twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 08 Juni 2022

Aksi Heboh Mahasiswa Demi Sukseskan Kegiatan Hotel Visit di Grand Darmo Suite Surabaya


Meski Passion-nya di Kitchen, Tak Menyurutkan Semangat Mahasiswa Akpar Majapahit Studi Cara Kerja Front Office di Hotel Berbintang


SEBANYAK 45-an dari gabungan mahasiswa Culinary Art dan Pastry Art Class Akpar Majapahit (member of Tristar Group) semangat mengikuti hotel visit di Grand Darmo Suite Hotels Surabaya, demi mempertajam pengetahuan mereka seputar cara kerja Front Office (FO) di hotel berbintang tersebut, Jumat (03/06/2022) pagi.


Kedatangan rombongan 45 mahasiswa bersama Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par., Dosen Front Office (FO) Hardhita Kusdharyanto M.Par dan tim Multimedia Tristar Group di lobi hotel bintang empat di bawah jaringan Amithya Hotels & Resorts tersebut, pagi itu, disambut hangat oleh Executive Assn. Manager (EAM) Grand Darmo Ardi Putra Setiawan dan Front Office Manager (FOM), Bryan.


Rombongan lalu diarahkan naik ke lantai 3 menuju Airlangga Meeting Room untuk mengikuti presentasi dari pihak hotel bertajuk Front Office Knowledge & Practical in Hospitality Industry, Materi tersebut disampaikan langsung oleh EAM Grand Darmo Ardi Putra Setiawan bersama FOM Bryan.


Sebelum presentasi, Ardi dan Bryan pun mengapresiasi semangat 45 mahasiswa Culinary Art dan Pastry Art Class Akpar Majapahit belajar Front Office (FO) sesuai standar industri perhotelan di Grand Darmo Suite Jl. Progo No. 1-3 Surabaya, meskipun passion mereka adalah mahasiswa dari Culinary Class dan Pastry Class yang saat ini sedang giat belajar di kitchen.


Sedangkan Dosen Pengajar Front Office (FO) Akpar Majapahit Hardhita Kusdharyanto M.Par memilih proaktif mendampingi anak didiknya yang tampak antusias mengikuti rangkaian kegiatan Front Office yang dipresentasikan oleh pihak hotel.


Selanjutnya dalam presentasinya di hadapan mahasiswa, EAM Grand Darmo Ardi Putra Setiawan mengatakan, Front Office (FO) Section merupakan ujung tombak hotel dalam melayani tamu yang datang ke hotel tersebut.


Oleh karena itu, demi menjadi seorang kru FO baik dan profesional, maka Anda harus memperhatikan sedkitnya enam etika (etiquette), yakni (1). Appearance, (2). Grooming, (3). Telephone Etiquette, (4). Attitude, (5). Check In & Check Out Room dan Knowledge.


Di samping itu seorang staf FO juga mesti memahami Room Status di hotel tempatnya bekerja, mulai VC, VD, Occupied (Dirty or Clean), Out of Order (OO), Sleep Out, No Show, Occupied No Lucky (ONL) dan Don’t Disturb (DND) yang artinya tamu jangan diganggu!


Pada hakikatnya ada lima fungsi FO di sebuah hotel berbintang yang mesti Anda pahami dengan baik, yakni (1). First Impression, (2), Spy (mata-mata), (3). Part of Sales, (4). General Information dan (5). Diplomasi. Lima fungsi ini setidaknya yang harus melekat pada diri seorang staf FO yang profesional.


Sementara itu di sebuah hotel berbintang, Anda akan menemukan front desk (meja depan). Front desk adalah bagian depan front office (counter), tempat dilakukan proses tamu masuk (check in) dan tamu keluar untuk meninggalkan hotel (check out) serta pelayanan-pelayanan lainnya seperti pembayaran rekening atau informasi lainnya.


Di ruang depan lobi hotel bintang empat itu, Anda juga menemukan meja utama, tempat pendaftaran para tamu hotel. Di lobi hotel itu tersedia sofa untuk tamu yang dilengkapi LED TV. Sedangkan kotak-kotak penyimpanan kunci kamar, titipan surat-surat dan dokumen penting lainnya berada di belakang sfaf FO berdiri melayani tamu hotel.


Di front desk, Anda akan disambut beberapa karyawan hotel yang bekerja pada bagian administrasi (pendaftaran) tamu, informasi dan kasir. Sedangkan front desk officer adalah penanggung jawab seluruh tugas front desk dengan bantuan receptionist, bell boy, bell captain dan doorman.


Sedangkan front office (kantor depan) adalah bagian kantor hotel yang melaksanakan semua urusan pendaftaran dan penempatan kamar untuk tamu, pemesanan kamar, pembayaran rekening, dan bertindak sebagai sumber informasi kepada para tamu.


Mengingat begitu tertatanya sistem kerja di Front Office (FO) suatu hotel, maka kemampuan berkomunikasi antarpersonal menjadi salah satu tolak ukur bagaimana kinerja sebuah hotel dalam menyambut tamu yang akan check in maupun check out.


FO Section di Grand Darmo Suite Surabaya dibagi beberapa seksi, seperti Reservation Section, Reception Section, Cashier Section, Telephone Operator Section dan Concierge Section. FO Section menjadi ujung tombak hotel untuk melayani tamu yang datang mulai Private, Gouverment, Corporate, Travel Agents (Offline Travel Agent) dan Online Travel Agent seperti Traveloka.


Dalam kesempatan itu, mahasiswa juga diajarkan bagaimana mengisi aplikasi room reservation yang benar sesuai dengan standar industri di Front Desk oleh FOM Grand Darmo Bryan. Sistem aplikasi di Grand Darmo Suite Surabaya mengadopsi Visual Hotel Program (VHP), yang terhubung secara online dengan Finance (Accounting) Department dan General Manager.


”Jadi aplikasi FO yang tersaji di dalam sistem itu juga menggunakan bahasa Inggris. Ini semua demi membiasakan mahasiswa saat mereka terjun di dunia kerja,” katanya. Bryan pun menekankan bagaimana kerja seorang staf FO menangani reservasi dan registrasi calon tamu hotel.


Seorang staf FO juga mesti paham berbagai fasilitas hotel tempatnya bekerja, termasuk fasilitas kamar. Pasalnya, di hotel berbintang empat ini tersedia 173 kamar, yang terbagi dalam tiga tipe kamar mulai Deluxe Room, Executive Room dan Pethouse (Suite) Room yang mewah dan elegan.


Untuk itulah mahasiswa diajak showing room oleh Housekeeping Manager Grand Darmo Wiwit, demi mengenalkan fasilitas kamar hotel mulai Deluxe Room dengan luasan 32 m2 di lantai 11 serta Executive Room dan Penthouse di lantai 15. Secara keseluruhan hotel bintang empat di bawah pengelolaan Amithya Group ini mengoperasikan 173 kamar termasuk Penthouse yang luasnya 64 m2. Tarifnya mulai Rp 1,3 jutaan hingga Rp 3 jutaan ++ per malam.

Selain showing ke kamar hotel, mahasiswa juga diajak melihat fasilitas hotel yang lain seperti Meeting Room (Airlangga, Jenggala dan Brawijaya), Rest Room, Angling Darmo Restaurant, Main Kitchen dan Swimming Pool & Gym di lantai 2 Grand Darmo Suite Surabaya.


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit di Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar