twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 13 Juni 2022

Asyiknya Mahasiswa Praktik Masak Indonesian Cuisines Bersama Chef Nadya Ratri Aryani


Gurihnya Soto Kudus, Empal dan Sambal Goreng Manisa, Hidangan Kuliner Khas Kudus yang Bikin Nagih

 

HIDANGAN kuliner khas Kota Kudus Jawa Tengah yang selalu bikin nagih adalah Soto Kudus. Makanan berkuah bening ini semakin nikmat disantap jika disandingkan dengan Empal dan Sambal Goreng Manisa yang gurih. Tiga menu masakan khas Indonesia ini diajarkan Chef Nadya Ratri Aryani kepada mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi, pada tatap muka hari pertama, Selasa (07/06/2022) pagi.

 

Praktik masak tiga menu Indonesian Cuisines yang dilaksanakan Kitchen Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya itu dihadiri 13 mahasiswa Culinary Art Kelas A-2 Pagi. Mereka lalu dibagi dalam dua tim. Demi mempersembahkan sajian masakan terbaik, masing-masing tim pun tampil antusias saat meramaikan gelaran cooking battle tersebut.

 

Secara umum, menurut Chef Nadya, pecinta dari soto ini biasanya yang menyukai kaldu atau kuah yang ringan di lidah. Dan, yang seru dari menikmati resep Soto Kusus adalah beragam lauk pendamping yang juga disertakan. Dimulai dari aneka satai seperti usus, hati ampela, telur puyuh, tempe goreng, empal dan perkedel.

 

Berkuah bening soto khas Kudus ini enak dimakan hangat. Bumbunya gurih ringan dengan isian suwiran ayam kampung, Cocok banget jadi penghangat badan saat hujan. Soto ayam yang populer di Jawa Tengah ini merupakan soto ayam dengan kuah bening yang disajikan dalam mangkuk porselen China mungil.

 

Namun selama praktik masak hari pertama ini, menu Soto Kudus tersebut disandingkan dengan olahan Empal dan Sambal Goreng Manisa. Untuk masak Soto Kudus, bahan yang diperlukan adalah chicken pejantan, water, ginger, shallot, eggs (di-boiling), celery (di-slice), oil, sweet soy sauce, garlic, coriander, candlenut dan turmeric (di-sear).

 

Menu masakan berikutnya adalah Empal. Untuk membuat Empal yang empuk dan bumbunya berasa gurih, maka pilihlah sirloin beef, sedangkan bumbunya sendiri terdiri atas salam leaf, cocomilk, shallot, garlic, coriander, tamarind, salt, palm sugar dan turmeric.

 

Sementara itu untuk masak Sambal Goreng Manisa, bahan yang dibutuhkan meliputi squash (dibersihkan dulu, baru diiris jullien + sedikit salt), dried shrimp, hot chili, petai, skin ripe (cecek), shallot, garlic, red chili, candlenut (di-sear lebih dulu), galangal powder, salt, sugar dan pepper, palm sugar, salam leaf, light coconut dan bisa juga ditambahkan dengan shrimp (yang sudah di-fry sebelumnya).

 

Masing-masing tim harus berjibaku di kitchen selama 90 menitan, demi masak tiga menu masakan khas Indonesia tersebut. Setelah tiga menu masakan itu matang, maka hasil kreasi masakan mahasiswa Culinary Art Class tersebut di-plating semenarik mungkin agar tampilannya tampak keren dan berkelas.

 

Hasil kreasi masakan dari kedua tim itu kemudian dikritisi dan dinilai oleh Chef Nadya Ratri Aryani dari aspek tampilan dan kreativitas, tekstur serta cita rasanya, sesuai standar industri perhotelan. Good jobs Bro & Sis. Congratulations…

 

Anda tertarik dengan kegiatan mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit terakreditasi A. dan ingin bergabung menjadi mahasiswa Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar