracik minuman beralkohol (cocktail) yang dipesan tamu. Good jobs! Bro & Sis. Congratulations …


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class Tristar Samator (member of Tristar Group), silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group di Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar