twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 03 Juni 2022

Serunya Belajar Front Office sesuai Standar Industri di The Alana Hotels Sesi-2 Siang


Mahasiswa Tristar Group Antusias Praktik Simulasi Sistem Kerja Front Office di Hotel Berbintang


PADA acara kunjungan industri untuk belajar Front Office (FO) di The Alana Hotels Surabaya Sesi-2 Siang, Jumat (13/05/2022) siang, dua orang perwakilan mahasiswa dari 22 orang mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar dan Culinary Art Tristar Samator (member of Tristar Group) yang hadir siang itu, diajak simulasi langsung bagaimana sistem kerja staf FO ketika berdialog dengan seorang tamu hotel.


Simulasi yang dipandu oleh Front Office Manager (FOM) The Alana Hotels Surabaya Ronny tersebut bertujuan agar mahasiswa yang hadir siang itu semakin paham atas sistem kerja Front Office (FO) di industri perhotelan, di mana seorang mahasiswa (diwakili Alifry Sandy Hidayat) bertindak sebagai karyawan hotel yang ditempatkan di bagian Front Office, sedangkan Aqilah Kazimah Furqon memosisikan diri sebagai customer atau tamu hotel.


Aqilah, sapaan akrab mahasiswi cantik tersebut menanyakan perihak kamar hotel –Superior Room— yang dipesannya beberapa hari sebelumnya melalui layanan reservasi hotel via online system (www.traveloka.com).


Oleh staf FO The Alana Hotels Surabaya yang diperankan Alif, informasi dari customer itu lalu dicek kebenarannya di layar komputer yang tersedia di meja FO dan dipastikan bahwa pesanan via online system melalui agency sudah terdaftar dan telah melunasi semua biaya yang timbul selama customer itu bermalam di hotel tersebut.


Selanjutnya customer diminta menunggu sebentar untuk menerima kunci kamar hotel –tentunya kamar yang dipesan sudah di-make up oleh kru Housekeeping Department-- dan tamu tersebut diantar oleh seorang room boy menuju kamar hotel berbintang empat di bawah jaringan Aston International Group tersebut.


 

”Saat mahasiswa praktik simulasi sebagai staf FO, panduannya sudah tersaji di tampilan layar laptop. Sehingga, saat saya berbagai ilmu dengan mahasiswa maka semuanya bisa menjadi lebih mudah,” terang Ronny, di hadapan mahasiswa Tristar Group.


Mahasiswa juga diajarkan bagaimana mengisi aplikasi room reservation yang benar sesuai dengan standar industri di Front Desk oleh FO Manager The Alana Hotels. ”Aplikasi yang tersaji di dalam formulir itu juga menggunakan bahasa Inggris. Ini semua untuk membiasakan mahasiswa saat mereka nanti terjun di dunia kerja,” terangnya.


Praktik simulasi sistem kerja di FO tersebut semakin seru karena disaksikan langsung oleh Kaprodi D3 Perhotelan Tristar Group R. Paulus W. Soetrisno M.Par dan Dosen Pengajar Front Office Agus Soedarsono M.Par yang mendampingi mahasiswa, di Kamboja Meeting Room Lantai 5 The Alana Hotels Surabaya, Jumat (13/05/2022) siang.


Sebelum praktik simulasi sistem kerja di FO The Alana Hotels Surabaya, Ronny lebih dulu memaparkan materi Front Office Knowledge secara umum yang lazim diterapkan di hotel-hotel berbintang.


Di sebuah hotel berbintang, Anda akan menemukan front desk (meja depan). Front desk adalah bagian depan front office (counter), tempat dilakukan proses tamu masuk (check in) dan tamu keluar untuk meninggalkan hotel (check out) serta pelayanan-pelayanan lainnya seperti pembayaran rekening atau informasi lainnya.


Di ruang depan lobi The Alana Hotels, Anda juga menemukan meja utama, tempat pendaftaran para tamu hotel di mana terdapat kotak-kotak penyimpanan kunci kamar dan titipan surat-surat. Selain itu ada meja khusus untuk menaruh minuman (welcome drink) dan cool towel.


Di front desk, Anda akan disambut beberapa karyawan hotel yang bekerja pada bagian administrasi (pendaftaran) tamu, informasi dan kasir. Sedangkan front desk officer adalah penanggung jawab seluruh tugas front desk dengan bantuan receptionist, bell boy, bell captain dan doorman.


Sedangkan front office (kantor depan) adalah bagian kantor hotel yang melaksanakan semua urusan pendaftaran dan penempatan kamar untuk tamu, pemesanan kamar, pembayaran rekening, dan bertindak sebagai sumber informasi kepada para tamu.


Dalam kesempatan itu, Ronny juga memberikan contoh bagaimana cara meghitung Occupancy Ratio, Occupancy Rate Room, Average Room Rate (ARR), Revenue PAR (Rev PAR), Room Revenue dan Room Available.


”Jika jumlah kamar yang terjual 132, sedangkan jumlah kamar yang tersedia di The Alana Hotels Surabaya sebanyak 162, maka Occupancy Ratio (OR)-nya adalah 132 dibagi 162 dikalikan 100 persen = 81 persen,” ujarnya.


Sementara itu jika Room Revenue selama sehari semalam itu nominalnya mencapai angka Rp 65 jutaan, maka Average Room Rate-(ARR)-nya adalah Rp 65 juta dibagi jumlah kamar yang terjual = Rp 492.424,00. Ini menunjukkan bahwa besaran ARR ini masih di bawah published rate, Rp 650.000++.


Sedangkan Kaprodi D3 Perhotelan Tristar Group R. Paulus W. Soetrisno M.Par mengatakan, tujuan kunjungan industri ini karena Tristar Group berkomitmen mendidik mahasiswa tidak hanya expert bekerja di kitchen hotel berbintang, tetapi juga profesional saat mereka bekerja dan ditempatkan di bidang lain termasuk Front Office


Pihaknya menekankan hal itu karena melihat dinamika di industri perhotelan saat ini menuntut Sumber Daya Manusia (SDM) yang bertalenta, punya integritas, memiliki kecakapan dan keahlian yang memadai. Good jobs! Bro & Sis. Very nice


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar dan mahasiswa Culinary Art Tristar Samator, serta ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar