twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 16 Juni 2022

Belajar Teknik Pengolahan Kue Tradisional di Kitchen Patisserie Bersama Chef Lusiana


Selama Enam Kali Pertemuan, Mahasiswa Pastry Art Class Diajarkan Buat 24 Kreasi Kue Tradisional Kekinian


SETELAH berjibaku di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar sekitar dua bulan demi mengikuti praktik membuat aneka kreasi Bread dan kue modern, sekarang giliran mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi, diajarkan teknik pengolahan kue tradisional oleh Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Group Chef Lusiana.


Selama enam kali tatap muka, mahasiswa diajarkan membuat 24 kreasi kue tradisional kekinian. Dari 24 macam kreasi kue tradisional tersebut, 13 di antaranya berasa manis (sweet taste), yakni Bolu Kukus, Kue Ku, Terang Bulan, Bika Ambon, Onde-onde, Putu Ayu, Kue Karamel, Cucur, Putri Mandi, Lapis Beras, Es Pisang Ijo Paluh Butung, Kue Lumpur dan Serabi Selong.


Sedangkan 11 sisanya berasa asin gurih (savoury taste), meliputi Risoles, Kroket Kentang, Martabak Telur, Lumpia Semarang, Panada (roti goreng isi ikan tuna dari Manado), Semar Mendem, Lemper Ayam, Sosis Solo, Pastel, Talam Ebi dan Bongko Mento.


Menurut Chef Lusi, sapaan akrabnya, teknik pengolahan 24 jenis kue tradisional Indonesia ini diajarkan kepada mahasiswa Pastry Art Class selama enam sejak Senin (06/06/2022) hingga Rabu (15/06/2022) lalu, di Kitchen Patisserie Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Materi praktik kue tradisional yang diajarkan kepada 12 mahasiswa Pastry Art Class ini untuk mengapresiasi keberadaan kue tradisional warisan leluhur yang mampu bertahan hingga sekarang dan mulai banyak diminati sejumlah pengelola hotel berbintang di Surabaya.


Bahkan keberadaan kue tradisional (jajan pasar) belakangan lagi berkibar karena sejumlah hotel berbintang di Surabaya juga men-display aneka kue tradisional ini dengan tampilan cantik dan menarik sebagai pelengkap sajian dessert-nya, saat gelaran breakfast (sarapan) maupun lunch (makan siang) bagi tamu hotel.


Sementara itu pada pertemuan hari kedua, Selasa (07/06/2022) pagi, Chef Lusi berbagi ilmu dengan anak didiknya seputar cara membuat empat kreasi kue tradisional, yakni Terang Bulan, Bika Ambon, Kue Karamel dan Martabak Telur


Dari empat resep menu kue tradisional yang diajarkan kepada anak didiknya, ternyata teknik membuat Martabak Telur paling menyita perhatian mahasiswa terutama dari sisi cara membuat kulit Martabak Telur, sebelum kulit tipis tersebut dipanaskan di atas penggorengan dan diisi oleh adonan telur, daging sapi dan irisan daun bawang prei yang beraroma harum.


”Saat membuat kulit martabak di atas meja keramik atau marmer, kulit yang sudah tipis itu jangan sampai sobek karena untuk mengembalikan lagi adonan yang dibentuk bulat-bulat itu dan direndam di minyak goreng dingin butuh waktu satu jam, sebelum dijadikan kulit martabak kembali,” terang Chef Lusiana memberikan tips kepada anak didiknya.


Selain diajarkan membuat Martabak Telur yang berasa gurih (savoury taste), mahasiswa Pastry Art Class juga tampil antusias saat praktik membuat Terang Bulan, Bika Ambon dan Kue Karamel yang berasa manis (sweet taste).


Setelah empat kreasi kue tradisional itu jadi, barulah masing-masing tim mem-plating dan meng-garnish empat kue tersebut agar tampilannya semakin menarik dan keren tentunya. Good jobs Bro & Sis! Very impressive


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar