twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 06 Juni 2022

Melihat Keseruan Gelaran Baking Demo di Kitchen Patisserie 1 Lantai 2 Graha Tristar Surabaya


Mahasiswa Baru Pastry Art Class Antusias Belajar Teknik Layer Dough Bersama Chef Hadi dari Bogasari

 

SEKITAR 35 orang mahasiswa baru Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi, Kelas A-2 Pagi dan Kelas A-1 Siang, antusias menyukseskan gelaran Baking Demo Teknik Pengolahan Adonan Berlapis (Layer Dough) bersama Chef Hadi dari Bogasari, di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya, Selasa (31/05/2022) pagi.

 

Keseruan gelaran baking demo di Kitchen Patisserie 1 Lantai 2 Graha Tristar Surabaya, pagi itu, semakin lengkap dengan hadirnya tiga orang Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit (member of Tristar Group), yakni Chef Dwi Mei Retnowati, Chef Renny Savitri dan Chef Sari Palupi, yang mendampingi anak didiknya.

 

Di hadapan mahasiswa baru Pastry Art Class Akpar Majapahit, Chef Hadi menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang produk adonan berlapis serta metode-metode yang ada. Dengan menguasai teknik pengolahan adonan berlapis (layer dough), maka Anda bisa membuat aneka kreasi Croissant, Danish dan Puff Pastry yang cantik, menarik dan berkelas.

 

Untuk membuat kreasi Croissant, misalnya, Anda bisa mengembangkannya menjadi Sausage Croissant, Mushroom Croissant, Cheese Croissant, Croissant Sandwich yang keren penampilannya. Sedangkan dari kreasi Danish, Anda bisa membuat Raisin Cinnamon Danish, Danish Square, Danish Pocket dan Danish Peach.

 

Ketika membuat Raisin Cinnamon Danish, Danish Square, Danish Pocket dan Danish Peach skala industrial maupun usaha rumahan, Chef Hadi pun mengingatkan agar Anda juga memperhatikan step by step cara membuatnya agar hasilnya sesuai ekspektasi.

 

Selain Croinssant dan Danish, masih ada kreasi produk olahan adonan berlapis yakni Puff Pastry yang cantik dan elegan. Dari hasil mengkreasi Puff Pastry ini, maka Anda bisa mengembangkannya lagi menjadi Prawn in Puff, Fruit Railways, Cream Horn dan Picnic Roll.


Sementara itu demi memudahkan pekerjaan di kitchen, adonan untuk membuat aneka kreasi produk adonan berlapis (layer dough) tersebut, sebaiknya juga di-blender jadi satu hingga kalis sebelum diproses lebih lanjut.

 

Langkah tersebut demi mempercepat pekerjaan di kitchen, mengingat untuk membuat croissant butuh minimal tiga kali nge-roll adonan yang sudah kalis dan tiga kali pendinginan di mesin chiller, sebelum adonan (yang dibentuk seperti persegi atau oval) itu ditaruh di mesin pengembang kue (proofer) selama 45 menitan dan akhirnya di-bake (mesin pengovenan) pada suhu 160 *C selama 20-25 menit.

 

Dalam kesempatan itu, Guest Lecturer dari Bogasari juga memberikan beberapa tips agar produk adonan berlapis yang dibuat tersebut hasilnya memuaskan. Pertama, teknik membuat adonan per layer-nya harus benar-benar kalis.

 

Kedua, mengingat adonan itu mengandung unsur fermentasi (menggunakan bahan yeast), maka treatment-nya pun harus di-proofer dulu selama 45-60 menit agar adonannya mengembang sempurna, sebelum produk adonan berlapis itu di-oven pada suhu sekitar 160 *C selama 20-25 menitan.

 

Masih menurut Chef Hadi, sebelum aneka kreasi adonan berlapis itu di-proofer sampai mengembang sempurna baru di-bake di dalam mesin oven, sebaiknya permukaan atas Croissant, Danish atau Puff Pastry itu diolesi dengan egg wash agar tampilannya jadi mengkilap seusai proses pengovenan.

 

Sementara itu, demi mengikuti trend industry cake & bakery di era millennial saat ini, mahasiswa baru Pastry Art Class juga dikenalkan cara mengoperasikan mesin Dough Sheeter, mesin penipis adonan layer dough yang biasa dipakai pengusaha cake & bakery.

 

”Keunggulan mesin ini membuat adonan berlapis itu lebih stabil (ketebalannya merata) daripada nge-roll dengan tangan secara manual. Pasalnya kalau nge-roll pakai tangan selain bisa capek juga ketebalannya tidak rata,” terang Chef Hadi kepada mahasiswa baru Pastry Art Class Akpar Majapahit. Good jobs! Chef. Very very nice

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, , 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar