twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 05 Juni 2022

Aksi Seru Belajar Pastry Art di Kitchen Modern Food University Bersama Chef Daniel Pradipta


Mahasiswa Pastry Tristar Manyar Kelas A Tampilkan Enam Aneka Kreasi Pastry Art yang Unik dan Keren

 

SELAMA dua kali pertemuan, tepatnya pada Selasa (31/05/2022) dan Kamis (02/06/2022) pagi, delapan mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Kelas A diajarkan cara membuat enam kreasi Pastry Art kekinian yang unik dan keren bersama Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Group Chef Daniel Pradipta, di Kitchen Modern 2, Lantai 2 Food University Jl. Raya Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya.

 

Materi praktik Pastry Art ini merupakan pengembangan produk dari produk pastry yang lebih detail dengan penambahan aneka kreasi (arts) seperti motif batik, garmbar kartun, lukisan bunga, satwa dan sebagainya.

 

”Cara mengaplikasikan aneka kreasi Pastry Art sebetulnya tidak sesulit yang kita bayangkan karena ini merupakan kreasi dari pengembangan produk Pastry dan Bakery yang telah diajarkan sebelumnya kepada mahasiswa,” kata Chef Daniel kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, Kamis (02/06/2022) siang.

 

Sedikitnya ada enam kreasi Pastry Art yang dipelajari mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar (member of Tristar Group) selama dua kali tatap muka tersebut. Pada pertemuan hari pertama, Selasa (31/05/2022) pagi, misalnya, Chef Daniel mengajarkan cara membuat tiga resep Pastry Art, yakni Batik Roll Cake, Character Pao dan Character Steam Cake (Vanilla Milk Steam Cake).

 

Sedangkan pada tatap muka hari kedua, Kamis (02/06/2022) pagi, Chef Daniel kembali mengajarkan cara membuat Inject Pudding Base, Batik Painting Pudding dan Chigiripan, roti karakter unik yang diadopsi dari Negeri Sakura (Jepang).

 

Menurut Chef Daniel, Inject Pudding Base dan Batik Painting Pudding adalah kreasi Pudding yang diajarkan kepada mahasiswa pada hari pertama itu merupakan bagian dari modifikasi produk Pastry dan Bakery sesuai perkembangan saat ini. Aneka kreasi Pudding termasuk Pudding Art (Inject Pudding) dengan desain kekinian telah berkembang sedemikian rupa sehingga semakin disuka konsumen.

 

”Namun demi memperkaya khasanah pengetahuan mahasiswa, maka setiap praktik di Kitchen Modern Food University ini acuan kami adalah Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan,” terang Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Group tersebut.

 

Teknik membuat Pudding Art (Inject Pudding) ini relatif lebih rumit ketimbang membuat kreasi pudding biasa. Praktik ini butuh kesabaran ekstra dan ketelitian yang presisi saat menghias pudding dengan jarum suntik.

 

”Upaya ini demi menghasilkan motif hiasan bunga yang cantik di dalam pudding tersebut,” tandas Chef Daniel, saat mendampingi anak didiknya praktik membuat Inject Pudding Base yang keren.

 

Sementara itu untuk membuat Batik Painting Pudding, yang disiapkan lebih dulu adalah membuat Pudding-nya lebih dulu minimal dua layers (cetakan persegi empat), lalu permukaan atasnya dihias dengan motif batik, di mana bahan painting-nya sendiri memanfaatkan pewarna makanan.

 

Terakhir, mahasiswa diajarkan membuatkan aneka kreasi roti manis yang diadopsi dari Jepang, yakni Chigiripan dengan karakter satwa seperti bear (beruang), bee (tawon), tiger (harimau), panda atau aneka satwa lucu yang lainnya. Good jobs! Chef. The most incredible …



Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di Jaringan Kampus di bawah Tristar Group, silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group di Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar