twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 13 Juni 2022

Aksi Ciamik Mahasiswa Praktik Masak Indonesian Cuisines Bersama Chef Ardi Santoso


Lezatnya Sup Sosis, Ayam Kecap dan Ayam Goreng Saus Lemon, Menu Spesial untuk Hidangan Makan Siang

 

PADA pertemuan hari kedua praktik masak Indonesian Cuisines, Selasa (07/06/2022) pagi, Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit, Chef Ardi Santoso, berbagi ilmu teknik masak tiga menu spesial untuk hidangan makan siang, yakni Sup Sosis, Ayam Kecap dan Ayam Goreng Saus Lemon. Praktik masak yang dihelat di Kitchen Culinary 1 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya dihadiri 11 mahasiswa Culinary Art Kelas A-1 Pagi.

 

Sajian makanan Sup Sosis ini merupakan salah satu kreasi sup yang sudah tidak asing lagi bagi lidah masyarakat. Cara memasaknya yang relatif gampang dan tidak bikin ribet, tentu banyak disuka karena kepraktisannya saat dihidangkan di atas meja.

 

Menu favorit ini juga diajarkan kepada mahasiswa untuk dijadikan materi praktik masak di Graha Tristar Surabaya. Bahan yang dibutuhkan untuk masak Sup Sosis pun cukup simpel yakni garlic, beef sausage, potato, green bean, carrot, celery, chicken stock (kaldu ayam), salt dan pepper.

 

Sedangkan menu masakan kedua adalah Ayam Kecap, yang sudah melegenda. Cita rasa Ayam Kecap yang sedikit agak manis cukup familiar di lidah pecinta kuliner. Tak salah jika orang bilang Ayam Kecap pas banget jika disandingkan dengan Sup Sosis dan Ayam Goreng Saus Lemon lengkap dengan Nasi Putih-nya untuk hidangan makan siang.

 

Untuk membuat Ayam Kecap yang lezat, bahan yang diperlukan terdiri dari broiler chick, garlic, ginger, red chili, sweet soy sauce, sugar, Chinese wine dan sesame oil. Sementara itu bahan untuk masak Ayam Goreng Saus Lemon sendiri adalah chicken, salt & pepper dan sugar.

 

Ketika masak Ayam Goreng Saus Lemon yang crispy, jangan lupa menyiapkan bahan untuk membuat Batter-nya lebih dulu, yakni egg white, tapioca, rice flour, custard powder, flour, baking powder dan water.

 

Selain prepare demi membuat Batter-nya, mahasiswa Culinary Art Kelas A-2 Pagi juga diminta oleh Chef Ardi untuk membikin Saus Lemon (Lemon Sauce). Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Saus Lemon adalah lemon fruit, water, yellow color dan sugar.

 

Tiga menu untuk hidangan makan siang tersebut juga dilengkapi dengan Nasi Putih, yang saat praktik tersebut berasnya juga sudah ditanak sebelumnya oleh mahasiswa di Kitchen Culinary 1, Lantai 3 Graha Tristar Surabaya.

 

Setelah semua menu masakan sudah jadi, selanjutnya dua tim mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 diminta untuk mem-plating ketiga menu makan siang tersebut sesuai kreasinya masing-masing.

 

Hasil kreasi masakan yang sudah dihias sedemikian rupa agar tampilannya keren, baru dihidangkan di meja display produk untuk dikritisi dan dievaluasi oleh dosen pembimbing dari aspek tampilan dan kreativitas, tekstur dan cita rasannya sesuai standar industri perhotelan. Good jobs! Bro & Sis. Very nice …

 

Anda tertarik dengan kegiatan mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit terakreditasi A. dan ingin bergabung menjadi mahasiswa Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar