twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 17 Juni 2022

Melihat Antusiasme Mahasiswa Belajar Pengolahan Kue Tradisional dengan Chef Renny


Mahasiswa Pastry Art Kelas A-2 Pagi Tampilkan Kue Mangkuk, Bolu Kukus Mekar, Risoles dan Kroket Kentang 


PADA pertemuan hari pertama belajar Teknik Pengolahan Kue Tradisional di Kitchen Patisserie 2 Lantai 2 Graha Tristar, Selasa (07/06/2022) pagi, 10 orang mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi yang diasuh Chef Renny Savitri, tampil antusias demi membuat empat kreasi kue tradisional yang enak, yakni Kue Mangkuk, Bolu Kukus Mekar, Risoles dan Kroket Kentang.


Praktik membuat empat resep jajan pasar tersebut merupakan materi praktik pengolahan kue tradisional hari pertama yang wajib dilakoni mahasiswa Pastry Art Class. Materi praktik membuat Kue Mangkuk, Bolu Kukus Mekar, Risoles dan Kroket Kentang yang diajarkan ini termasuk kelompok Dessert (Makanan Penutup).


Dari 10-an mahasiswa Pastry Art Class yang hadir pagi itu, masing-masing kebagian tugas membuat Kue Mangkuk (satu kelompok), Bolu Kukus Mekar (dua kelompok), Risoles (satu kelompok) dan Kroket Kentang (satu kelompok), sesuai panduan teknis di Buku Ajar (Silabus) yang telah diberikan kepada mahasiswa.


Dari empat resep yang dipraktikkan pada Selasa (07/06/2022) pagi itu, ada dua yang berasa manis (sweet taste) yakni Kue Mangkuk dan Bolu Kukus Mekar, sedangkan dua kue tradisional lainnya, yakni Risoles dan Kroket Kentang berasa gurih (savoury taste).


Untuk membuat Risoles, misalnya, maka langkah pertama adalah menyiapkan bahan untuk membuat skin-nya adalah fresh milk, salt, bread flour (cakra kembar) dan egg white. Sedangkan tahapan pekerjaan selanjutnya adalah menyiapkan bahan untuk filling-nya yakni ground beef, carrot (diiris ala brunoise), green bean garlic (di-chop), celery, fresh milk dan medium flour.


Pekerjaan tahap ketiga adalah menyiapkan minyak goreng (cooking oil), egg dan bread crumb. Sebelum Risoles digoreng di atas minyak yang cukup panas, ditaburi bread crumb lebih dulu sampai merata lalu dimasukkan ke dalam bowl yang berisi kocokan telur (egg).


Durasi membuat empat olahan kue tradisional itu sekitar tiga jam –mulai pukul 09.00-12.00 WIB, sejak prepare bahan baku, proses memasak hingga menyajikannya di meja display produk, sebelum produk olahan hasil kreasi mahasiswa itu dinilai dan dievaluasi oleh dosen pembimbing.

 

Masih menurut Chef Renny, teknik pengolahan kue tradisional Indonesia memang sedikit ribet dibandingkan dengan kue modern kekinian yang dipelajari mahasiswa sebelumnya, mulai Bread, Cup Cake, Pie, Tartlet, Muffin dan terakhir Produk Adonan Berlapis seperti Croissant, Danish dan Puff Pastry.

 

Namun demikian jika Anda tertarik untuk melestarikan kue tradisional (aneka jajanan pasar) ini –karena memang banyak dijual di pasar-pasar tradisional— juga tidak ada salahnya, mengingat eksistensi jajan pasar belakangan malah bersinar.

 

”Kue tradisional dengan tampilan kekinian itu sekarang mulai banyak disajikan di hotel-hotel berbintang, saat sarapan (breakpast) secara prasmanan, makan siang (lunch) hingga jamuan makan malam (dinner) dan jajan pasar pun kini bersanding sejajar dengan kue-kue modern lainnya,” ujar Chef Renny Savitri kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, pekan lalu. Good jobs! Bro & Sis …

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar