twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 22 Juni 2022

Memotret Keseruan Mahasiswa Belajar Bartending di MaxOne Hotels Surabaya Tidar


Giliran Mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Tampilkan Sparkling Blue Lagoon dan Penicillin Mocktail di Loveshack Sky Bar


GILIRAN dua orang mahasiswa Pastry Art Class Tristar Manyar (member of Tristar Group), Yosua Wempie dan Alifry Sandy Hidayat, tampil percaya diri saat meracik dua minuman nonalkoholik (mocktail), yakni Sparkling Blue Lagoon dan Penicillin Mocktail yang freshty banget, di Loveshack Sky Bar Lantai 7 MaxOne Hotels Surabaya Tidar, Jumat (10/06/2022) sore.


Aksi seru dua mahasiswa itu saat mereka tampil meracik dua kreasi mocktail mendapatkan pujian dari Kasiadik Food & Beverage Manager (FBM) MaxOne Hotels Surabaya Tidar dan Supervisor Loveshack Sky Bar, Nur Halim, saat mendampingi mahasiswa Tristar Manyar praktik meracik minuman (Bartending) di Loveshack Sky Bar MaxOne Hotels Jl. Tidar No. 5 Surabaya.


Untuk meracik minuman Sparkling Blue Lagoon, misalnya, Yosua Wempie menggunakan shacking method. Resep mocktail tersebut terdiri dari lychee syrup, sprite (soda), ice cube dan mint leaf untuk garnish-nya.


Sedangkan giliran saat meracik Penicillin Mocktail, Alifry Sandy Hidayat juga memakai shaking method. Untuk meracik minuman segar yang satu ini, resepnya meliputi ginger beer, lemon, ginger, honey (madu sebagai pengganti simple syrup), ice cube dan lemon skin dimanfaatkan sebagai garnish-nya.


Kepiawaian dua mahasiswa Pastry Art Class Tristar Manyar saat meracik dua minuman sore itu, didukung 12 orang rekannya yang juga tampak bersemangat mengikuti kunjungan industri demi belajar bartending di hotel berbintang. Rombongan mahasiswa Tristar Manyar itu di dampingi Kaprodi D3 Perhotelan Tristar Group R. Paulus W. Soetrisno M.Par.


Selama tampil membuat dua resep mocktail tersebut di Loveshack Sky Bar MaxOne Hotels Surabaya Tidar, mahasiswa Pastry Art Class Tristar Manyar tersebut patungan saat membeli bahan racikan minuman sesuai resep yang telah diajarkan oleh Dosen Pengajar Bartending Tristar Group secara online.


“Selain itu mereka juga diminta belajar menghitung beverage cost atas minuman yang dibuatnya itu. Berapa harga pokok produksi (HPP), selling price dan margin-nya. Normalnya margin tersebut berkisar antara 30-35 persen, Kalau margin-nya di atas 40 persen, saya kira terlalu tinggi,” terang Halim di hadapan mahasiswa Tristar Manyar.


Nur Halim pun lalu mencontohkan saat dirinya demo meracik minuman beralkohol bertajuk Poisson Blue, di hadapan mahasiswa Tristar Manyar. Cocktail yang disuka kaum lelaki ini dibandrol Rp 65.000++ atau tepatnya Rp 78.650 sudah termasuk pajak penjualan 21 persen.


”Untuk meracik Poisson Blue dengan metode shacking tersebut, bahan-bahan yang dibutuhkan meliputi vodka, dry gin, triplesec, blue corascao syrup, ice cube dan garnish-nya red cherry. Cocktail tersebut disajikan dalam gelas Campagne Flute yang elegan,” terang Nur Halim.


Sebelum demo meracik Poisson Blue, Nur Halim berkesempatan mempresentasikan Beverage Basic Knowledge. Supervisor Loveshack Sky Bar MaxOne Hotels Surabaya Tidar itu menjelaskan sejarah bar, jenis bar, organisasi bar atau struktur organisasi bar, sejumlah peralatan di bar dan penggunaannya hingga cara meracik minuman sesuai standar industri perhotelan.


Ia juga me-refresh kembali ingatan mahasiswa tentang Beverage Basic Knowledge yang sudah diajarkan kepada mahasiswa di bangku kuliah, mulai Alcoholic Beverage, dan Non-Alcoholic Beverage.


Halim, sapaan akrab Nur Halim, juga menyinggung tentang cara pembuatan dan aneka jenis minuman beralkohol (Alcoholic Beverage) yang beredar di pasaran sampai saat ini, mulai Beer, Layer Beer, Stout, Pilsener, Wine, Aromatized Wine hingga macam-macam Basic Spirit. Good jobs! Bro & Sis. Very very nice …


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class Tristar Manyar (member of Tristar Group), silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group di Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar