twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 20 Juni 2022

Memotret Mahasiswa Pastry Art Class Tristar Manyar Praktik Teknik Hiasan Karamel Kekinian


Demi Percantik Tampilan Cakes, Chef Ita Ajarkan Cara Buat Enam Kreasi Caramel Art yang Superkeren



SETELAH dibekali materi praktik Pastry Art di Kitchen Modern Food University Indonesia Jl. Raya Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya, giliran sekarang 11 orang mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar (member of Tristar Group) B Class dikenalkan Teknik Hiasan Karamel (Caramel Art) kekinian oleh Dosen Pengajar Pastry Art Class Chef Ita Suhervin.

 

Secara umum pengertian Karamel adalah gula-gula yang terbentuk dari proses karamelisasi sehingga menghasilkan cairan lengket berwana krem sampai cokelat gelap. Karamel kadang terbentuk ketika memasak permen.

 

Karamel juga dapat digunakan sebagai perisa dalam pudding dan berbagai hidangan penutup (dessert), sebagai isian permen atau cokelat atau sebagai topping es krim atau hidangan custard.

 

Karamel terbentuk dengan memanaskan gula pada suhu 170*C (338*F). Ketika gula meleleh dan mendekati suhu tertingginya, molekulnya memecah dan berubah menjadi cairan lengket berwarna cokelat. Berbagai variasi permen, gula-gula dan hidangan penutup menggunakan karamel, contohnya adalah sebagai tambahan pada permen kacang, seperti praline, nougat atau brittle.

 

Sedangkan pewarna karamel sendiri adalah cairan gelap tanpa gula, yang terkonsentrasi dan merupajan hasil mendekati karamelisasi total yang digunakan untuk kebutuhan komersial dan industrial. Beberapa produk minuman cola menggunakan pewarna karamel dan juga sebagai pewarna makanan.

 

Karamel juga merujuk pada permen halus, keras atau kunyah dengan rasa karamel. Permen karamel dibuat dengan merebus susu, gula, mentega, vanilla essence, water dan glucose atau corn syrup. Permen karamel tidak bisa dipanaskan pada tingkat bola halus atau melebihi 120*C (248*F). Permen seperti ini kadang disebut karamel susu.

 

Mahasiswa Pastry Art Class itu diajarkan membuat enam resep cakes yang dipercantik dengan sentuhan Caramel Art dalam dua kali pertemuan. Chef Ita juga menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang aneka hiasan karamel dan proses aplikasinya dalam suatu produk pastry.

 

Pada tatap muka hari pertama, Selasa (07/06/2022) pagi, misalnya, Chef Ita Suhervin membekali anak didiknya cara membuat Gateaux Saint Honore, Sugar Comb Cake, dan Croquembuche yang cantik dan elegan penampilannya.

 

Sedangkan pada pertemuan hari terakhir, Kamis (09/06/2022) pagi, mahasiswa Pastry Art B Class kembali diajarkan teknik membuat empat kreasi hiasan Caramel Art yang berbeda, yakni Mocha Crème Tartlet with Spun Sugar, Dobos Torte dan Brandy Snap Cup yang superkeren.

 

Antusiasme mahasiswa membuat tiga kreasi Caramel Art yakni Mocha Crème Tartlet with Spun Sugar, Dobos Torte dan Brandy Snap Cup yang superkeren pada praktik hari terakhir ditujukkan sejak mereka membuat hingga meng-garnish tiga kreasi Caramel Art tersebut di Kitchen Modern 2, Lantai 2 Food University Indonesia.

 

Untuk membuat Mocha Crème Tartlet with Spun Sugar, misalnya, mahasiswa mesti menyiapkan pekerjaan pertama membuat Chocolate Sugar Dough. Bahannya terdiri dari margarine, butter, icing sugar, medium flour, milk powder, egg dan chocolate paste.

 

Selain menyiapkan Chocolate Sugar Dough, mahasiswa juga diminta untuk membuat Mocha Cheese Cream-nya. Bahannya sendiri meliputi cream cheese, icing sugar, egg yolk, gelatine powder, cold water, fresh cream (whipped) dan mocha paste.

 

Pekerjaan terakhir sebelum menghias Mocha Crème Tartlet with Spun Sugar adalah menyiapkan Toffee-nya di mana bahannya terdiri dari sugar dan water. Untuk membuat karamel yang berwarna kecoklatan itu butuh perhatian ekstra agar tidak sampai overcook alias kegosongan dengan warna kehitaman. ”Biasanya karamel yang overcook tidak elok untuk hiasan cakes,” ujar Chef Ita memberikan tips kepada anak didiknya. Good jobs! Bro & Sis. Amazing …

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Manyar (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar